Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Si Kakak Sering Rewel dan Manja Saat Kehamilan Adiknya: Mitos atau Fakta?

MY STORY  |  PREGNANCY  |  TODDLER  |  14 Nov '19


Halo Moms! Di sini ada yang jarak hamil anak pertama dengan yang kedua terlalu dekat? Atau ada yang mengalami hal serupa dengan saya, si kakak jadi lebih rewel semenjak kelahiran adiknya? Sebenernya itu mitos atau fakta sih? Yuk mari kita bahas bersama.

Menurut orang zaman dulu, kalau anak sering rewel katanya "hamil lagi tuh" atau "kesundulan adiknya mungkin." Nah, kalau menurut saya itu mitos ya Moms. Sebenernya kalau anak sering rewel ga melulu si mama hamil lagi kok, mungkin memang si anak lagi pengen diperhatikan lebih makanya mereka cari perhatian yang kadang menguras kesabaran kita.

Nah kalau sekarang posisi lagi hamil adiknya dan si kakak rewel, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Moms tau kan saat kita sedang hamil terjadi perubahan perilaku dan fisik yang menyebabkan kita kadang suka moody atau jadi suka marah yang sering kali menimbulkan kondisi yang kurang nyaman pada anak, apalagi saat kehamilan tua rasanya udah begah bawa perut, ditambah harus mengurus kakaknya. Itu salah satu alasan kenapa si kakak jadi lebih rewel karena perlakuan kita ke anak tidak seperti dulu sebelum hamil adiknya, di mana yang biasanya kita kuat nemenin main, sekarang udah gabisa nemenin main agak lama atau si kakak melakukan salah hal sepele kita memarahinya. Hal-hal kecil seperti itu yang membuat si kakak jadi semakin rewel karena tidak mendapat perhatian seperti biasanya sebelum kehamilan adiknya.

Saya merasakan sendiri Moms saat berada di posisi tersebut, rasanya semua jadi serba salah dan menguras kesabaran. Apalagi hamil anak kedua ini saya suka kontraksi palsu sering mules gitu di cek ke dokter katanya ga boleh terlalu banyak gerak dan kecapekan tapi gimana dong kan saya juga harus urusin kakaknya. Apalagi pas hamil adiknya, si kakak tiba-tiba jadi susah makan dan sering minta gendong. Akhirnya saya cari solusi, cara pertama, tiap malam saya sempatin quality time ngobrol-ngobrol sama kakaknya sekaligus saya sounding bahwa saya sedang hamil, saya bilang ke anak saya "bentar lagi mau ada adek dan nanti kamu jadi kakak jadi harus sayang ke adeknya ya, sini elus perut momi." Tiap hari saya sempetin ngobrol begitu. Jadi, biar nanti kalau adiknya sudah lahir ga kaget kalau saya harus bagi waktu berdua sama adeknya. 

Cara kedua, saat si Kecil sedang rewel atau menangis, biarkan dia menangis sampai dia lega dan tenang tapi Moms tetap berada di sampingnya. Setelah tangisannya reda, Moms bisa memeluk, memberi perhatian, dan melakukan aktivitas yang dia sukai.

Ketiga, Moms bisa bagi waktu si kakak dengan ayahnya agar tidak sepenuhnya semua bergantung kepada Ibunya. Ayah bisa meluangkan waktu untuk bermain menyenangkan bersama anak agar anak merasa aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat ya Moms ^^

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

237 Tsuraya Labibah

Comments

Related Stories