Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Si Kecil Tidurnya Resah? Bisa Jadi Alergi Tungau Moms!

BRANDS  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  07 Apr '21


Setiap orang tak terkecuali bayi dan balita membutuhkan tidur dengan nyaman untuk memulihkan tenaga. Pada anak-anak, tidur merupakan salah satu faktor terpenting yang membantu tumbuh kembang agar optimal. Tak heran, banyak orang tua dibuat pusing ketika anak-anak mereka tak bisa tidur nyenyak bahkan terlihat tidur dengan resah. Segala cara telah dilakukan orang tua mulai dari memandikan si Kecil sebelum tidur, membacakan buku cerita, menyalakan lampu tidur, dan memasang kelambu agar si Kecil tidak digigit nyamuk.

Tanda-tanda si Kecil tidur tidak nyaman karena alergi tungau

Meski telah melakukan hal-hal tersebut, ada kalanya si Kecil tidurnya resah, rewel, sehingga mengakibatkan istirahat orang tua terganggu. Apabila Moms mendapati si Kecil resah saat tidur dan kulitnya terlihat merah serta gatal-gatal, bisa jadi si Kecil alergi tungau. Ruam-ruam gatal karena tungau bisa menyebabkan kulit si Kecil melepuh atau benjol berisi nanah. Hewan berukuran kecil tersebut bisa terdapat di mana saja terutama di tempat tidur karena mereka bertahan hidup dengan cara memakan sisa kulit mati dan ketombe manusia. Reaksi alergi tungau pada anak disebabkan karena dia menghirup hewan mikroskopis ini, baik yang masih hidup maupun sudah mati, sehingga masuk ke dalam tubuh.

Gejala umum alergi tungau

Tungau merupakan salah satu jenis penyebab alergi paling umum. Penderita alergi kadang tidak menyadari bahwa bersin-bersin yang dialaminya disebabkan karena tungau debu. Jika tidak diatasi, gejala alergi ini bisa mengganggu sistem pernapasan terutama pada penderita radang sinus dan asma. Maka, Moms perlu tahu beberapa gejala alergi tungau debu pada anak berikut ini:

  • Ruam merah
  • Gatal-gatal
  • Bersin-bersin
  • Hidung mampet
  • Hidung meler
  • Batuk-batuk
  • Bengkak berwarna kebiruan di bawah mata
  • Susah tidur
  • Napas terdengar nyaring (mengi)
  • Kulit melepuh/benjol berisi nanah

Moms tentunya tidak ingin si Kecil terusik karena tungau debu. Selain menyebabkan alergi, tungau juga bisa memicu penyakit lain seperti penyakit kulit dan pernapasan. Yuk, cari tahu apa saja yang bisa Moms lakukan untuk mencegah tungau!

Tips mencegah si Kecil alergi karena tungau

1. Hindarkan si Kecil dari kontak fisik orang yang terkena scabies

Scabies atau kudis merupakan penyakit kulit yang bisa menjangkit semua kalangan. Penyakit kulit ini bersifat sangat menular sehingga Moms harus menghindarkan si Kecil dari kontak dengan penderita scabies.

2. Cuci pakaian dan perlengkapan tidur dalam air panas

Cucilah pakaian, selimut, sarung bantal dan guling, seprai, dan handuk dalam air panas. Langkah ini akan membantu mempercepat matinya kuman-kuman penyakit termasuk tungau debu. Setelah dicuci, keringkan di tempat yang panas.

3. Sterilkan barang-barang yang tidak dapat dicuci

Selama minimal 3 hari, masukkan boneka dan barang-barang lain yang tidak dapat dicuci dalam kantong plastik tertutup setelah disterilkan.

4. Pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik

Penyebab utama tungau suka hinggap di perabotan rumah tangga adalah karena lingkungan yang kotor. Karena itu, pastikan bahwa udara dapat keluar masuk dengan mudah melalui jendela dan lubang ventilasi.

5. Bersihkan tempat tidur si Kecil dengan UV Vacuum

Selain mengganti sprei, sarung bantal dan guling, serta selimut si Kecil secara teratur, Moms juga perlu membersihkan tempat tidurnya hingga benar-benar steril dengan menggunakan UV vacuum.

Untuk meringankan kerja Moms sekaligus menjamin tempat tidur bersih, Moms dapat menggunakan Umeda WAKU UVC-Dust Mite vacuum cleaner. Penyedot debu dari Jepang ini sangat cocok untuk membersihkan tempat tidur, bantal, guling, sprei, sofa, dan karpet.

Teknologi sinar UV tipe C yang dipunyai Umeda WAKU dapat mensterilkan permukaan, membunuh 99,97% kuman penyakit, menyedot debu, kotoran, rambut, dan tungau. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak merusak permukaan kain atau seprai ketika digunakan. Ukuran handle-nya ergonomis sehingga mudah digenggam dengan tangan, praktis namun tetap stylish dengan pilihan warna putih dan merah muda.

Umeda WAKU adalah pilihan paling pas untuk bersih-bersih sehari-hari. Dilengkapi kabel sepanjang 5 meter, alat ini cocok untuk membersihkan ruangan tanpa harus terus-menerus memindahkan colokan.  Penyedot debu ini memiliki 3 layer filter yaitu stainless steel filter, HEPA filter, dan black sponge filter; suction power 12.000 PA; dan tapping rate 8000 BPM sehingga sangat efektif memberantas kotoran penyebab alergi. Terbuat dari ABS high durability material, Umeda WAKU dijamin lebih awet daripada pembersih debu serupa. Selain untuk membersihkan kasur dan sofa, Umeda WAKU juga bisa digunakan untuk membersihkan alas stroller dan car seat. Di samping tenaganya yang kuat untuk membersihkan perabotan rumah tangga, ukuran penyedot debu ini compact sehingga mudah dibawa ke mana-mana. #CleanSmartWithUmeda

Bebaskan si Kecil dari alergi tungau dengan melakukan tips di atas. Mulailah #WAKUjourney Moms & keluarga dengan rutin membersihkan tempat tidur menggunakan Umeda WAKU UVC-Dust Mite vacuum cleaner #WAKUmausehat. Ajak pula keluarga, sahabat, dan kenalan Moms gabung #teamUMEDA dengan memberikan Umeda WAKU sebagai kado kawinan, lahiran, pindahan rumah, atau ulang tahun.

Referensi: Alodokter, Halodoc, Hello Sehat

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

173 Umedalife Indonesia

Comments