Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Si Kecil sudah 14 Bulan tapi Masih Ngiler?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  15 Nov '18

Hi Moms, kali ini aku mau sharing tentang "Wajar apa tidak sih kalau bayi sudah 14 bulan tapi masih ileran?" Nah agak gerah sih dengarnya tiap orang liat Nano ngiler, langsung dicap "maminya ngidam ga kesampean tuh, kasian anaknya masih ngiler."

Moms di sini aku mau jelasin 1 hal bahwa tidak ada kolerasi antara bayi ngiler dan mami ngidam. Lagian waktu saya hamil, saya benar-benar tidak ngidam apa-apa.

Kira-kira kenapa bayi bisa ngiler ya Moms?

Pada dasarnya iler pada bayi di bawah 2 tahun masih normal, karena si bayi belum punya kemampuan yang baik untuk menelan. Belum lagi waktu tumbuh gigi yang merangsang keluarnya air liur lebih banyak. Jadi anak ngiler di bawah 2 tahun masih normal ya Moms.

Yang jadi permasalahan apakah normal jika sudah di atas 2 tahun bayi masih ngiler?

Saat anak sudah menginjak usia 2 tahun, kemampuan menelan air liurnya semakin jauh lebih baik. Namun kebiasaan ngiler ini bisa terus berlanjut pada beberapa anak sampai ia memasuki usia balita. Nah, ini harus diwaspadai karena mungkin saja si Kecil mengalami gangguan tertentu. Biasanya terjadi pada anak yang memiliki alergi, sering pilek, atau anak yang mengalami gangguan mekanisme menelan atau mekanisme lain.

Untuk pencegahan atau melatih si kecil lebih pandai menelan, maka Mom bisa melakukan cara berikut:

  • Jika melihat si Kecil ngeces atau ngiler ajarkan ia untuk mendongak agar air liurnya terkumpul di belakang tenggorokan, hal ini akan memicu refleks menelan pada si Kecil.
  • Ingatkan si Kecil untuk menutup mulutnya ketika ia tanpa sadar menganga atau membuka mulut.

Jika si kecil masih ngiler sampai usia 5 tahun, maka biasanya akan diperlukan penanganan khusus. Coba konsultasikan ke dokter gigi atau dokter spesialis THT serta terapis bicara sehingga si Kecil mendapatkan penanganan secara seksama oleh para ahli.

Semoga bermanfaat.

By: Lyssa Wijaya

Copyright by Babyologist

86 Lyssa Wijaya Send Message to Writer

Related Stories