Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Susah Hamil? Mungkin Karena PCOS

MY STORY  |  PREGNANCY  |  18 Nov '17


Setiap pasangan yang baru menikah pastilah mendambakan kehadiran seorang anak, begitu pula dengan saya dan suami saya. Berawal dari keinginan tersebut dan riwayat kista pada rahim saya, kami berdua sepakat untuk pergi ke Bunda International Clinic (BIC) di daerah Menteng. Atas rekomendasi keluarga kami berobat dengan Dr. Arie Polim.

Konsultasi pertama beliau hanya melakukan USG sel telur di rahim saya, dan menjadwalkan kami untuk berhubungan badan di tanggal-tanggal tertentu (masa subur). Kami diminta untuk berhubungan intim 2 hari sekali selama periode masa subur dan melakukan test pack di waktu yang ditentukan. Bulan pertama promil, test pack negative.

Bulan kedua promil, saya diminta datang 3 hari setelah menstruasi untuk melihat apakah rahim saya bersih / tidak. Beliau mengatakan rahim saya bersih dan diberikan obat penyubur sel telur (Dipthen) untuk diminum dalam waktu 5 hari. Setelah minum Dipthen, kami kembali lagi ke BIC untuk USG sel telur. Dari hasil USG diketahui bahwa sel telur saya ada banyak tetapi sulit untuk membesar. Dr Arie menyebut kondisi ini sebagai PCOS.

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui, salah satu nya seperti yang saya alami : sel telur yang sulit membesar.

Umumnya saat hari ke 11/hari ke 12 siklus menstruasi, sel telur yang baik dan siap dibuahi berukuran sekitar 18-24 mm. Akan tetapi sel telur saya hanya berukuran sekitar 8-10 mm, yang berarti sel telur saya belum mencapai ukuran optimal untuk dibuahi oleh sel sperma dan karena itu tidak memungkinkan terjadinya pembuahan.

What do I feel after I know I had PCOS syndrome? Sedih pastinya awalnya saya tidak bisa menerima kenyataan bahwa saya memiliki kekurangan, yang menyebabkan saya sulit hamil. Minder dan semakin tertekan setiap mendengar kabar bahwa kerabat saya si A, si B, si C sudah hamil padahal baru menikah.

Setiap bulan kami selalu melalui proses yang sama, negative test pack, kembali ke Dr Arie untuk minum vitamin penyubur, USG sel telur, berhubungan intim rutin, kembali mendapatkan test pack negative. Sempat kami merasa lelah dan jenuh untuk menjalani promil. Akan tetapi dukungan dari suami dan keluarga besar, serta keinginan untuk mempunyai buah hati membuat kami tetap sabar dan menjalani semua proses yang ada.

Ada beberapa penyebab PCOS, antara lain:

  1. Faktor keturunan
  2. Kelebihan kadar insulin dalam tubuh
  3. Peradangan tingkat rendah
  4. Kelebihan hormone androgen

Sebetulnya gejala PCOS bisa dideteksi oleh wanita sejak saat pertama kali menstruasi (saat remaja). Hanya saja saya sebagai orang awam belum mengetahui bahwa tanda-tanda tersebut menunjukkan sindrom PCOS yang menyebabkan saya sulit hamil.

Beberapa tanda-tanda PCOS antara lain:

  1. Periode menstruasi yang tidak teratur. Sejak remaja saya terbiasa dengan pola menstruasi yang tidak teratur, kadang mundur 1 minggu, kadang maju, kadang 1.5 bulan baru menstruasi kembali.
  2. Kelebihan rambut pada tubuh terutama pada punggung, tangan / kaki
  3. Adanya polikistik ovarium (kista) pada rahim
  4. Kulit berminyak atau berjerawat
  5. Berat badan bertambah

Bila Moms menemukan gejala-gejala seperti yang saya sebutkan di atas ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Semakin cepat PCOS terdeteksi, maka akan semakin cepat diobati dan ditangani.

Sedikit saran dari saya, ada beberapa hal  yang dapat dilakukan untuk meminimalkan PCOS sindrom:

  • Menjaga kadar gula dalam tubuh karena wanita dengan sindrom PCOS cenderung agak gemuk. Sebaliknya, untuk hamil secara alami wanita disarankan memiliki berat badan dalam batas normal
  • Menerapkan pola makan yang sehat (termasuk mengurangi junkfood atau makanan yang tidak matang)
  • Olahraga ringan secara teratur
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol
  • Hindari stress, be happy

Apakah penderita PCOS tidak bisa hamil? Tentu saja bisa. Percayalah, saya dan banyak wanita lain dengan sindrom PCOS tetap bisa hamil dan memiliki keturunan apabila kita tetap berusaha dan tidak menyerah.

 

 By: Aurelia Melisa

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3985 Aurelia Melisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?