Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sukses Bottle Feeding dengan Memilih Botol Susu yang Tepat

MY STORY  |  13 Aug '20


Pemilihan botol yang tepat menjadi salah satu kunci sukses bottle feeding. Banyak di antara kita yang tidak mampu menyusui secara langsung dengan alasan tertentu atau memang berencana untuk memberikan ASI sekaligus susu formula (seperti saya), memilih untuk menggunakan botol susu karena lebih mudah.

Pemilihan botol susu tidak bisa sembarangan karena jika salah memilih, Si Kecil yang akan terkena imbasnya, Moms. Apa imbasnya jika Moms salah memilih botol untuk Si Kecil? Si Kecil bisa tersedak, bingung puting, perut kembung karena terlalu banyak menghisap udara, konstipasi, atau kolik. Dan semua masalah ini sama sekali tidak sederhana ya, Moms karena akan menyakiti Si Kecil.

Lalu, bagaimana cara memilih botol susu yang tepat? Saya ada beberapa tips yang bisa Moms semua perhatikan, nih. Simak, yuk!

  1.     Pilih botol susu dengan bahan yang aman dan tersertifikasi

Botol susu berbahan plastik menjadi botol susu yang paling banyak dibeli karena selain lebih affordable juga mudah ditemukan, ringan, dan kuat. Namun, botol susu dengan bahan plastik memang harus dirawat dan diperlakukan dengan baik agar memiliki masa pakai yang lama meskipun tetap harus diganti secara berkala. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya jika Moms menggunakan botol susu berbahan kaca. Selain masa pakai botol yang jauh lebih lama, perawatan botol susu yang terbuat dari kaca juga tidak terlalu susah kok Moms. Botol susu yang bisa Moms pilih adalah Deco Glass Bottle dari Dr. Brown's. Dengan bahan kaca, botol susu ini lebih tahan panas dan lebih kuat dari botol susu lainnya.

  1.     Pilih bentuk botol susu yang nyaman sesuai dengan kebutuhan

Botol susu memiliki bermacam-macam bentuk dengan kegunaan yang berbeda, yaitu standar, narrow/angled, dan wide-neck. Moms bisa memilih bentuk botol susu sesuai dengan kebutuhan Moms, namun sebaiknya, Moms bisa memiliki semua bentuk botol agar memiliki pilihan untuk kondisi tertentu. Bentuk standar memiliki leher botol yang lurus dengan diameter botol dan biasanya fit into atau cocok digunakan pada semua alat penghangat botol. Bentuk ini sangat mudah ditemukan dan cocok untuk segala kondisi. Atau Moms bisa juga nih memilih botol susu dengan ukuran leher botol yang lebih kecil dari badan botol untuk mengurangi risiko Si Kecil menghisap udara saat menyusu dari botolnya. Sedangkan wide-neck memiliki ukuran badan botol yang lebih besar dan leher botol yang lebar serta nipple yang lebih lebar sehingga akan membantu mengurangi bingung puting karena lebih mirip dengan puting Moms.

  1.     Sesuaikan ukuran botol susu dengan kapasitas dan frekuensi menyusu Si Kecil

Memilih ukuran botol susu dapat menyesuaikan dengan kapasitas dan frekuensi menyusu Si Kecil. Untuk bayi premature dan newborn, sebaiknya, Moms memilih botol susu yang memiliki ukuran lebih kecil dengan kapasitas susu yang lebih sedikit untuk menghindari risiko mubadzir dan susu rusak. Seiring dengan pertumbuhan Si Kecil, Moms bisa mengganti botol susunya keukuran yang lebih besar. Memang sebaiknya dalam mengganti ukuran botol susu ini dilakukan secara bertahap ya, Moms dan perlu juga Moms menyediakan minimal 2 botol untuk digunakan bergantian.

  1.     Pilih botol dengan breast like nipple

Pilihlah nipple botol yang terbuat dari bahan silikon BPA-free, meskipun ada juga nipple botol yang terbuat dari bahan lateks namun bahan ini tidak semua bayi cocok karena dapat menyebabkan alergi. Kemudian, yang perlu Moms perhatikan adalah nipple flow. Untuk Si Kecil yang lahir prematur dan newborn, Moms harus memilih nipple dengan flow yang lebih lambat untuk mencegah Si Kecil tersedak dan kemudian malahan tidak mau menyusu karena flownya yang terlalu deras. Secara berkala pastikan untuk mengganti nipple botol sesuai dengan usia dan kemampuan isap Si Kecil ya, Moms.

Semua fitur diatas ada pada botol susu Dr. Brown's Deco Glass Bottle . Botol susu ini memiliki fitur lengkap mulai dari botol yang terbuat dari kaca dengan desain gambar yang menarik, memiliki internal vent system, breast-like nipple, wide-neck bottle dengan desain tutup ergonomis, serta anti tumpah. Dengan fitur yang lengkap ini, Dr. Brown's Deco Glass Bottle sangat cocok untuk digunakan oleh Si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

274 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]