Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sharing MPASI by Mom Nina Septiani

FEEDING  |  MY STORY  |  28 Jan '19


Menurut psikolog anak pas Nayla dulu, kesiapan anak untuk makan berbeda-beda. Nah, usia 6 bulan adalah yang paling matang dan harus banget makan. Tapi, pada saat usia 4,5 sampai sebelum 6 bulan beberapa anak sudah mulai siap makan. Apa sih tanda-tandanya anak siap makan?

Tanda-tanda anak siap makan

  1. Dikasih ASI aja mulai tidak cukup kenyang
  2. Sering rewel bahkan setelah minum ASI
  3. Mulai merasa ingin ikut makan kalau liat orang makan
  4. Mulai emosi kalau gigit teether kelamaan
  5. Kalau dibaringkan di bantal yang lebih tinggi, bawaannya sudah mau mengangkat kepala seperti mau duduk.

Makanan apa yang bagus untuk anakku?

Tahap pertama, jangan targetkan porsi yang banyak. Namanya juga pengenalan, 1-2 sendok juga tidak masalah. Pilih pisang kepok, pepaya, melon, tomat. Ingat! Tidak semua buah bisa ya. Yang pasti, harus kukus dulu lalu blender sampai halus. Jangan direbus karena nanti gizinya hilang. Kalau pisang dan tomat, bagian yang berbiji jangan ikut diblender. 

Habis makan di hari pertama, perhatikan pupnya. Dia nangis atau tidak pas pup? Kalau pup bertekstur adalah hal yang lumrah. Tapi kalau nangis, itu artinya jangan dipaksa. Si Kecil belum siap untuk MPASI, maka dari itu hari pertama harus cari yang benar-benar cair dan lembut tekstur makanannya. Dan kalau ternyata dia tetap rewel, coba cek jumlah ASI apakah menurun. 

MPASI

MPASI, menurut dokter anak saya, bukan dimulai usia 6 bulan. MPASI sudah harus dimulai usia 6 bulan, tidak boleh ditunda lagi. Bahkan WHO menganjurkan usia 4 bulan sudah mulai MPASI. Yang disarankan 6 bulan adalah ASI eksklusif (tanpa tambahan sufor atau susu pendamping lainnya).

PORSI

Jangan paksakan porsi yang sesuai pada anak yang baru mulai MPASI. 1-5 sendok saja sudah cukup. Makan 1 kali sehari cukup. Hingga berjalannya waktu, maka perlahan bisa ditambah, atau waktu makan ditambah atau tapi porsi kecil tapi sering. Karena lambung sedang menyesuaikan sampai anak cukup mampu makan sesuai porsinya.

TEKSTUR

Untuk makan pertamanya, usahakan halus dan mudah dicerna. Jika biasa ASIP, bisa dicampurkan di makanan. Jangan berikan air putih, kecuali mulai makan di usia 5 bulan. Sebelumnya pakai ASI aja. Sampai usia 7 bulan pastikan tekstur sangat halus. Setelah itu, sedikit kasar sampai 9-10 bulan. Selanjutnya bisa berupa potongan.

BLW

Baby Led Weaning (BLW) ternyata adalah salah satu metode MPASI yang kurang dianjurkan pada saat usia dini. BLW bisa dilakukan ketika 2-3 jari anak sudah bisa pick makanan sendiri dengan sadar (Biasanya ditandai dengan bisa ambil makanan sendiri di toples atau sejenisnya). Itu pun sebaiknya dalam pengawasan (bentuk potongan atau tekstur makanan).

GULGAR (Gula Garam)

Kenalkan garam usia 8-9 bulan dan kenalkan gula usia 11-12 bulan. Lalu penggantinya bisa dengan butternut pumpkin (labu madu) untuk perasa manis dan dengan unsalted butter atau keju bayi untuk perasa asin.

MADU

Tidak dianjurkan sama sekali karena madu mengikat protein sehingga tidak cocok untuk bayi.

MENU AWAL

  1. Pisang kepok kuning
  2. Alpukat
  3. Melon (saring)
  4. Buah naga (saring)
  5. Pear hijau
  6. Pepaya bangkok
  7. Butternut pumpkin
  8. Wortel tanpa tengahnya (saring)
  9. Tahu putih
  10. Hati ayam
  11. Ikan salmon
  12. Ikan tuna
  13. Ikan dori
  14. Labu siam
  15. Bayam
  16. Daging ayam (bagian paha)
  17. Macaroni (rebus, lalu hancurkan dengan saringan)
  18. Beras merah (stop jika sembelit)
  19. Spagetti (rebus, lalu hancurkan dengan saringan)
  20. Pure kentang
  21. Brokoli (tanpa batang)

MENU

Mulailah dengan menu tunggal. PIlih salah satu saat 2 minggu pertama, selanjutnya bisa mix 2 jenis atau lebih. Baiknya kukus, jangan rebus dan lebih baik dihancurkan manual, blender jika dibutuhkan. Utamakan 4 bintang anjuran dari WHO, setelah melewati fase menu tunggal.

MENU MPASI

  1. Buah pisang
  2. Buah tomat
  3. Buah naga
  4. Buah apel
  5. Buah pir lonceng
  6. Buah jeruk baby
  7. Kentang + Keju bayi + Unsalted Butter
  8. Butternut pumpkin
  9. Buah labu kabocay
  10. Kentang + wortel
  11. Kentang + tuna
  12. Kentang + bayam
  13. Kentang + Lele
  14. Bubur ayam

MENU MPASI INSTAN

  1. Sun ubi ungu
  2. Sun kacang hijau
  3. Sun beras merah
  4. Milna biskuit merah
  5. Milna weight gain
  6. Beberoll blueberry
  7. Beberoll strawberry
  8. Marie regal

Semoga bermanfaat.

By: Nina Septiani

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1339 Nina Septiani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.