Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sharing Tentang Feel The Joy of Swimming

BABY  |  MY STORY  |  VIDEOS  |  09 Nov '19


Halo Moms semua, hari ini saya mau sharing tentang manfaat berenang untuk anak. Semoga sharingnya bermanfaat untuk Moms semua ya.

Sebelum saya sharing tentang apa saja yang boleh & tidak boleh dilakukan selama anak mau untuk berenang, disini saya mau infoin juga kalau ternyata anak itu boleh lho diajarkan berenang dari baby atau minimal mulai dari usia 6 bulan, karena agar anak tidak takut dengan air, dan membuat anak menjadi percaya diri dan survive didalam air apabila ada kejadian yang terjadi pada anak saat dikolam renang.

Moms bisa coba untuk ajarkan anak mulai dari kolam karet dirumah dahulu, diatur juga suhu airnya agar tidak terlalu dingin untuk anak atau dikolam renang umum untuk anak dengan kedalaman yang rendah atau sekitar 30cm dulu. Jangan lupa Moms juga jangan langsung biarkan anak masuk kedalam kolam renang begitu saja, bisa dimulai dari main ciprat-cipratan air, lalu duduk dipinggiran kolam dan perlahan kaki anak masuk kedalam air secara satu persatu, karena ditakutkan anak kaget dengan suhu air yang dingin dan berbeda.

Apabila anak sudah merasa senang dan percaya diri Moms atau Keluarga boleh ajak anak untuk masuk kekolam dengan menggunakan ban donat bundar, yang membuat anak bisa duduk dan kaki anak menyentuh air. Jangan lupa ciptakan suasana yang gembira atau fun untuk anak, contohnya dengan membawa mainan kesukaannya dan jangan pernah paksa anak untuk mau langsung berenang ya Moms, coba dengan perlahan karena akan membuat anak menjadi trauma selama berenang didalam air.

Dan berikut adalah yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berenang

Boleh dilakukan:

1. Warming up atau pemanasan minimal 30 menit dan kalau untuk baby lebih mudah kita bisa memijatnya seperti biasa, bisa dimulai dari bagian tangan, kaki dll.

2. Sebaiknya kolam renang kedalamannya tidak lebih dari 1,6m karana akan membuat pandangan didalam air semakin jauh.

3. Untuk Moms yang mau anaknya untuk rutin berenang, bisa dilakukan minimal 2-3x dalam 1 minggu, untuk berapa lamanya bisa disesuaikan dengan keinginan anak, dan Moms bisa melihat progress atau hasilnya juga disetiap latihan berenang dengan anak ya.

4. Menggunakan perlengkapan renang sesuai dengan tahap-tahap dan usianya, misalnya dimulai dari step satu ban renang donat, lalu bisa lanjut ke water wing vest, armbands dst.

5. Moms disarankan bisa mengikuti pelatihan CPR untuk anak, karena pelatihan tsb dapat membantu pertolongan anak dalam persekian detik atau menit apabila terjadi hal yang tidak diinginkan oleh orangtua, contohnya seperti anak tenggelam didalam kolam renang.

Tidak boleh dilakukan:

1. Berenang setelah makan, karena akan membuat perut anak menjadi mual dan dikhawatirkan perut anak menjadi tidak nyaman selama berenang dan disarankan anak berenang setelah makan minimal 30 menit.

2. No diving atau tidak dianjurkan untuk menyelam didalam kolam renang, karena berbahaya dan dapat membuat dahi anak terbentur dengan lantai kolam renang.

3. Moms atau anggota keluarga lainnya jangan pernah Moms biarkan anak sendirian didalam kolam renang dan harus selalu dampingi anak selama didalam kolam renang, karena kita tidak akan pernah tau kejadian apa yang akan terjadi dengan kita lengah pada anak walaupun hanya persekian detik.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

312 Hervina Arfiany

Comments

Related Stories