Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Supaya Anak Tidak Cepat Bosan dengan Mainannya

OTHERS  |  08 Jan '19

Hai Moms, kali ini saya mau share sedikit pengalaman saya mengenai anak saya yang cepat bosan dengan mainannya. Saya mengutip salah satu kalimat dari artikel yang berbunyi: "Dia bisa bosan kalo main sendiri, karena dia mengulang apa yang dia sudah bisa lakukan." 

Dan yang saya lakukan untuk mencegah dirinya merasa bosan adalah dengan random pick berdasarkan pilihan anak aku sendiri. Jadi caranya: 

  1. Pertama-tama aku letakkan semua mainannya di lantai, kemudian aku memintanya untuk memilih mainan yang ia mau, dan hanya boleh 10 macam saja. Jadi setelah selesai memilih 10 jenis mainan itu, sisanya aku simpan.
  2. Aku rotasi selama 2 minggu sekali. Jadi dia tidak cepat bosan dengan mainannya. Biasanya sih dia tidak akan cepat bosan kalau aku yang memintanya pilih sendiri.

Tips lain yang Moms bisa lakukan adalah mengajak si Kecil main di outdoor. Aku selalu ajak anak aku main di outdoor seperti main sepedaan, main air, atau main pasir. Saat mendampingi si Kecil, kita harus kreatif ya Moms, agar kesannya mainannya tidak begitu-begitu saja. Satu permainan sebaiknya dieksplorasi secara maksimal supaya ia tidak cepat nyerah dan agar rasa ingin tahunya terus terpicu. 

Selain itu, mainan yang Moms berikan juga harus edukatif ya. Karena bermain merupakan sarana anak belajar dan menambah pengalaman. Sejumlah aspek berkembang saat anak bermain mulai dari motorik, kognitif, dan sosial akan berujung meningkatnya ketajaman panca indera anak itu sendiri.

Selain itu, bermain juga membantu mengenal lingkungan sekitar, melatih anak lebih mandiri dan berinteraksi dengan orang dan yang paling penting merangsang sistem saraf dan kecerdasannya. Jadi, aktivitas permainan apa saja boleh kita lakukan bersama anak kita, asal Moms tetap selalu mengawasinya ya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Vivian Fidal

Copyright by Babyologist

182 Vivian Fidal

Comments

Related Stories