Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

PARENTING  |  TODDLER  |  26 May '19


Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua, khususnya bagi orangtua baru. Pengalaman dan ilmu merawat anak yang kurang dapat membuat orangtua umumnya khawatir cara mengendalikan temperamental anak. Jika si kecil suka melawan, Moms dapat menerapkan cara mengatasi anak keras kepala berikut ini.

Penyebab Sifat Keras Kepala Anak

1. Sikap otoriter orangtua

Orangtua tipe otoriter umumnya merasa serba tahu apa saja yang terbaik untuk anak. Temperamen si Kecil dapat dipengaruhi sikap Moms yang terlalu menekan atau memaksakan kehendak kepadanya. Apalagi, jika Moms memaksakan keinginan Moms tanpa melihat kemampuan dan kondisi si Kecil. Tanpa Moms sadari, si Kecil akan mengembangkan sikap melawan orangtua.

2. Kecil terlalu manja

Jika keinginan si Kecil selalu Moms turuti, dia akan menjadi pribadi yang manja. Dia akan mudah protes dan melawan ketika suatu saat permintaannya tidak dituruti.

3. Hubungan Moms & Dads tidak harmonis

Hubungan pernikahan Moms & Dads sangat memengaruhi emosional si Kecil. Jika hubungan tidak harmonis, hal ini akan memengaruhi pemberian kasih sayang dan perhatian kepada si Kecil. Ujungnya, si Kecil bisa berkonflik dengan kedua orangtuanya.

Cara Mengatasi Sifat Suka Melawan dan Keras Kepala Anak

1. Dengarkan kemauan si Kecil

Kunci untuk mengatasi sifat keras kepala si Kecil adalah menjalin komunikasi yang baik. Dengarkanlah semua cerita, pendapat, dan kemauan si Kecil dengan baik sehingga dia merasa dianggap penting dan didengarkan. Ketika pendapatnya didengarkan, dia akan merasa lebih tenang dan tidak melawan kedua orangtuanya. Luruskan situasi dengan memberikan pengertian kepadanya jika permintaannya belum bisa terpenuhi atau pendapatnya belum benar.

2. Jangan memaksa si Kecil

Anak yang seringkali dipaksa orangtua untuk melakukan atau menerima sesuatu umumnya memberontak. Si Kecil bisa melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dia lakukan sebagai bentuk kekesalan dan perlawanan kepada Moms. Sebaliknya, berikan perhatian dan respon khusus untuk meluluhkan hati si Kecil ya Moms.

3. Berikan si Kecil pilihan

Jangan pernah menunjukkan tanda-tanda kesal, marah, dan frustrasi di depan si Kecil yang sedang melawan kehendak Moms. Sebaliknya, berikan pilihan agar fokus si Kecil teralihkan. Ulangi tawaran ini terus-menerus hingga si Kecil mau menerima.

4. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan

Cara mengatasi anak keras kepala terakhir yaitu menciptakan lingkungan rumah yang menyenangkan. Jangan bertengkar atau berbicara kata-kata kasar di depan si Kecil. Lingkungan rumah yang menyenangkan dapat membawa ketenangan dan menghilangkan sifat keras kepala si Kecil.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1513 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.