Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Susu Alternatif Untuk Penderita Alergi Susu Sapi

MY STORY  |  11 May '20


Alergi susu sapi pada anak bukanlah hal yang baru lagi. Sebelum saya punya anak, saya seringkali membaca artikel mengenai anak-anak yang mengalami alergi ini. 


Sewaktu anak kedua saya lahir, saya full breastfeeding eksklusif selama 6 bulan. Tetapi waktu bayi saya berumur 1 bulan lebih, saya mulai melihat ruam merah-merah di seluruh tubuhnya terutama di pergelangan tangan dan kaki. Kulit merah bersisik pun terlihat di pipi, alis, dagu bahkan belakang telinga. Kepala pun penuh dengan kerak. Awalnya saya pikir hanya alergi panas karena memang dirumah jarang menyalakan AC. Sering juga bayi batuk kering seperti terselak sesuatu. Tetapi sewaktu mengganti popok, saya lihat darah di BAB-nya. Nah, dari situ saya langsung menanyakan pada DSA apa kondisi tubuh anak bayi saya normal.

Tentunya tidak ya! Karena ternyata anak bayi saya mempunyai alergi susu sapi dan turunannya. DSA menghimbau untuk berhenti konsumsi produk olahan susu seluruhnya karena anak bayi saya alergi protein susu sapi dan mungkin mempunyai intoleransi terhadap laktosa. Selama masih ASI asupan nutrisi anak lebih terjaga karena semua tergantung sang ibu.

Memasuki bulan ke 7, stok ASI saya mulai menyurut karena saya juga mulai sibuk bekerja jadi waktu untuk pompa dan menyusui otomatis lebih dikit dari sebelumnya. Mulailah persiapan saya untuk mencari alternatif susu formula untuk mendampingi MPASI. Ternyata mencari susu yang mau diterima oleh anak yang terbiasa dengan ASI itu tidak mudah. Banyak trial and error — ya, yang artinya butuh mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli susu yang cocok.

Untuk guideline, saya mencari susu formula yang bisa dikonsumsi anak dengan alergi dan sebisa mungkin tidak ada tambahan atau rendah gula. Salah satu yang menjadi pertimbangan saya adalah susu kedelai. Ternyata susu kedelai banyak manfaatnya lho! Selain bisa membantu mengatasi intoleransi terhadap laktosa atau protein susu sapi, susu kedelai juga sangat baik untuk kesehatan penceranaan bayi. Susu kedelai juga adalah opsi baik untuk meningkatkan asupan protein dan antioksidan untuk tubuh anak agar tetap sehat bugar. Susu kedelai dengan formula isolat protein kedelai juga mengandung asam anino yang lengkap. Ini akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak secara maksimal. Susu kedelai mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, provitamin A, vitamin B kompleks (kecuali vitamin B12), dan air.

Salah satu concern saya sebagai ibu dari anak bayi laki-laki adalah kemungkinan ada efek samping yang tidak berkenan jika anak laki-laki mengkonsumsi susu kedelai terlalu banyak. Setelah membaca banyak artikel dan konsultasi ke DSA saya, ternyata kabar baiknya adalah susu kedelai yang sudah diformulasikan khusus anak (sufor soya) ini aman ya dikonsumsi setiap hari dan tidak ada bukti menimbulkan efek samping yang tidak baik.

So, moms, jangan panik ya jika anaknya memang alergi susu sapi atau ada intoleransi terhadap susu sapi. Jadikan susu kedelai sebagai alternatif. Yang terpenting adalah kita menjaga asupan nutrisi anak yang seimbang dan anak terus berkembang sempurna.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

58 Adelene tjoandi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]

Ini Pengalamanku Melihat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Sebagai manusia biasa, tentu Moms bisa merasakan sedih, marah, dan perasaan negatif lainnya. Jangan menunjukkan perasaan ini di depan si Kecil [...]

Pastikan si Kecil Tumbuh Bahagia dengan Susu Nestle Lactogrow

Moms & Dads ga perlu risau karena ternyata untuk membuat si Kecil tumbuh dengan bahagia, kita hanya perlu memastikan beberapa hal ini tercukupi [...]

Anak Bahagia, Dambaan Keluarga

Makan makanan yang bergizi akan membuat si Kecil tumbuh sehat. Imunitas yang baik tentunya membuat si Kecil selalu gembira dan ceria.

Bahagia Bersama Si Kecil dan Keluarga di Luar Rumah tapi Tetap Aman

Bergerak dan berolahraga di pagi hari akan membawa dampak positif dan menghasilkan pikiran yang positif. Pasti bakal happy seharian, deh.

Si Kecil Tumbuh Sehat dengan Nestle Lactogrow

Kali ini saya mau berbagi tips bagaimana cara saya agar Kakak Dastan dapat tumbuh bahagia. Simak ulasan saya berikut ini, ya, Moms!

5 Poin Penting Agar si Kecil Tumbuh Dengan Bahagia

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat si Kecil dapat tumbuh sehat dan bahagia:

10 Tips Sederhana Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

Apa saja yang bisa dilakukan orangtua supaya anak menjalani masa kecilnya dengan kebahagiaan? Ini dia 10 tips si Kecil tumbuh bahagia versiku.

3 Alasan Mengapa Si Kecil Perlu Grow Happy

Anak yang tumbuh dengan bahagia mempunyai peluang sukses lebih besar di masa depannya. Berikut ini alasan dan tips si Kecil tumbuh bahagia yang [...]

Anak Tumbuh Bahagia Tercipta Dari Orang Tua Cerdas. Berikut Tipsnya!

Grow happy pada anak bisa diterapkan sejak dini. Para orang tua akan sangat senang melihat pertumbuhan si Kecil, bukan hanya dari fisik, [...]

Grow Happy dengan Asupan Nutrisi yang Tepat

Hai Moms, apakah si Kecil sudah masuk waktunya untuk disapih? Lalu bagaimana dengan kecukupan nutrisi pada anak setelah disapih?

Manfaat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Mendukung si Kecil tumbuh bahagia sejak dini adalah hal yang penting. Banyak hal positif yang bisa diperoleh saat anak tumbuh bahagia, di antaranya: