Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Stimulasi Bayi 9 Bulan Belum Bisa Apa-Apa

HEALTH TIPS  |  PARENTING  |  25 Jan '18

Setelah menjalani proses persalinan, Moms tentunya akan selalu memperhatikan setiap tumbuh kembang sang bayi. Tidak ada satu bulan pun terlewatkan dimana Anda akan begitu perhatian terhadap pertumbuhan bayi. Tumbuh kembang bayi setiap bulan selalu mengalami peningkatan yang terbilang cukup drastis. Akan tetapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa tumbuh kembang bayi bisa mengalami masalah, seperti salah satu contohnya yaitu bayi umur 9 bulan masih belum bisa apa-apa.

Orang tua akan sangat berharap kalau bayi umur 9 bulan sudah bisa duduk dan merangkak. Namun tidak semua bayi bisa melakukan hal ini. Sebaiknya Moms jangan terlalu khawatir dengan keadaan ini, karena setiap bayi mempunyai variasi yang berbeda-beda untuk bisa tumbuh dan berkembang. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan bayi tidaklah terjadi begitu saja dan hal ini juga dipengaruhi oleh peranan orangtua untuk membantu merangsang pertumbuhannya. 

Pada umumnya, bayi berusia 9 bulan sudah bisa melakukan berbagai hal seperti duduk sendiri, mulai belajar berdiri, merangkak, memungut benda, memindahkan benda dari tangan ke tangan, bersuara yang belum jelas dan tanpa arti, bisa mencari mainan yang dijatuhkan, tepuk tangan atau ciluk ba, makan kue sendiri. Untuk bisa membantu merangsang pertumbuhan bayi, orangtua bisa melakukan stimulasi secara rutin.

Berikut ini adalah stimulasi yang dapat Anda lakukan:

  1. Meletakkan mainan
    Agar bayi bisa merangkak, bunda bisa meletakkan mainan yang disukainya dengan menempatkan diluar jangkauannya. Usahakan bayi agar mau merangkak ke arah mainan yang disimpan dengan bantuan kedua lutut dan tangannya.
  2. Menarik bayi ke posisi berdiri
    Cara ini tentunya dilakukan dengan lembut, orangtua bisa menarik bayi ke posisi berdiri dari posisi awalnya misalkan dari duduk. Jika hal ini belum bisa dilakukan, bunda bisa menempatkan bayi dekat dengan benda kokoh atau kuat yang bisa dipegang dimana bayi akan mulai berpegangan pada benda tersebut untuk berdiri.
  3. Bantu bayi untuk berjalan
    Orangtua bisa memberikan bantuan pada bayi untuk berjalan, caranya yaitu dengan memegang kedua tangannya untuk membantu berjalan. Bujuk dan buatlah bayi untuk mulai melangkahkan kakinya.

Itulah beberapa stimulasi untuk bayi umur 9 bulan masih belum bisa apa-apa. Dengan stimulai ini maka bayi akan lebih terbantu untuk melakukan hal yang seharusnya sudah sesuai dengan umurnya. Peranan orangtua sangatlah penting dalam tumbuh kembang bayi, untuk itu pintar-pintarlah dalam membantu Si Kecil untuk tumbuh kembang dengan baik.

By: Babyologist Editor 

BACA JUGA: Faktor Penyebab ADHD

6625 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories