Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Simak Berbagai Alternatif Tabungan Khusus Anak Berikut!

MY STORY  |  PARENTING  |  22 Feb '20


Menabung. Kata tersebut simpel tetapi ternyata menabung tidak sesimpel itu bagi sebagian orang. Orang yang berkomitmen untuk menabung harus memiliki niat dan tekad kuat serta harus terus konsisten. Menabung seharusnya wajib dilakukan baik oleh yang belum berkeluarga maupun yang sudah menjadi orang tua. Para orang tua memiliki tanggung jawab yang semakin besar karena harus menghidupi diri sendiri dan keluarga.

Bagaimana dengan Moms? Sebagai bendahara keluarga, apakah Moms sudah membiasakan diri untuk menabung. Bagus jika Moms sudah terbiasa menabung. Kalau belum, ayo segera memulainya.

Bicara soal menabung, para orang tua milenial banyak sudah memilih alternatif tabungan khusus anak untuk masa depan anak-anak mereka. Beberapa orang tua memilih tabungan anak dikhususkan untuk kebutuhan anak sementara lainnya memisahkan tabungan kebutuhan anak dengan pendidikan anak. Semua pilihan itu tergantung pada cara manajemen masing-masing orang tua. Di sini, saya akan membagikan beberapa alternatif tabungan anak. Sebelum menjelaskan tentang berbagai alternatif tabungan anak, Moms harus terlebih dahulu menentukan apakah tabungan ini akan Moms gunakan untuk jangka panjang atau jangka pendek untuk menentukan alternatif terbaik.

  1.    Menabung di Bank

Sekarang, sudah banyak bank yang menyediakan fasilitas tabungan anak dengan bunga yang berbeda-beda. Kelebihan menabung di bank adalah aman, bebas menabung dan mengambil uang kapan saja, dan bebas menentukan nominal yang ingin ditabung. Banyak bank yang menyediakan tabungan anak bebas admin setiap bulan. Akun tabungan ini bisa dipindahtangankan saat anak sudah berusia 17 tahun.

  1.    Deposito

Cara menabung deposito sama dengan cara menabung di bank. Hanya saja, nominal dan fleksibilitasnya terbatas. Deposito mengharuskan kita menyetor uang dengan minimal setoran cukup besar jika dibandingkan dengan menabung biasa. Selain itu, kita tidak bisa sewaktu-waktu mengambil uang. Ada deposito yang memungkinkan kita mengambil setiap 6 bulan sekali, ada yang setahun sekali.

Meski lebih tidak fleksibel jika dibandingkan dengan menabung biasa, bunga deposito lebih besar daripada bunga di akun tabungan biasa. Moms juga lebih disiplin untuk menabung karena tidak bisa langsung diambil begitu saja. Apabila Moms berencana menabung jangka panjang, deposito bisa menjadi alternatif.

  1.    Membeli emas

Dewasa ini banyak orang yang sadar akan pentingnya menabung emas. Mengapa? Kita tak pernah tahu nilai rupiah di mata dunia akan semakin naik atau turun sementara nilai emas cenderung lebih stabil. Selain itu, nilai aset emas dalam 10 tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan nilai mata uang apa pun.

Dengan membeli emas, Moms mempunyai alternatif tabungan yang nilainya lebih stabil bahkan cenderung meningkat. Maka dari itu, jika Moms ingin memiliki tabungan bernilai tinggi di masa depan, Moms bisa mempertimbangkan untuk membeli emas dan meletakkannya di brankas. Agar brankas aman, tanam brankas di dalam tembok di lemari agar sulit dijangkau. Adapun emas yang bisa dibeli adalah perhiasan atau emas batangan antam.

  1.    Tabungan emas

Pegadaian menawarkan tabungan emas. Produk tersebut adalah program menabung uang dalam rangka membeli emas di pegadaian. Sistemnya adalah kita menabung uang tetapi bisa dicairkan dalam bentuk uang atau cetakan emas. Kelebihannya, kita memiliki dua tabungan otomatis yaitu tabungan berbentuk uang dan tabungan emas. Hanya saja, ada biaya terpisah yang harus dibayar per tahun untuk menyimpan emas di tabungan tersebut. Selain itu, kita juga harus membayar sejumlah uang jika ingin mencetak emas. Apabila Moms ingin menabung emas tetapi khawatir menyimpan sendiri dalam brankas, Moms bisa menggunakan alternatif ini.

Nah, itu tadi berbagai alternatif yang bisa Moms pilih untuk memiliki tabungan khusus anak versi saya. Menurut saya pribadi, memiliki tabungan khusus anak adalah hal yang penting. Mengingat semakin banyak dan tinggi nilai kebutuhan jika kita tidak mengatur uang dengan menabung kita bisa lengah dan akhirnya menyesal tidak memiliki tabungan saat membutuhkan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

317 Meidisya Isnaini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.