Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sukses Menyapih Celestyne di Usia 18 bulan

FEEDING  |  MY STORY  |  29 Jun '19


2 hari sebelum saya putuskan untuk menyapih, Cest lagi drama minum susu. dy benar-benar gak mau minum asi dibotol kalau sudah lihat saya. jadi beberapa kali stok asip yang tinggal beberapa botol itu dibuang. Karena pas malam pas sudah dihangatkan, saya pulang dan dy langsung gak mau minum yang dibotol. Akhirnya saya takut Cest kurang minum susu,  besok siangnya saya minta mama saya untuk kasih UHT di botol ternyata dy gak mau. Lalu puncaknya saya coba kasih asip dicampur UHT, dy gak mau, dan habis itu dy gak mau minum pure asip dibotol. Yes, Cest trauma. Habis itu Cest gak mau minum asip sama sekali, dy hanya mau nyusu langsung disaya.

Selain itu juga bertepatan dengan kambuhnya jerawat asi saya yg sampai meradang (Moms bisa cek tulisan saya di sinidoctor advice me to stop breastfeeding. 18 month its more than enough. Karena 2 hal tersebut saya jadi yakin untuk stop asi.

Hari pertama

Saya masih kasih empeng langsung pas mau tidur siang, tapi ya gitu, begitu lepas Cest bangun dan nangis. Akhirnya saya gak kasih lagi, karena memang kalau tidur ada saya pasti nyusu. Cest bagaimana? Wow tangis heboh, ngamuk gak mau dibujuk. Sekitar 1 jam lebih dia menangis sampai akhirnya tidur. Itu pun saya keluar kamar gak sanggup meladeni. Cest saya tinggal sama papi dan omanya. PD sakit banget krn jerawat asi radang sampai panas dingin. Benar-benar lemas sampai minum panadol seharian itu 4x.

Malam mau tidur sama, Cest marah, menangis, aduh hancur banget lihatnya. Dikasih susu UHT dibanting moms, serius dy marah sekali gak dikasih nyusu. 1 jam lebih nangis, teriak-teriak sampai akhirnya dy tidur kecapean. Ini cest tidur sampe pagi jam 6.

Hari kedua

Bagun tidur dibaik-baikin kasih asip dari gelas, disendokin. 100ml, 1 jam baru habis. Mukanya sedih banget, murung, kaya marah sama maminya. Gak mau deket-deket sama maminya. sedihnya pastinya tetapi better daripada dy nangis. Pagi diajak Pergi sama omanya. Dan pulang omanya cerita, tadi sempet nangis ingin nyusu karena dimobil biasanya cest suka nyusu. tapi akhirnya dy bisa tidur tanpa nyusu dimobil. Pulang main sama sepupu dan orang dirumah. Dan cest berusaha gak mau tidur siang, gak mau masuk kamar, karena dy tau dy gak bisa tidur tanpa nyusu. akhirnya diajak main sama sepupu dan orang rumah, sampai dy cape mau tidur. Hari kedua agak mendingan nangis nya berkurang gak sampai 1 jam. Tapi malamnya nangis minta gendong sampai tidur. Tapi tidurnya pulas sampai pagi.

Hari ketiga

hari ini terakhir minum asip di gelas, karena asip saya sudah habis. Masih disendokin. Digendong dibaik-baikin. Dan hari ini saya sudah masuk kerja. Dapat laporan dari oma kalau tidur siang tetep nangis ingn nyusu, tapi gak lama. Malam saya pulang kantor seperti biasa minta jatah, tapi saya kasih tau cest sudah besar sudah gak boleh nyusu, terus saya kasih mainan dan dy lupa. Tapi pas tidur ya drama lagi. Tengah malam bangun nangis minta nyusu. akhirnya nangis minta gendong, sekitar 30menit sampai akhirnya cest tidur lagi.

Hari Keempat dan seterusnya

Setiap mau tidur malam pasti drama moms. karena ada saya, keingetan. Gak mau tidur, nangis minta digendong di mpok-mpok, pokoknya super manja. Harus bener-bener tidur baru bisa di taruh diranjang. Dan malam suka kebangun, ngigau minta nyusu. dan ini berlangsung 6 minggu. kalau saya baca-baca paling nyapih 1 minggu anaknya sudah balik normal. Ini gak moms, lama banget recoverynya.

Memang benar ya moms, menyapih itu seperti putus cinta. Gimana sih rasanya lagi cinta dan sayang sama seseorang terus diputusin sepihak? Pasti sakit banget, gak terima, sedih, marah dan kecewa berat. Ada yang recoverynya cepat ada juga yang lama. Menghilangkan kebiasaan 1.5 tahun itu gak mudah, butuh waktu. Gak usah Cest, saya aja nangis Bombay moms. aduh rasanya berat banget. mau mundur koq gak mungkin, kasihan kalau nanti ngulang dy menderita lagi.

Sedikit tips dari saya untuk moms yang mau menyapih:

1. SEPAKAT dan TEGA. Ini kunci utama moms, 1 rumah harus sepakat karena pasti ada pro kontra dalam menyapih. siapa sih yang tahan denger anak nangis sampai 1 jam? Jawabannya Gak ada. tante dirumah kontra sama apa yang saya lakukan. Dy gak tega dengar cest nangis terus. Sampai ada keributan dirumah soal ini. Dan ini mempengaruhi mental saya sebagai ibu jadi tambah down. Untung saja suami dan mami saya full support, jadi saya bisa tetap Teguh pada pendirian.

2. Harus sudah YAKIN kalau ini sudah waktunya menyapih. Dan itu moms sendiri yang tau kapan. Agar moms juga lebih siap secara mental. Karena jujur batin banget moms. kalau gak benar-benar yakin jatuhnya ya gak Tega, pikiran aneh-aneh muncul, merasa bersalah dan akhirnya bisa gagal deh. saya aja masih suka mellow dan nangis moms, kaya koq nyesel ya sapih sekarang.

3. Menyapih dalam kondisi FIT. Ini saya salah banget moms. kita berdua lagi sama-sama sakit. Saya meriang karena jerawat asi, sedangkan Cest lagi batuk pilek. Jadi kurang kondusif. apalagi kalo anaknya minta gendong terus kebanyang donk moms. jadinya saya gak bisa ngeladenin cest full. Untung ada oma dan papi yang bisa bantu kalo gak mamak pingsan.

4. Kasih banyak kegiatan, supaya anak lupa sama apa yang sedang terjadi. Ajak jalan-jalan, pokoknya buat dy sibuk. Walaupun kalau mau tidur ya inget lagi. Tapi setidaknya energy dy sudah habis untuk main dan jalan-jalan.

5. Abaikan jadwal yang ada. Yang namanya putus cinta pasti semua kacau. Sekitar 1 bulan jadwal cest super kacau. Dulu pas masih asi, tidur 2 kali sehari. Sekarang tidru 1 kali aja sudah bagus moms, itupun pake nangis dulu.

6. Pastikan anak sudah mau minum susu lain selain asi. supaya gak sedih kayak saya moms. saya masih berjuang untuk kasih cest sufor ataupun Uht.

7. Sering dikasih tau, istilahnya sounding. Ini saya juga gak lakukan moms, karena jujur saya mendadak banget untuk putusin sapih. Yang say abaca, sebelum menyapih lebih baik di sounding dari sebelum-sebelumnya. Supaya anak gak kaget, dan lebih siap.

8. Kalau moms sudah mulai, please jangan berfikir untuk batal. Karena kasihan moms, anak jadi menderita 2 kali. Lanjutin terus sampai selesai.

9. Terakhir berdoa, minta Tuhan kasih kekuatan dan kesabaran untuk Cest dan saya. dulu lebay banget ya kayaknya. Tapi menurut saya emang menyapih itu bener-bener sulit. Sangat emotional. Makanya perlu kekuatan dan kesabaran.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

171 Lysa Seravine

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Bendungan ASI yang Tak Terlupakan

ASI yang mampet bisa terjadi pada Ibu menyusui. Bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

Manfaat Kolang Kaling

Resep manisan kolang kaling berikut ini bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa. Simak yuk!

Ceritaku Memberikan Enfamil Gentle Care A+

Simak cerita Mom Dwi berikut ini mengenai Enfamil Gentle Care A+.

Tips dan Trik Mengganti Sufor Lama ke Sufor Baru

Simak tips mengganti susu formula si Kecil berikut ini yuk Moms and Dads.

Metode Blansir MPASI: Smart Mom, Save Money!

Di tengah pandemi ini kita tidak mungkin belanja ke pasar setiap hari. Bagaimana caranya agar sayuran bisa bertahan lama?

Cara Menyapih Anak yang Cuma Mau ASI

Bagaimana cara menyapih si Kecil yang sama sekali tidak mau susu lainnya selain ASI? Simak pengalaman Mom Selvi berikut ini.

Busui Jangan Takut Minum Kopi. Ini Tips Minum Kopi ala Saya

Busui tapi ingin mengonsumsi kopi? Tenang Moms asal sesuai dengan takaran aman kok

Cracked Nipple pada Ibu Menyusui

Puting Moms lecet? Yuk atasi dengan cara berikut ini

Produksi ASI Tiba-Tiba Berkurang? Ini Alasannya

Mengapa produksi ASI bisa berkurang?

Mengenal Tentang ASI dan Perbedaannya dengan Susu Sapi

Moms, taukah bagaimana produksi ASI saat pertama kali si kecil nenen?

Tips Menaikkan Berat Badan si Kecil

Saya mau berbagi tips nih moms bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Walaupun Anak GTM ala Bunda Braga

Bagaimana sih caranya anak GTM tetapi berat badan tetep bisa naik?

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 2)

Susah makan bisa menyebabkan si Kecil susah makan dan berat badannya susah naik loh Moms

Tips Menghadapi GTM pada Anak

Yuk cari tahu penyebab si Kecil GTM dan bagaimana cara mengatasinya

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk si Kecil

Kenali sumber zat besi alami dari makanan yang bisa Moms berikan pada si kecil yuk!

Chocolate Cake dengan Slow Cooker! Must Try This Recipe!

Slow cooker juga bisa loh mom untuk membuat cemilan bagi Moms & si Kecil.

Pengalaman saat Anak GTM dan Tips Menghadapinya

Gerakan tutup mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah GTM, tentu sangat dikhawatirkan setiap Moms.

Hasil Pumping yang Didapat Sedikit? Coba Lakukan Teknik Power Pumping

Jika dilakukan dengan rutin power pumping bisa memancing ASI keluar lebih banyak

Cara Membekukan dan Mencairkan ASIP yang Benar

Bagaimana cara mendinginkan & mencairkan ASIP dengan benar? Yuk simak tips berdasar pengalaman saya

Ketika Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Cara Ini Moms

Alfarez pernah GTM gak? Pernah! Sampe kurus banget malah. Terus cara ngatasinnya gimana?