Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

FEEDING  |  MY STORY  |  15 Jul '20


Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada anak pasti udah familiar banget ya di telinga mommies, dan pastinya hampir semua mommies mengalami hal ini terjadi pada anaknya terlebih pada fase pertengahan MPASI. GTM adalah kondisi dimana anak tidak mau membuka mulutnya untuk makan, bagaimanapun caranya mommies menyuapi anak akan ditolak mentah-mentah olehnya.


Wah, pasti stress banget moms kalau anak sedang ada di fase ini. Meski kondisi GTM adalah situasi yang paling menyedihkan dalam hidup mommies, kita sebagai orangtua harus tetap waras dalam menghadapi anak. Jangan juga terlarut dalam emosi apalagi membentak anak.

Ada nggak sih tips yang tepat menghadapi anak GTM?

Kenali dulu penyebab anak GTM.
Anak GTM disebabkan oleh berbagai permasalahan seperti; adanya infeksi pada saluran cerna anak atau bahkan yang lain; anak bosan dengan menu makanan yang hampir setiap hari tidak berubah; anak bosan dengan nasi sebagai karbo; anak tidak tertarik dengan piring, sendok dan rupa makanan yang biasa saja; anak mengalami distraksi saat makan seperti lingkungan yang ramai atau layar TV saat makan. Kemudian dari masing-masing permasalahan barulah kita coba trial and error dan terapkan pada anak, simak ya!

1. Hilangkan menu camilan sementara di jadwal makan anak.
Anak GTM bisa saja tahan seharian tidak mau makan menu lengkap, tentunya hal ini membuat kecemasan anak akan kurang mendapatkan nutrisi seimbang dalam sehari. Untuk itu, moms bisa menghilangkan jadwal menu camilan dan menggantinya dengan menu lengkap seharian. Pastikan bahwa yang masuk dalam mulut anak saat GTM adalah makanan yang bergizi. Dengan menghilangkan menu camilan, anak akan mudah lapar dan menginginkan makanan utama di jadwal makan selanjutnya.

2. Beri suasana makan baru untuk anak.
Mom terlalu lama di rumah akibat pandemi bisa saja menimbulkan rasa bosan pada anak sehingga anak akan melakukan GTM. Untuk itu sah-sah saja mengajak anak jalan santai di depan rumah sambil mengenalkan lingkungan saat jam makan. Meski anak cenderung akan terdistraksi, tapi apa salahnya dicoba kan moms? Lakukan hal ini saat anak GTM saja yah mom, karena cara makan yang baik dan benar adalah makan di meja bersama keluarga.

3. Periksa ke dokter spesialis anak.
Jika GTM berlanjut hingga berhari-hari segera kunjungi dokter yah mom. Dikhawatirkan terjadi masalah infeksi serius pada anak sehingga membuatnya tidak mau makan sama sekali.

Pada fase GTM parah mommies tetap harus menjaga asupan cairan dan nutrisi si kecil supaya tidak dehidrasi. Untuk si kecil dibawah usia 2 tahun yang masih mengandalkan ASI sebagai penunjang nutrisi, mom harus mendopleng terus dengan ASI selama si kecil tidak mau membuka mulut untuk makan. Tentunya hal ini menjadi permasalahan utama apalagi bagi Working Moms yang harus memiliki stok ASIP di rumah. Ada saja kendala memompa ASI selama di kantor yang membuat moms enggan untuk pumping. Namun hak anak di rumah harus tetap diperjuangkan kan mom?

Tips memompa ASI selama di kantor yang paling mujarab adalah konsisten. Moms harus yakin untuk konsisten pumping dan rutin minimal 3 jam sekali agar kuantitas ASI terjaga. Untuk mendukung keyakinan mommies selama pumping di kantor, pilih pompa ASI nyaman agar stimulasi keluarnya ASI lancar, serta pastikan bahwa Pompa ASI tidak berisik supaya moms tetap percaya diri pumping meskipun sambil bekerja. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

134 Qonit Ayu Pranita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]

Moms, Inilah 6 Kelebihan Dual Motor Breast Pump!

Nah, bagi Moms yang lebih menyukai pompa ASI elektrik, sekarang ada, loh, pompa ASI elektrik dual motor. Yuk, simak lebih lanjut agar tahu [...]