Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sukses ASI Eksklusif untuk Working Moms

FEEDING  |  13 Nov '17

Salah satu hal yang membuat galau saat masa cuti melahirkan hampir habis adalah masalah kelanjutan proses menyusui. Ya, keinginan untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi sepertinya akan sedikit mengalami kendala ketika mommies kembali bekerja. Bagaimana tidak, anda akan berjauhan dengan si kecil yg masih ASI eksklusif kurang lebih 8 jam lamanya. Nah jika pemberian ASi masih menjadi pilihan para mommies semua, ada beberapa tips yang dapat membantu working mom agar tetap sukses mengASIhi.

  1. Niat. Yakinkan diri bahwa kita bisa memberikan asi eksklusif untuk bayi kita at least selama 6 bulan kehidupan pertamanya di dunia.
  2. Sebaiknya peralatan dan perlengkapan untuk ASIP sudah dipersiapkan sebelum melahirkan. Seperti pompa ASI, wadah untuk menampung ASIP (botol kaca/kantong ASIP), botol susu, penghangat susu, apron, sterilizer, alat cuci, ice gel pack, dan cooler bag untuk menampung ASIP.
  3. Saat cuti berlangsung, selain menyusui bayi, luangkan waktu untuk memompa payudara. Ingat semakin sering ASI dikeluarkan, semakin banyak ASI diproduksi lagi.
  4. Banyak minum air putih dan konsumsi makanan yang nutrisinya baik.
  5. Memiliki freezer sangat dianjurkan sebagai media penyimpanan ASIP, jika ASIP dimasukkan ke dalam freezer kulkas, biasanya tidak akan cukup. Dengan memiliki freezer tersendiri khusus ASIP, mommies bisa terus pumping tanpa khawatir freezer kepenuhan. Untuk ini tidak perlu beli, bisa disewa saja.
  6. Latih bayi anda untuk minum susu dengan media lain, seperti cup feeder, sendok, pipet, atau botol susu. Tunjuk orang lain sebagai pemberi ASIP. Misal dengan neneknya atau babysitter
  7. Saat melatih bayi, usahakan kita tidak berada di sekitar bayi. Karena bayi dapat merasakan kehadiran ibu, sehingga bisa membuat bayi menolak menyusu dari media lain.
  8. Begitu masa cuti habis, setiap akan berangkat kerja susui bayi terlebih dahulu.
  9. Saat di tempat kerja, pompa payudara setiap 2 atau 3 jam sekali dengan durasi 30 menit (15 menit payudara kiri, 15 menit payudara kanan).
  10. Jika di kantor tidak ada ruangan khusus untuk pumping, mom bisa pumping di meja kerja tentunya dengan menggunakan nursing cover.
  11. ASIP yang baru diperah jangan langsung dibekukan dalam freezer di tempat kerja yah mom, karena saat kita keluarkan dari freezer dan dibawa pulang, akan terjadi perubahan suhu yg signifikan. Jadi sebaiknya letakkan ASIP di dalam kulkas bagian bawah, jangan lupa diberi label yah mom.
  12. Kalau dikantor tidak ada kulkas, ASIP bisa diletakkan di dalam cooler bag dengan memasukkan ice gel pack nya ke dalam tas. Namun tetap perhatikan ketahanan dingin ice gel nya. Pada umumnya, ketahanan dingin ice gel kurang lebih 8-10 jam
  13. Mommies bisa menggunakan kurir ASI jika ASIP ingin langsung disimpan dirumah. Bedanya kurir ASI dengan transportasi sejenis biasanya, kalau kurir ASI itu dilengkapi dengan cooler box jadi walaupun jarak tempat kerja dan rumah cukup jauh, dengan kurir ASI tentunya kestabilan suhu ASIP jauh lebih aman.
  14. Saat sampai rumah, tetap susui bayi secara langsung yah mom. Menyusui sebelum berangkat kerja dan setelah pulang kerja sangat dianjurkan karena selain bisa menghemat ASIP itu sendiri, menyusui langsung bisa mengurangi resiko bayi bingung puting (jika media pemberian ASIP dengan menggunakan botol dot)

Nah itulah beberapa tips dari saya supaya para working moms tetep bisa memberikan ASI untuk si kecil.

Semoga bermanfaat!

By: Zahra Fatima 

928 Zahra Fatima

Comments

Related Stories