Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sleep Training (Newborn-6 Months)

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  28 Mar '19

Hai Moms, kali ini saya akan sharing pengalaman saya tentang pola tidur bayi. Bagaimana agar bayi tidur nyenyak dan teratur? Kualitas tidur bayi dan balita sangat penting bagi pertumbuhan otaknya. Apalagi usia di bawah 3 tahun adalah periode emas ketika otak anak dapat berkembang dengan pesat terutama saat tidur. Pola tidur yang baik akan membantu kita sebagai orang tua dalam menjalani aktivitas sehari-hari tanpa kantuk akibat jam tidur anak yang berantakan. Bayi baru lahir atau newborn kegiatan utamanya adalah tidur. Namun tahukah Moms, newborn baby juga harus mulai dikenalkan siang dan malam dengan bantuan kita tentunya, karena mereka belum dapat membedakannya.

Pola tidur bayi 0-3 bulan

Masa ini adalah masa penyesuaian baik untuk bayi dan kita sebagai orang tua. Mungkin jika diperhatikan bayi hanya bisa tidur, menyusu, menangis, BAK dan BAB. Banyak Moms yang senang menggendong bayi pada masa ini. Menggendong anak itu sangat baik, karena bisa memberikan kenyamanan pada bayi dan membangun bonding antara ibu dan bayi. Tapi usahakan jangan menggendong bayi di dekat jam tidurnya. Misalnya kita ingin anak kita tidur jam 8 malam, letakkan bayi di kasur sembari disusui sampai tertidur. Itu cara saya agar bayi tidak terbiasa minta digendong saat akan tidur. Tapi, kebiasaan ini membuatnya harus menyusu setiap kali akan tidur dan menyusu sampai tertidur. Lepaskan PD ketika bayi terlelap. Tidur sambil menyusu lama juga tidak baik untuk kebiasaannya.

Cara simple saya adalah sebagai berikut:

Mandikan bayi di atas jam 5 sore. Karena bayi menggunakan air hangat, maka hal tersebut tidak ada masalah. Ketika akan tidur, redupkan lampu. Kecilkan suara, atau nyanyikan lagu pengantar tidur agar pelan-pelan bayi mengenal rutinitas tidurnya. Bisa juga dengan massage bayi perlahan agar nyaman. Ketika bayi terbangun di tengah malam, cek popok atau diapernya. Tepuk-tepuk pelan, tawari untuk menyusu. Jangan langsung digendong. Pengalaman anak saya saat usia di bawah 3 bulan masih beberapa kali terbangun di tengah malam, tapi itu tidak berlangsung lama ketika saya menerapkan cara di atas. Pada pagi hari, biasanya jam 7 pagi saya buka jendela kamar, membiarkan sinar matahari masuk dan buat anak terbiasa dengan suasana aktivitas pagi (suara TV, orang memasak, bunyi kendaraan di depan rumah, dsb). Cara simple ini bisa diterapkan sampai usia 6 bulan. Berikutnya saya akan membagikan cara saya menidurkan bayi 6 bulan ke atas dan menjaga pola tidur bayi dengan teratur.

Jadwal bayi 0- 6 bulan:

07.00 Bangun pagi
08.00 Mandi, beri ASI
10.00-13.00 Tidur, beri ASI
13.00 Berikan ASI
14.00-15.00 Bermain dengan bayi, ajak bicara, dll
15.00-17.00 Tidur, Beri ASI
17.00 Mandi sore
18.00 Berikan ASI sambil menunggu Ayah pulang
19.00-20.00 Gendong, main bersama Ayah, ASI
20.00-23.00 Tidur, terbangun berikan ASI

Terbangun malam hari sangat berbeda satu hari dengan hari lainnya. Bisa jadi bayi terbangun 1x, bisa 2x, tapi untuk anak saya tidak pernah terbangun lebih dari 3x. Susui bayi 2 jam sekali saat newborn. Setelah 3 bulan susui bayi ketika minta saja.

Dengan cara ini, waktu tidur bayi sangat cukup, yaitu 0-3 bulan kurang lebih 14-18 jam setiap harinya. Sedangkan 3-6 bulan sekitar 11-14 jam. Perlu diketahui bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi emosional anak. Bayi akan sering menangis dan susah ditenangkan. Dapat pula memunculkan perilaku agresif di usia bayi yang lebih tua. Namun sekali lagi, setiap bayi berbeda. Kita sebagai ibu baru mungkin akan tertekan dengan kebiasaan ini. Namun, effort di awal lebih baik daripada terlambat membiasakan sesuatu hal yang baik. Semangat para new Moms! Jadikan tidur bayimu sebagai sesuatu yang berharga.

 

Semoga bermanfaat.

By: Bitania Murda

Copyright by Babyologist

2031 Bitania Murda

Comments

Related Stories