Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Susu Alternatif Untuk Penderita Alergi Susu Sapi

MY STORY  |  11 May '20


Alergi susu sapi pada anak bukanlah hal yang baru lagi. Sebelum saya punya anak, saya seringkali membaca artikel mengenai anak-anak yang mengalami alergi ini. 


Sewaktu anak kedua saya lahir, saya full breastfeeding eksklusif selama 6 bulan. Tetapi waktu bayi saya berumur 1 bulan lebih, saya mulai melihat ruam merah-merah di seluruh tubuhnya terutama di pergelangan tangan dan kaki. Kulit merah bersisik pun terlihat di pipi, alis, dagu bahkan belakang telinga. Kepala pun penuh dengan kerak. Awalnya saya pikir hanya alergi panas karena memang dirumah jarang menyalakan AC. Sering juga bayi batuk kering seperti terselak sesuatu. Tetapi sewaktu mengganti popok, saya lihat darah di BAB-nya. Nah, dari situ saya langsung menanyakan pada DSA apa kondisi tubuh anak bayi saya normal.

Tentunya tidak ya! Karena ternyata anak bayi saya mempunyai alergi susu sapi dan turunannya. DSA menghimbau untuk berhenti konsumsi produk olahan susu seluruhnya karena anak bayi saya alergi protein susu sapi dan mungkin mempunyai intoleransi terhadap laktosa. Selama masih ASI asupan nutrisi anak lebih terjaga karena semua tergantung sang ibu.

Memasuki bulan ke 7, stok ASI saya mulai menyurut karena saya juga mulai sibuk bekerja jadi waktu untuk pompa dan menyusui otomatis lebih dikit dari sebelumnya. Mulailah persiapan saya untuk mencari alternatif susu formula untuk mendampingi MPASI. Ternyata mencari susu yang mau diterima oleh anak yang terbiasa dengan ASI itu tidak mudah. Banyak trial and error — ya, yang artinya butuh mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli susu yang cocok.

Untuk guideline, saya mencari susu formula yang bisa dikonsumsi anak dengan alergi dan sebisa mungkin tidak ada tambahan atau rendah gula. Salah satu yang menjadi pertimbangan saya adalah susu kedelai. Ternyata susu kedelai banyak manfaatnya lho! Selain bisa membantu mengatasi intoleransi terhadap laktosa atau protein susu sapi, susu kedelai juga sangat baik untuk kesehatan penceranaan bayi. Susu kedelai juga adalah opsi baik untuk meningkatkan asupan protein dan antioksidan untuk tubuh anak agar tetap sehat bugar. Susu kedelai dengan formula isolat protein kedelai juga mengandung asam anino yang lengkap. Ini akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak secara maksimal. Susu kedelai mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, provitamin A, vitamin B kompleks (kecuali vitamin B12), dan air.

Salah satu concern saya sebagai ibu dari anak bayi laki-laki adalah kemungkinan ada efek samping yang tidak berkenan jika anak laki-laki mengkonsumsi susu kedelai terlalu banyak. Setelah membaca banyak artikel dan konsultasi ke DSA saya, ternyata kabar baiknya adalah susu kedelai yang sudah diformulasikan khusus anak (sufor soya) ini aman ya dikonsumsi setiap hari dan tidak ada bukti menimbulkan efek samping yang tidak baik.

So, moms, jangan panik ya jika anaknya memang alergi susu sapi atau ada intoleransi terhadap susu sapi. Jadikan susu kedelai sebagai alternatif. Yang terpenting adalah kita menjaga asupan nutrisi anak yang seimbang dan anak terus berkembang sempurna.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

88 Adelene tjoandi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cerdas Optimal dari Rumah

Yuk, Moms bagikan cerita belajar dari rumah dan dapatkan rewards dari Babyo!

Hal-hal Yang Bikin Stress Selama Pandemic dan Cara Mengatasinya

Ini lah beberapa masalah yang timbul yang mengakibatkan para Moms Millenial mengalami stress dan cara mengatasinya.

Kelola Stress Di Masa Pandemi Ala Ibuk Fiersa

Sebagai seorang istri, Saya harus mengelola stress ini dengan baik. Agar orang-orang di dalam rumah tetap bahagia. Bagaimana cara Saya mengelola [...]

Simak 4 Tips Berikut Untuk Mengatasi Stres di Tengah Wabah Covid-19, Moms!

Sebagai Millenial Moms, bagaimana cara mengatasi stres yang timbul terlebih karena kondisi pandemi ini? Simak tips mengatasi stres berikut ini, Moms.

Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah dengan Drew

Menjaga kebersihan rumah menjadi prioritas Moms mengingat banyak polutan yang terbawa oleh udara yang kita hirup nih, Moms.

4 Cara Sederhana Hilangkan Stress Stay-at-home Moms

Hadirkan suasana relaks, bersih, dan sehat di rumah. Moms bisa memasang air purifier sebagai alat bantu untuk menciptakan suasana ruangan [...]

Udara yang Sehat Bebaskan Diri dari Stres

Selain karena kegiatan yang kita lakukan, ternyata udara yang bersih dan sehat juga dapat mempengaruhi tingkat stres kita, Moms.

Ini Caraku Hadapi Stress di Kala Pandemi

Kualitas udara di rumah sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Udara yang berkualitas baik dapat mengurangi kadar stres, loh, Moms!

Menjaga Kualitas Hidup Keluarga Sebagai Cara Mengatasi Stres

Beraktivitas dari rumah memang akan memberikan banyak waktu bagi Moms dan keluarga untuk sering berkumpul. Namun, konflik baru dan kejenuhan [...]

Cara Sederhana Bebaskan Stres yang Melanda

Selain akan memberikan rasa tentram, bahagia dan nyaman berpikir positif di masa sekarang juga mempunyai beberapa manfaat, loh, Moms.

Cara Ku Mengatasi Stres Menyapih Uwais

Aku mengatasi stres menyapih Uwais dengan menjalankan pola hidup yang lebih sehat dan teratur.

Penyebab Stres Moms Milenial dan Cara Mengurangi Dampaknya

Karena stres dapat meningkatkan efek dari polusi dan polusi juga dapat meningkatkan stres, Moms perlu sekali untuk mengurangi bahkan menghindari [...]

Hilangkan Stress Dengan Udara Yang Bersih dan Sehat

Agar dapat bernafas lebih baik, alangkah baiknya selalu sedia Drew Air Purifier di dalam ruangan.

Milenial Moms? Yuk Hindari Stress Dengan Olahraga

Tahukah Moms, dengan berOLAHRAGA dapat meredakan stress seseorang? Olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Cara Mengatasi Stres saat Menjadi New Mom

Selain terus berusaha beradaptasi dengan baik untuk melakukan aktivitas menjadi ibu, saya juga mencari cara mengatasi stres agar tidak membawa [...]

Bagaimana Cara Mengatasi Stress Versi Mom Gwen?

Saya ingin memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk mengatasi stress yang sangat mengganggu pikiran dan kesehatan Moms versi Mom Gwen.

Drew Air Purifier Bantu Moms Tenangkan Pikiran Agar tidak Gampang Stres

Saya punya beberapa cara yang dilakukan ketika pikiran mulai stress.

4 Cara Redam Stress dengan Me Time Ala Stay-at-home Moms

Ketika stres melanda, saya meluangkan waktu sejenak untuk “me time”. Apa saja yang saya lakukan? Simak, yuk, di artikel ini!

5 Hal Ini Dapat Atasi Stres

Beberapa hal dapat kita lakukan untuk mengurangi stres yang kita alami. Simak artikel berikut ini, ya, Moms!

Cara Mengatasi Stres Agar Moms Tetap Waras di Tengah Wabah

Bagaimana cara mengatasi agar stres tidak berdampak buruk bagi kita? Berikut beberapa cara mengatasi stres yang dapat Moms ikuti.