Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sudah Banyak Makan Tapi Anak Masih Kurus

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  06 Nov '19


Kali ini saya mau sharing tentang perkembangan anak saya yang besar. Usia nya sekarang sudah 3,5 tahun menurut hasil searching dari google, berat badan nya harusnya di kisaran 12 - 16kg. Anak saya si berat badan nya masih di antara 11 - 12kg. Hitungan nya mungkin masih normal ya. Cuma agak mengherankan aja, karena si koko ini makannya banyak bahkan porsi makannya pun bisa seperti porsi makan dewasa. Tapi kenapa masih saja berat badannya tak kunjung naik.

Sebelum nya saya gak terlalu kuatir tentang masalah berat badan anak, karena makan nya saja sudah banyak jadi apa yang perlu di kuatirkan. Makanan yang di makan juga kebanyakan saya yang masak sendiri ketimbang jajan di luar.

Sempat komunikasikan ke suami dan keluarga, siapa tau aja ada solusi nya, tapi mereka malah mengatakan "ya itu kan turunan atau coba kasihkan aja vitamin penambah nafsu makan".

Entah kenapa hasil dari diskusi dari mereka pun gak saya lakukan karena saya terlalu ragu mencoba hal-hal seperti pemberian vitamin atau obat ke anak-anak saya. Kalau di katakan itu turunan juga saya gak bisa sepenuh nya percaya. Karena dari hasil pembuktian saya sendiri bisa kok membuat badan sendiri gendut atau pun langsing. Jadi inti nya gak bisa menyalahkan itu keturunan ataupun itu memang genetik nya.

Sampai saya searching-searching di Google yang pas kenapa anak susah naik berat badan, akhirnya memang ada beberapa faktor yang saya rangkum yang mungkin bisa membantu moms semua yang memiliki masalah yang mirip dengan masalah saya.

Faktor anak susah makan dan solusinya

1. Anak suka memilih makanan

Dalam hal ini, anak seumuran anak saya sudah bisa memilih makanan apa aja yang mau dia makan istilahnya "picky eater". Jadi tidak jarang juga anak hanya mau makan apa yang dia mau saja.

Solusi nya, berikan saja apa yang si anak suka untuk booster berat badan nya, tapi tetap yang bijak ya moms. Kalau anak suka nya makan permen terus ya pasti nya juga tidak baguskan buat kesehatan gigi mereka. Lagi pula sekarang sudah banyak tutorial cara menyiapkan makanan buat anak yang menarik supaya mereka mau makan salah satu nya seperti bento.

2. Cacingan

Bisa jadi karena si anak menderita cacingan. Kebiasaan mereka bermain seharian bahkan makan pun bisa sampai lupa cuci tangan bisa saja menyebabkan si anak cacingan. Memang bener, cacingan itu tidak menimbukan sakit atau pun gelaja yang signifikan. Tapi setidak nya bisa kita cegah dengan mencuci tangan dan minum obat cacing.

Solusi nya, rajin membersihkan diri, membersihkan mainan-mainan atau benda-benda yang bisa memungkinkan si anak akan mengemut nya, selalu cuci tangan sebelum makan, dan tidak lupa untuk minum obat cacing 6 bulan sekali.

3. Jam makan anak yang tidak teratur

Jam makan itu penting loh, jangan karena orang tua nya sibuk atau lagi proses diet jadi melupakan jam makan anak. Ingat anak kita itu butuh makan, jangan sampai lapar baru di kasih makan.

Solusi nya, buat jam makan yang teratur dan selalu siapkan cemilan sehat untuk mengganjal perut mereka jika moms terlambat menyiapkan makanan buat si anak.

4. Hipermetabolisme

Mungkin terdengar agak asing ya, karena anak saya pun tergolong hipermetabolisme yang di mana hipermetabolisme ini adalah suatu keadaan dimana proses metabolisme berlangsung lebih cepat dari kondisi normal. Tidak peduli sebanyak apapun moms  memberikan asupan makanan kepada si anak, tubuhnya tetap akan membakar makanan dengan waktu yang lebih cepat.

Solusi nya, mengatur jam makan si anak menjadi lebih teratur seperti makan pokok tiga Kali dengan snack atau cemilan dua kali sehari. Dan juga memberikan makanan yang padat nutrisi supaya gizi yang si anak butuh kan terpenuhi.

5. Penyakit

Penyakit di sini bisa beragam ya tapi saya ambil contoh yang ringan saja yaitu radang. Jangan kan anak-anak, kita yang dewasa saja kalau radang jadi tidak selera makan.

Solusi nya, bisa mengobati penyakitnya terlebih dahulu atau bisa langsung saja konsultasikan ke dokter kenapa si anak susah makan.

Mungkin itu beberapa faktor yang bisa saya rangkum, sebenarnya masih banyak faktor Dan solusi yang menyebabkan anak susah menaikan berat badan.

Inti nya jangan langsung menelan mentah-mentah apa kata orang, karena hal yang di coba ke anak yang lain belum tentu berhasil di anak kita, kalau memang ragu ada baik nya konsultasikan ke dokter yang di percaya sehingga solusi yang di dapat juga lebih akurat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1922 Meiliyanti Tjioe

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Benarkah Bisul pada Anak Diakibatkan Sering Mengonsumsi Telur?

Benarkah bisulan karena sering makan telur? Yuk simak cerita dari Mom Adela berikut ini