Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sukses Potty Training dalam 2 Minggu

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  21 May '19

Yeah ini waktunya saya sharing lagi ya Moms, bukan buat gaya-gayaan atau SHOW OFF ya, tapi lebih tepatnya saling memotivasi, berbagi & menyemangati diri & anak kita yang sudah waktunya copot diapers dan beralih ke CD (Underwear).

Semua BISA KARENA TERBIASA ya Moms, bener banget tuh quotesnya. Grace juga bukan langsung instan copot diapers ya Moms, butuh waktu 1-2 minggu di usianya sekarang yang sudah 28 months. Memang nothing special ya dibanding Moms lain yang anaknya sudah berhasil terlebih dahulu. Tapi percayalah, setiap anak punya kemampuan masing-masing, dan saya memang niat Grace copot diaper ketika dia sudah 2th++.

Untuk berhasil copot Diapers, harus rela SABAR dan memberikan pemahaman setiap waktu. (Karena Grace sempat Demam + Bapil jadi beberapa hari saat dia sakit saya copot pasang diapers karena banyak minum dan agak cranky).

Grace awal potty training dari umur 16 bulan ya Moms, sudah saya biasakan PUP di toilet pakai tatakan. Awalnya agak aneh pasti ya tapi dia enjoy, no drama, bahkan melihat sekeliling kamar mandi. Malah Grace sudah bisa bilang mau pup saat dia berusia 18 bulan (even dia belum copot diapers ya).

Beberapa kali sempat terpaksa pup di mobil karena macet, tapi dengan adanya PORTABLE PT (potty training) dilapisi plastik memudahkan semuanya.

Pemilihan Underwear juga penting banget menurut saya. Saat si Kecil nyaman pakai underwear, dia terbiasa memilih underwear dibandingkan DIAPERS.

Berbagai macam merek dan pola sudah saya coba ke Grace, yang paling PAS saya temukan di brand Cuit Babywear di celana segitiganya ya Moms, baik Renda/polos. Bahannya super adem, cuci kering gak masalah ya Moms.  Celana yang nyaman dipakai mensupport Grace lho untuk nyaman beraktivitas dan istirahat.

Awal proses PT, bertahap dengan bangun pagi copot diapers dan dudukin dia di WC. Sehabis WC biasa Grace susu pagi dan tidur lagi tanpa diapers. Grace 1 minggu beberapa kali pasti kecolongan pipis di celana ya Moms, basah? Pasti, tapi saya biarkan prosesnya terjadi secara alamiah, memberikan pengertian bahwa basah terjadi karena "PIPIS". Sampai dia merasa risih sendiri dan ALAMIAH lho Moms. Percaya gak percaya Grace only 1 minggu dia terbiasa copot diapers.

Saat malam sebelum tidur saya selalu ajak ke toilet sehabis minum susu dan sikat gigi.

Dia mengerti bahwa "pipis" harus ke toilet, kalau basah tidak nyaman dan terasa risih di badan. Penting sekali menjaga kebersihan sejak dini sudah saya ajarkan ke Grace. Jadi sekarang Grace kalau mau ke toilet pasti selalu bilang, dan saya tak pernah bosan bertanya  apakah Grace mau ke toilet per 2 / 3 jam sekali.

Semoga Moms semua bersemangat dalam menghadapi fase PT anaknya ya. Percayalah anak kita pintar dan mampu cepat tanggap dengan apa yang kita utarakan.

Warm regrads,

Stephanie (mami Grace)

307 Birgita Stephanie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Stick Puzzle

Bikin puzzle untuk si kecil dari stick es krim yuk moms. Dengan bahan yang mudah didapat & cara membuatnya juga mudah

Ide Bermain untuk si Kecil: Bottle Cap Pattern

Mulai sekarang tutup botol minuman jangan dibuang ya, tapi dikumpulin dijadiin berbagai macam aktivitas bermain anak

Ide Bermain untuk si Kecil: Cardboard Tetris Puzzle

Yuk buat permainan dari kardus. Kali ini kardus akan dibuat menjadi puzzle tetris.

Ide Bermain Anak: Mengenal Berbagai Macam Bentuk

Yuk Moms ajak si Kecil mengenal bentuk dengan permainan yang sederhana

Ide Bermain Anak: Meronce

Buat mommy yang bingung mau bikin mainan apa untuk si kecil, meronce ini bisa jadi salah satu ide ya moms

Mengajarkan Anak Berhitung dengan Cara yang Menyenangkan

Kali ini saya mau share mengenai cara saya mengajarkan kakak dastan berhitung ya moms.

Pentingnya Bermain Di Rumput Tanpa Alas Kaki

Betapa banyaknya manfaat saat anak-anak bermain tanpa alas kaki di atas rumput. Apa saja manfaatnya?

Pentingnya Mengenalkan Emosi pada Anak

Salah satu cara mengenalkan berbagai macam emosi pada anak adalah dengan bermain game. Seperti apa permainannya?

Pentingnya Mainan Edukasi untuk Anak

Berbagai mainan edukasi banyak kita temukan. Tapi kita juga bisa membuatnya sendiri Moms, seperti yang satu ini