Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sudahkah Moms Memandikan Si Kecil Dengan Benar?

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  13 Jun '20


Mandi adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk si Kecil. Dengan air yang ditampung di dalam bak dan mainan-mainan yang berbagai macam warna, tentu saja si Kecil dapat menikmati waktu mandinya. Memastikan waktu mandi dapat dinikmati si Kecil sangatlah penting agar kita dapat membersihkan tubuhnya secara menyeluruh apalagi setelah beraktivitas sepanjang hari dan juga untuk membersihkan tubuhnya dari virus yang tidak terlihat. Selain itu, waktu mandi dapat menjadi momen yang pas untuk bonding dengan si Kecil!

Bayi yang baru lahir belum boleh dimandikan dengan berendam di bathtub karena tali pusar si Kecil tidak boleh terkena air. Maka dari itu Moms dapat menggunakan spons atau handuk yang dibasahkan dengan air agar dapat menghindari area tali pusar dan tidak menyebabkan infeksi atau menghambat proses penyembuhannya.

Ketika tali pusar si Kecil sudah lepas dengan sendirinya, si Kecil sudah dapat dimandikan seperti biasa. Bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan terlalu sering cukup sekali dalam 2-3 minggu selama 5-10 menit agar si Kecil tidak masuk angin dan kulitnya tidak menjadi kering. Tentu saja, situasi tersebut dapat dikondisikan dengan seberapa sering si Kecil keluar rumah dan berkeringat.

Yang penting, Moms harus menjaga kebersihan area kemaluan dan dubur si Kecil agar terhindar dari infeksi. Pastikan Moms memperhatikan area-area tubuh yang dapat sering terlupakan seperti lipatan leher, belakang telinga, sela-sela jari tangan dan kaki, lipatan di belakang lutut dan siku, ketiak, dan kelamin.

Selain itu, air mandi untuk si Kecil juga harus dipastikan berada di suhu 37-38 derajat celcius. Pastikan suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin dengan menyelupkan siku anda ke dalam air tersebut.

Untuk sabun dan shampoo bagi si Kecil, gunakanlah produk yang tidak menyebabkan pedih di mata karena refleks mengedip si Kecil masih belum terlalu baik sebelum usia 2-3 bulan. Pilihlah sabun dan shampoo yang tidak memiliki bahan kimia SLS/SLES yang adalah agen pembuat busa pada produk mandi yang juga dapat membuat kulit bayi yang masih sensitif menjadi kering dan iritasi.

Tenang saja, Moms, jika si Kecil menangis atau merengek pada awalnya itu karena ia belum terbiasa dengan berada di dalam air. Dan pastinya si Kecil tidak bisa hanya diam jadi jika kamar mandi anda menjadi berantakan atau becek itu sangatlah wajar.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

499 Babymoov Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Apa yang Sebaiknya Dilakukan untuk Memastikan Stroller Bebas dari Virus?

Stroller adalah salah satu barang keperluan si Kecil yang perlu dipastikan bebas dari virus Moms. Yuk, simak berikut ini.

Kiat Mencegah si Kecil dari Kepala Peyang

Bagaimana cara mengatasi kepala peyang pada bayi? Apakah bentuk kepala peyang peyang bisa diperbaiki? Simak berikut ini.

Tips Mengajak Si Kecil Berjemur

Moms and Dads, sebelum mengajak si Kecil berjemur, simak tips berikut ini!

Skincare Mendasar Untuk si Kecil

Apa saja skincare yang menjadi kebutuhan si Kecil? Simak berikut ini.

Kenali Keajaiban Sentuhan dan Pelukanmu untuk si Kecil, Moms!

Moms, tahukah Anda bahwa sentuhanmu dapat memberikan keajaiban untuk si Kecil? Simak berikut ini.

Cegah Alergi dan Iritasi terhadap Tisu Basah Bayi

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan perhatian ekstra sehingga Moms perlu berhati-hati dalam memilih produk.

Tips Merawat Pernapasan Bayi dengan Humidifier

Menurut dokter di Johns Hopkins All Children’s Hospital, humidifier bisa mengatasi hidung tersumbat.

Pentingnya Memilih Wipes yang Aman untuk si Kecil

Banyak tisu basah bayi yang di jual di pasaran. Tapi kenapa kita harus berhati-hati dalam memilihnya?

Bagaimana Cara Mengenali Jenis Kulit Bayiku?

Tapi tahukah Moms, bahwa pada dasarnya kulit bayi usia 0-2 tahun memang sensitif?

Sisik pada Kepala Bayi

Pertumbuhan rambut Si Kecil dapat terhambat akibat cradle cap/kerak kepala, maka Mom harus segera mengatasinya.