Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Steam Sterilizer atau UV Sterilizer? Yang Mana, Nih, yang Cocok untuk Moms?

BRANDS  |  FEEDING  |  MY STORY  |  REVIEWS  |  18 Mar '21


Segala macam perlengkapan bayi harus selalu steril agar si Kecil tak berisiko terkena penyakit lantaran sistem imunnya yang belum berkembang sempurna. Di sinilah, peran sterilizer sebagai salah satu perlengkapan bayi dinilai esensial. Botol susu, dot, peralatan makan, hingga mainan si Kecil memang bisa disterilkan dengan cara tradisional yaitu direbus di air yang mendidih. Namun, cara ini memiliki banyak kekurangan di antaranya membutuhkan waktu lama hingga merusak bentuk perlengkapan si Kecil tersebut. Solusi yang tepat adalah dengan menggunakan sterilizer, ya, Moms!

Ada dua jenis sterilizer menurut teknologi cara sterilisasinya yaitu steam sterilizer dan UV sterilizer. Keduanya memiliki perbedaan fitur dan kelebihan masing-masing. Meski sama-sama direkomendasikan untuk mensterilkan perlengkapan si Kecil, tentu Moms ingin memilih jenis sterilizer mana yang lebih cocok untuk lifestyle Moms, kan? Yuk, kita cari tahu apa perbedaan fitur dan kelebihan dari masing-masing tipe sterilizer tersebut.

Steam sterilizer, sesuai dengan namanya, menggunakan metode uap untuk membersihkan bagian-bagian botol susu, peralatan makan, dan mainan si Kecil. Teknologi ini lebih canggih dan aman daripada merebus.

Kelebihan steam sterilizer jika dibandingkan dengan UV sterilizer

Lebih hemat biaya

Perangkat steam sterilizer lebih murah daripada UV sterilizer karena menggunakan teknologi uap yang lebih sederhana.

Bisa dipakai kapan saja

Steam sterilizer bisa dipakai kapan saja dan di mana saja karena bentuknya yang compact.

Mudah ditemukan

Ketersediaan produk steam sterilizer juga lebih banyak daripada UV sterilizer sehingga Moms mudah menemukannya di toko elektronik dan toko perlengkapan bayi.

Kekurangan steam sterilizer jika dibandingkan dengan UV sterilizer

Kurang efisien

Untuk mengoperasikan steam sterilizer, Moms memerlukan air bersih atau air matang sesuai takaran. Waktu mensterilkannya juga lebih lama daripada UV sterilizer.

Kurang instan

Moms harus menunggu peralatan yang sudah steril hingga dingin dan mengeringkannya terlebih dahulu sebelum hendak dipakai. Moms juga perlu mengelap bagian dalam sterilizer dari sisa-sisa uap air ketika mesin telah dingin agar mesin lebih awet.

Sebaiknya digunakan untuk mensterilkan peralatan tahan panas

Sebaiknya, Moms tidak memasukkan perlengkapan yang terbuat dari material tidak tahan panas ke mesin sterilizer. Jika material tak tahan panas terus-menerus disterilisasi dengan menggunakan steam sterilizer, ada kemungkinan peralatan si Kecil meleleh.

Di sisi lain, proses sterilisasi di UV sterilizer menggunakan sinar UV yang canggih. Produk ini lebih praktis dipakai sehingga cocok untuk working Moms.

Kelebihan UV sterilizer jika dibandingkan dengan steam sterilizer

Lebih hemat waktu

Siklus sterilisasi peralatan si Kecil dengan menggunakan UV sterilizer lebih singkat daripada steam sterilizer. Ini tentu sangat cocok bagi working Moms yang hanya punya waktu sedikit untuk mempersiapkan susu buat si Kecil sebelum berangkat ke kantor.

Hasil sterilisasi kering

Tidak seperti hasil sterilisasi steam sterilizer yang harus menunggu dingin dan dikeringkan manual, hasil sterilisasi dari UV sterilizer kering sehingga dapat langsung Moms gunakan misalnya langsung membuat susu untuk si Kecil.

Bisa untuk peralatan tak tahan panas

Teknologi sinar UV bisa untuk mensterilkan benda-benda yang tidak dapat terpapar panas seperti plastik dan sebagainya.

Tidak menggunakan air untuk pengoperasiannya

Karena menggunakan teknologi sinar UV, Moms tidak perlu menambahkan air seperti ketika menggunakan steam sterilizer. Ini tentu membuat perangkat menjadi lebih praktis digunakan dan tidak meninggalkan residu air yang harus dilap.

99,99% mampu membunuh bakteri dan virus

Sinar UV dipercaya mampu membunuh 99,99% bakteri dan virus yang ada pada perlengkapan si Kecil sehingga benar-benar bersih ketika selesai disterilkan.

Kekurangan UV sterilizer jika dibandingkan dengan steam sterilizer

Perangkat lebih mahal

Secara umum, harga perangkat UV sterilizer lebih mahal daripada steam sterilizer karena menggunakan teknologi yang lebih canggih dan terbaru.

Ribet jika hendak dibawa bepergian

Karena ukurannya yang besar, UV sterilizer tidak praktis dibawa bepergian. Perangkat ini jadi tidak cocok untuk Moms yang sering bepergian dengan si Kecil.

Siapa yang cocok menggunakan steam sterilizer?

Pada dasarnya, kedua jenis mesin sterilizer ini sama-sama bagus digunakan dan memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Hanya saja, steam sterilizer akan lebih cocok digunakan untuk keluarga dengan gaya hidup yang sederhana dan senang traveling. Steam Sterilizer juga dapat memastikan seluruh badan botol dari luar hingga dalam bersih dari kuman dan bakteri. Hal ini dikarenakan pada saat siklus Steam Sterilizer selesai, Moms dapat melihat di bagian dalam botol susu adanya sisa-sisa uap air. 

Siapa yang cocok menggunakan UV sterilizer?

Para ibu dengan jam kerja tinggi di kantor membutuhkan UV sterilizer yang lebih praktis dan cepat untuk mensterilkan peralatan si Kecil. Perangkat ini juga lebih cocok digunakan keluarga yang ingin semua perabotan rumah tangga lebih terjamin kehigienisannya.

Dari sekian banyak produk sterilizer, Dr. Brown’s Clean Steam Bottle Sterilizer and Dryer menawarkan kemudahan sterilisasi sekaligus tempat menyimpan peralatan si Kecil agar tetap steril. Perangkat ini juga dilengkapi dengan HEPA Filter, satu fitur yang tidak ada di sterilizer lain, yang memastikan peralatan si Kecil bebas debu, alergen, dan kuman penyakit.

Apa yang membuat Moms memilih Dr. Brown's Clean Steam Bottle Sterilizer and Dryer?

Steam Sterilizer dan HEPA Filter memastikan hasil sterilisasi bersih maksimal

Dr. Brown’s Clean Steam Bottle Sterilizer and Dryer dilengkapi dengan HEPA filter yang dapat menyaring udara hingga 95% ketika proses pengeringan botol susu dan perlengkapannya.

Proses sterilisasi lebih cepat dan efisien

Satu siklus proses sterilisasi hingga pengeringan hanya membutuhkan waktu 9 menit, lebih cepat daripada steam sterilizer pada umumnya. Maka dari itu, perangkat ini juga cocok digunakan untuk working Moms yang harus mempersiapkan segala kebutuhan si Kecil dalam waktu singkat. Hasil sterilisasi tetap bersih dan tetap steril hingga 24 jam dengan adanya HEPA filter.

Tidak ada sisa uap air panas dengan dilengkapi oleh dryer (pengering)

Tidak seperti steam sterilizer kebanyakan, produk sterilizer dari Dr. Brown’s ini sudah dilengkapi dengan pengering dan sudah otomatis bekerja dalam satu kali siklus sterilisasi. Moms jadi tidak perlu menunggu perlengkapan si Kecil dingin untuk mengelapnya sebelum menggunakannya seperti halnya produk merek lain.

Wadah luas dan tempat untuk sterilisasi perlengkapan si Kecil

Wadah sterilizer cukup untuk menampung hingga 6 botol susu ukuran Standard Neck maupun Wide Neck. Dilengkapi juga keranjang aksesori untuk meletakkan pernak-pernik seperti tutup botol, dot, teether, dan pacifier. Wadah ini bisa digunakan untuk menyimpan hasil sterilisasi sehingga tetap bersih dan steril.

Tidak merusak botol

Sterilisasi botol susu dengan teknik uap mampu membunuh bakteri dan jamur hingga 99,9% serta tetap menjaga ketahanan dan kualitas botol susu. Tingkat pemanasannya pun teratur di 80°C. Hal ini yang dapat membedakan botol susu yang direbus di air mendidih dengan botol susu yang disterilisasi dengan steam sterilizer.

Dilengkapi dengan gelas ukur

Satu set pembelian Dr. Brown’s Clean Steam Bottle Sterilizer and Dryer sudah termasuk gelas ukur sehingga Moms bisa menuangkan air sesuai dengan takaran. Sterilizer juga telah dirancang agar Moms mudah menuangkan air untuk sterilisasi uap.

Mudah dilepas-pasang

Dr. Brown’s Clean Steam Bottle Sterilizer and Dryer memiliki bagian-bagian yang mudah dilepas-pasang sehingga praktis untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat memudahkan Moms dalam membawa Sterilizer untuk bepergian.

Bagaimana, Moms? Sudah menentukan pilihan terbaik untuk sterilizer perlengkapan si Kecil?

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4873 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories