Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Siapa Bilang Anak Kecil Tidak Bisa Mandiri? Bisa Kok

MY STORY  |  PARENTING  |  29 Jan '20


Mandiri, salah satu sikap yang sudah menjadi target saya untuk diajarkan ke anak. Kemandirian harus diterapkan sedini mungkin ke anak. Tidak harus menunggu sampai anak dewasa dan mengerti. Justru orang tua harus membuat anak-anak mengerti tentang arti dan penerapan sikap mandiri dalam dirinya.

Mengajarkan kemandirian bukan berarti membiarkannya melakukan sendiri tanpa pengawasan, tapi lebih kepada melatih secara pelan-pelan sebisanya anak-anak. Jika kita melihat mereka butuh bantuan, baru deh kita membantunya. Tapi tidak perlu membantu keseluruhan, tetap itu jadi opsi terakhir.

Melatih anak tentu harus perlahan dan mulai dari hal-hal kecil. Saya belajar dari pengalaman saya sendiri, ibu saya membesarkan 8 orang anaknya dengan sangat tegas dan menitikberatkan pada kemandirian. Alhasil Alhamdulillah sekarang anak-anaknya terbiasa untuk mandiri. Pengalaman ini yang saya terapkan ke anak saya yang pertama.

Beberapa cara yang biasa saya lakukan dalam mendidik si kakak untuk lebih mandiri antara lain:

1. Mengajarinya makan sendiri

Sangat penting melatih anak untuk makan sendiri. Dengan makan sendiri, bisa mengasah kemampuan motorik dan sensorik nya. Terkadang anak-anak menolak makan hanya karena maunya disuap, tidak mau makan sendiri.

2. Melatih untuk mandi dan membersihkan diri setelah BAK adan BAB

Saya sudah melatih si kakak untuk mandi sendiri. Tapi tetap didampingi karena biasanya dia akan keasyikan bermain air dan sabun. Walaupun awalnya mungkin tidak terlalu bersih tapi sebagai orangtua tetap harus kita hargai dan memujinya sambil mencontohkan yang benar. Begitupun dengan membersihkan diri sehabis BAK dan BAB, kalo yang ini saya agak ragu sih sebenarnya untuk kebersihannya tapi saya tetap melatihnya lalu membersihkan ulang kembali. Awal diajar, si kakak kegirangan, dianya nyeletuk "Ma, saya sudah pintar cebok sendiri"

3. Mengajarkan untuk selalu membereskan mainannya setelah digunakan

Hmmmm, ini dia yang sering buat kepala mumet ketika rumah sudah dibersihkan tiba-tiba si kecil malahan membuatnya berantakan dengan menghamburkan mainannya. Perlu sabar berpuluh-puluh kali kayaknya. Hehehe. Hal ini jangan dibiasakan, kita harus mengajarkannya untuk merapikan mainannya setelah digunakan. Sekalipun biasanya anak-anak menolak tapi harus konsisten dilatih. Mengajarkan anak untuk tahu tentang kerapian dan ketertiban itu juga sangat penting. Jika dilihat memang biasa saja tapi itu bisa jadi pelajaran jika suatu saat mereka telah dewasa.

4. Membiarkannya memilih pakaian dan memakainya sendiri

Ada fase dimana anak-anak tidak suka memakai pakaian yang orangtuanya pilihkan. Maunya mereka saja yang pilih. Maunya mereka saja yang pakai. Walaupun terkadang pilihannya membuat kita jadi ngakak karena warna atasan dan bawahan yang nggak matching sama sekali tapi begitulah dunianya mereka. Colourful. Sekarang anak saya sudah pandai memakai baju dan hijab sendiri. Cuman pemilihan bajunya yang masih harus dikoreksi.

5. Minta tolong ke anak untuk membeli sesuatu di toko

Awal minta tolong ke kakak waktu itu saya cuman bertiga di rumah. Bingung mau ninggalin adik sama kakak berdua tapi takutnya lebih banyak. Akhirnya saya minta tolong ke kakak untuk dibeliin minyak goreng. Kebetulan warungnya dekat rumah, punya tetangga. Dan si kakak berhasil. Setelah itu, saya jadi sering minta tolong. Yang saya suka karena setiap ada kembaliannya, dia mengembalikan semuanya. Sampai di rumah baru biasanya diminta. Point nya adalah anak secara tidak langsung belajar tentang tanggung jawab.

6. Mengajak anak untuk membantu pekerjaan di rumah

Anak sebaiknya dilatih untuk tahu yang namanya kerja keras. Minimal di dalam rumah terlebih dahulu. Anak saya sering saya libatkan ketika masak, ketika mencuci pakaian ataupun melipat pakaian. Dia paling suka jika diajak melipat pakaian miliknya, meskipun belum terlalu rapi tapi harus tetap dihargai. Biar dia mau belajar terus.

Mendidik anak untuk mandiri sangat bermanfaat untuk masa depannya kelak. Anak yang mandiri akan terlatih untuk tidak selalu bergantung pada orang lain.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

511 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.