Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Style vs Comfort, Pilih yang Mana?

BRANDS  |  MOM STYLE  |  PARENTING  |  26 May '20


Ketika memilih perlengkapan untuk si Kecil, apa sih yang ada di benak Moms? Tentunya, Moms menginginkan perlengkapan bayi yang bakalan membantu meringankan pekerjaan Moms dalam mengasuh si Kecil. Perlengkapan tersebut juga harus mendukung tumbuh kembangnya secara optimal terlebih di masa-masa keemasannya. Kriteria lainnya yang mungkin Moms pertimbangkan adalah tidak melebihi budget, modelnya lucu, terkenal di kalangan selebriti panutan Moms, dan terasa nyaman digunakan. Dari sekian banyak kriteria, pernahkah Moms mengalami dilema antara produk yang memiliki desain menarik dengan produk yang lebih mudah dioperasikan?

Permasalahan style vs comfort adalah salah satu problem umum dalam memilih produk terbaik, dalam hal ini produk perlengkapan bayi dan anak. Saat Moms sedang browsing mengenai botol minum untuk si Kecil, misalnya, Moms bingung memilih antara botol plastik atau botol kaca; yang bentuknya lucu tetapi agak mahal atau yang biasa dengan harga lebih murah, dan lain sebagainya.

Menurut seorang copywriter bernama Chrissa Reed di blog pribadinya, style dan comfort bisa coexist, alias hidup berdampingan. Meski, dia mengakui, keduanya lebih sering tidak bisa berjalan berbarengan alias eksklusif satu sama lain. Itu artinya, ketika sebuah produk memiliki desain fantastis, seringkali produk tersebut tidak praktis digunakan. Alhasil, produk tersebut ujung-ujungnya hanya jadi hiasan tambahan di rumah karena tidak pernah digunakan. Begitu pula dengan produk yang memiliki desain biasa saja tetapi fungsional. Produk seperti ini biasanya memang tidak menambah nilai plus pada penampilan. Akan tetapi, karena produk tersebut memudahkan pekerjaan, banyak orang yang menggunakannya.

Lebih lanjut, Reed percaya bahwa style adalah suatu konsep yang melekat pada pribadi masing-masing individu. Apa yang menjadi gaya ideal seseorang mungkin dianggap orang lain sebagai “mimpi buruk”. Maka, Moms tidak perlu terlalu mendengar “kata orang” setiap akan memilih produk. Jadikan “kata orang” sebagai referensi yang berharga tetapi bukan yang utama.

Shari Eisen dalam artikel “Fashion Debate: Brands vs No Brands” mengaku cenderung memilih produk bermerek meski lebih mahal daripada produk tanpa nama. Dia yakin produk bermerek memiliki kualitas baik dan dibuat oleh perusahaan yang reliable. Bagaimanapun, perusahaan terkenal pasti akan berusaha menjaga reputasi dengan tidak mengeluarkan produk di bawah standar. 

Dia juga mengaku brand terkenal dapat membentuk opini orang tentang pribadinya. Pakaian bermerek yang dikenakannya dapat memberikan kesan positif terhadap orang-orang di sekelilingnya. Kesan pertama yang dimiliki seseorang tentang Moms memang secara umum terfokus pada image yang Moms pilih untuk diproyeksikan.

Jika ditarik benang merahnya, nilai-nilai sebuah brand yang Moms gunakan membentuk impresi awal seseorang terhadap Moms.

Sebagai contoh, Babycare adalah produk ibu dan anak yang memiliki 4 brand values yaitu designed with heart, talk to colors, practical aesthetics, dan bertujuan untuk menciptakan delightful arts for babies and parents. Kualitas produk-produk Babycare tentu harus mencerminkan keempat brand values tersebut. Botol susu, bantal bayi, wadah makanan, stroller, dan produk lain dari Babycare memiliki karakteristik indah tetapi kuat, mendukung perkembangan si Kecil dengan menawan, serta terasa keunikan bedanya dengan produk lain. Orang-orang yang melihat Moms menggunakan produk ini pun jadi mendapat kesan Moms adalah seseorang yang efisien dalam berkegiatan tetapi tetap mengutamakan keindahan.

Dengan menggunakan produk tersebut, Moms berhasil menggabungkan style dan comfort sehingga tidak ada lagi dilema dalam memilih. Pada akhirnya, tujuan utama Moms dalam memilih suatu produk, entah itu perlengkapan bayi atau lainnya, adalah sebisa mungkin mengakomodasi semua kebutuhan dan keinginan Moms, betul tidak?

Referensi: BabycareChrissa Reed BlogFaze

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2254 Babycare Indonesia

Comments

Related Stories