Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Surprise Kehamilan Ketiga

MY STORY  |  PREGNANCY  |  31 Aug '19


Hai mom, saya mau berbagi cerita tentang kehamilan ketiga saya sampai saya melahirkan. Semoga bisa diambil manfaatnya ya. Saya hamil ketika anak kedua saya baru berusia tepat 12 bulan. Waktu itu sempat kaget juga dan tidak menyangka akan mengandung lagi secepat ini. Tapi, disisi lain senang dan bersyukur diberikan kesempatan untuk merasakan menjadi bumil alias ibu hamil lagi.

Lalu, muncullah kegalauan tentang si kakak yang masih menyusui karena baru berusia 12 bulan. Tekad saya awalnya ingin memberikan ASI eksklusif selama 2 tahun. Akhirnya, saya tanya-tanya kepada teman yang menjalani NWP (nursing while pregnant). Dari situ saya dapat informasi mengenai NWP dan ada syaratnya kalau ingin menjalani NWP.

Syarat NWP (nursing while pregnant) yaitu:

1. Tidak pernah keguguran

2. Tidak pernah mengalami pendarahan

3. Tidak pernah menjalani kuret

Dari ketiga diatas, yang pernah saya alami adalah kuret. Dua kehamilan saya sebelumnya, dua-dua nya sehabis melahirkan saya harus dikuret dikarenakan ada perlengketan plasenta. Mulai deh disitu galau lagi. Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan untuk tetap menyusui si kakak sampai waktunya melahirkan nanti.

Alhamdulillah setelah dijalani tidak ada kendala pada kehamilan saya. Karena kalau sampai muncul flek atau terjadi kontraksi, saya harus menghentikan menyusui si kakak (rasanya saya belum siap pada saat itu). Padahal dokter menyarankan untuk segera menyapih si kakak. Akhirnya saya pindah dokter.

Di kehamilan ketiga ini saya tidak mengalami morning sicknes. Hanya saja saya sering mengalami sakit kepala. Saya merasakan di kehamilan ketiga ini lebih ringkih. Di trimester 2 dan 3 saya mengalami SPD atau symphisis pubis disfungtion . Nyeri pada bagian miss V dan selangkangan apalagi ketika posisi tidur telentang atau mau miring kiri-kanan terasa sakit sekali. Akhirnya saya tanya dokter, kata dokter tidak apa-apa. Hal itu terjadi karena si bayi semakin mendorong ke bawah. Saya juga rutin melakukan yoga untuk meringankan SPD ini. Tapi qodarullah sampai mau melahirkan pun masih tetap sakit. Huhuuuu.....

Saya melahirkan diusia kandungan memasuki 40week. Pada saat itu hari dimana memang jadwal kontrol saya ke dokter spog. Memang pada hari itu keluar flek dan disusul dengan rasa mules yang teratur. Pukul 11.30 WIB saya kontrol ke dokter dan sudah mules teratur. Dicek bukaan dalam ternyata sudah bukaan 2. Kemudian dicek detak jantung bayi, Alhamdulillah bagus. 

Setelah itu saya disuruh untuk langsung tinggal diklinik. Sambil menunggu bukaan bertambah saya berjalan-jalan di sekitar ruang bersalin berharap pembukaan segera bertambah. Dicek bukaan kembali pukul 19.00 WIB ternyata baru bukaan 3 atau 4. Ditunggu lagi sampai rasa bukaan bertambah.

Pukul 21.00 ternyata dokternya sudah datang dan dicek ternyata bukaan tak kunjung bertambah. Kontraksi yang saya rasakan tidak kunjung meningkat. Malah kontraksi nya semakin jarang. Hiks....

Dicek bukaan dalam lagi oleh dokter katanya ketuban nya sudah berwarna hijau. Kemudian dokter memberikan pilihan untuk induksi. Saya memutuskan untuk induksi saja karena takut bayi saya keracunan air ketuban. Tak lama setelah obat induksi dimasukan ke dalam infus, rasa mules semakin meningkat. Cuma butuh waktu 30menit pembukaan menjadi lengkap, disitu saya sudah tidak tahan ingin mengejan. Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

Alhamdulillah dengan 3 kali mengejan bayi saya lahir. Kata suamiku bayiku langsung diberi selang oksigen. Bayi saya berjenis kelamin laki-laki (selama kehamilan saya tidak tahu jenis kelamin anak saya) dengan berat 3.4 kg dan panjang 47cm. Saya juga bersyukur plasenta saya tidak lengket seperti di dua kehamilan terdahulu. Dijahit pun tidak sebanyak kehamilan kedua saya.

Puji syukur besoknya saya sudah boleh pulang ke rumah karena kondisi saya bagus.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

14418 Emmy Yulinasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?

Sounding ke Bayi, Mempermudah Persalinanku

Waktu 2 garis di test pack itu muncul, betapa bahagianya hati Saya dan Suami. Kami memang tidak menunda punya momongan dan diberikan kepercayaan [...]

My First Pregnancy Story (Part 1)

Saya menikah pada bulan Januari 2017 di usia 24 tahun. Sebelum menikah, saya tidak pernah melakukan Premarital Check-Up.

Galau Masalah KB? Berikut Pengalaman Pribadi Saya

Permasalahan KB buat para ibu yang baru melahirkan ini susah-susah gampang ya Moms.