Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Simak Tips ini Agar si Kecil Tidak Mengalami Sembelit di Awal MPASI-nya

MY STORY  |  06 Nov '20


Saat si Kecil genap menginjak usia 6 bulan, pasti sebagai orang tua kita sangat senang sekali. Berbagai kebisaan yang sedang si Kecil kembangkan saat berada di usia masa emasnya, seperti mulai bisa mengoceh, mulai mengangkat kepala, mulai mampu duduk tegak, ataupun merangkak. Bertepatan dengan itu, usia 6 bulan juga dianggap usia yang paling ideal untuk mulai memperkenalkan si Kecil dengan berbagai makanan dan minuman.

Memberikan MPASI atau Makanan pendamping ASI untuk si Kecil, seringkali menjadi tantangan tersendiri apalagi bagi ibu baru. Seperti pengalaman yang pernah Salma, anak saya alami. Di saat usianya tepat 6 bulan, saya mulai memberikan makanan pertamanya. Saat itu, saya memilih bubur beras putih sebagai menu pertamanya, si Kecil makan sangat lahap tapi yang tidak saya sadari adalah jumlah, frekuensi, dan tekstur pemberian MPASI yang benar seperti apa. Benar saja, setelah beberapa hari si Kecil pun mengalami sembelit yang lumayan bikin panik. fesesnya berubah yang tadinya lunak kini jadi keras. Karena tidak nyaman, ini membuat si Kecil sangat rewel saat itu.

Ya, ternyata MPASI bukan perkara mainmain, salahsalah pemberian beginilah akibatnya. Selain jumlah, tekstur dan frekuensi ada satu hal lagi yang perlu Moms ketahui yaitu pertolongan pertama saat si Kecil mengalami sembelit. Nah berikut, beberapa tips MPASI yang dapat Moms simak di bawah ini..

  1.     Perhatikan jumlah dan tekstur MPASI si Kecil, karena ini akan sangat berpengaruh pada feses si Kecil.
  2.     Cukupi kebutuhan air dalam tubuh si Kecil, Moms dapat memberi si Kecil air putih atau rebusan kuah sup dan sayur.
  3.     Tetap lanjutkan pemberian ASI, karena ASI memiliki kandungan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.
  4.     Pilih susu formula yang tepat untuk si Kecil, agar tidak memberikan efek sembelit akhirnya.
  5.     Berikan pijatan membentuk hati di perut si Kecil atau pijatan mengikuti huruf ILU serta menekan perut si Kecil dengan paha kiri dan kanan nya sambil membuat gerakan menggowes secara bergantian.
  6.     Berikan Buah. Orang dulu bilang saat pertama kali memberi MPASI adalah dengan buah pisang, itu merupakan cara agar pencernaan si Kecil tidak kaget dan mudah dalam mencerna MPASI yang akan diberikan.

Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi si Kecil agar terhindar dari sembelit yaitu

  •          Pepaya

Buah yang satu ini, menjadi cara pamungkas saat orang dewasa mengalami sembelit, nyatanya ini pun juga berlaku untuk si Kecil. Kandungan serat yang dimiliki oleh buah pepaya sangat baik untuk melunakan feses.

Moms dapat menyaringnya dengan kawat atau memblender hingga halus untuk si Kecil.

  •          Pir & Apel

Buah pir dan apel samalsama memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sangatlah baik untuk pencernaan si Kecil. Moms dapat mengkukus terlebih dahulu buah ini agar lebih lunak, kemudian saring hingga halus segera berikan untuk menu MPASI si Kecil.

  •          Buah naga

Buah berwarna merah muda ini sangat baik untuk si Kecil konsumsi, rasanya yang manis dengan tekstur lunak berbiji sangat baik untuk membantu pencernaan si Kecil. Jangan kaget ya Moms sesaat setelah si Kecil mengonsumsi buah naga, feses si Kecil pun akan berubah menjadi warna mera muda pula.

Meski begitu, seringkali si Kecil menolak untuk diberikan MPASI ya Moms, mungkin salah satunya karena si Kecil ingin mengeksplor makanan yang sedang ia konsumsi. Nah, jangan dilarang ya Moms, solusinya Moms hanya perlu mempersiapkan peralatan MPASI yang dapat si Kecil pegang sendiri. Dr.Brown's Fresh Fruit Silicone Feeder hadir untuk mempermudah si Kecil dalam mengonsumsi MPASI. Bentuknya yang di desain menyerupai pacifier dilengkapi pula dengan bulb penyaring makanan yang akan memberikan pengalaman tersendiri untuk si Kecil ketika dapat beradaptasi untuk menyapih makanannya sendiri. Dengan penggunaan Silicone Feeder Dr.Brown's, secara tidak langsung Moms sedang mengajarkan si Kecil untuk memakan makanannya sendiri. Memang semua produk yang dihadirkan oleh Dr.Brown's selalu dirancang dengan baik untuk kebutuhan tumbuh kembang si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

53 Risya Nur Amalia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Breastpump Berdee, Jodohnya Working Moms

Salah satu tips praktis memompa ASI di kantor adalah melakukan eping (ekslusif pumping) untuk si Kecil dengan bantuan pompa ASI.

Mengintip Kelebihan Pompa Asi Dual Motor Berdee Sahabat Baru Moms Eping

Memompa ASI adalah salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan sebagian Moms untuk mengosongkan payudara agar produksi ASI tetap terjaga.

Sebelum Kembali Bekerja, Busui Harus Siapkan Hal-hal Berikut

Dalam kesempatan ini, saya ingin membagikan Tips Praktis Memompa ASI di Kantor buat working Moms sekaligus pejuang ASI eksklusif:

Kiat Sukses Pumping ASI di Kantor ala Working Moms

Yuk, simak tips penting agar sukses ASI di kantor ala Moms Palo berikut.

Busui Kembali Bekerja? Ini Dia Tips Efektif Memompa ASI di Kantor

Sebelum menjalani kegiatan sebagai busui, siapkan fisik dan mental terlebih dahulu, ya, Moms.

Simak Bagaimana Working Moms Tetap Praktis Memompa ASI di Kantor

Nah, saat ini tetap banyak para working Moms yang tetap berjuang memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. Bagaimana caranya?

Memilih Pompa ASI Yang Tepat! Tips Praktis Pumping Di Kantor

Working Moms bisa melakukan ekslusif pumping (eping) agar bisa memenuhi hak ASI si Kecil sampai usia 2 tahun.

Pompa ASI Berdee S1, Jadi Tips Praktis Pumping Untuk Working Moms

Saat masa cuti melahirkan akan habis dan Moms harus kembali bekerja, banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi jika Moms ingin tetap [...]

Tumbuh Kembang Ideal si Kecil 1-3 Tahun, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Anak usia 1 hingga 3 tahun sedang memasuki masa keemasan pertumbuhan otak. Di masa ini, kemampuan

Pompa ASI Berdee Solusi Praktis Pumping di Kantor

Tahukah Moms, bahwa prinsip produksi ASI adalah supply and demand? Semakin sering menyusui/memompa ASI, maka produksi ASI pun akan semakin lancar.

Tips Praktis Memompa ASI Di Kantor Agar Sukses MengASIhi

Menjadi working Moms yang sedang mengASIhi itu memang memiliki tantangan tersendiri. Moms harus membagi waktu antara bekerja dan bagaimana tetap [...]

Semangat MengASIhi Walaupun Tetap Bekerja

Perlu diketahui, dengan melakukan pumping berarti payudara akan cepat kosong, maka ASI pada payudara akan cepat diproduksi kembali. Ingat, [...]

Sukses Pumping Di Kala WFO Ala Working Moms

Di tengah padatnya pekerjaan, Moms masih harus menyempatkan waktu untuk pumping agar kebutuhan ASI Si Kecil tetap terpenuhi. Bagaimana, ya, cara [...]

Si Kecil Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya!

Pernahkah Moms menemui kendala si Kecil susah makan? Masalah ini ternyata merupakan salah satu dari

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor untuk Working Moms

Untuk memenuhi kebutuhan ASI si Kecil, terutama bagi working Moms, perlu media yang bisa membantu para working Moms untuk tetap memberikan ASI [...]

Menjaga Kualitas Tidur Dengan Drew Air Purifier agar tidak Mudah Stres

Tahukah Moms bahwa stres menjadi salah satu pemicu timbulnya toxic parenting?

Tetap Waras Selama di Rumah Aja, No More Stress!

Dengan Drew Air Purifier, Moms bisa menciptakan udara segar di dalam ruma sehingga Moms sekeluarga dapat bernapas lebih baik.

Tips Hindari Toxic Parenting Ala Ibuk Fiersa

Pernah gak sih terlintas di benak Moms, bahwa si Kecil harus tumbuh menjadi seperti apa yang Moms mau?

Caraku Menghindari Toxic Parenting di Keluarga Kecilku

Apa sih sebenarnya toxic parenting itu? Apakah kita bisa menghindarinya?

Tips Menghindari Toxic Parenting

Bagaimana tips menghindari toxic parenting?