Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sharing Ibu Nara: Mengemut Makanan

PARENTING  |  12 Aug '18

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan, pernahkah Inara mengemut makanan? Jawabannya adalah pernah, tapi tidak setiap kali makan.

Masalah ini tidak dapat diatasi dengan cepat, karena saya harus tahu alasan mengapa dia mengemut makanannya? Jadi yang pertama saya lakukan adalah mengamati. Mengemut makanan berisiko merusak gigi. Makanya saya kesal kalau Nara mengemut makanan. Walau dulu ketika saya kecil memang lebih parah, bisa habis 2 jam hanya untuk makan.

Penyebab dan Solusi Mengemut

  1. Tumbuh gigi, solusinya turun atau naik tekstur.
  2. Sariawan atau penyakit lainnya, solusinya sabar.
  3. Konsentrasi makan terganggu karena aktivitas lain, solusinya cari tahu apa yang mengganggu lalu singkirkan.
  4. Belum paham cara mengunyah yang benar, solusinya ajak makan bersama dan tunjukkan cara mengunyah.
  5. Bosan dengan menu makanan, solusinya bikin menu yang lebih bervariasi.
  6. Suasana makan yang tidak menyenangkan, solusinya adalah pasang muka ceria, beri makanan favorit anak dan peralatan makan yang lucu.
  7. Jeda atau jadwal pemberian makan yang terlalu dekat, solusinya atur jadwal makan anak dengan tepat.
  8. Dipaksa makan sehingga trauma, solusinya jangan dipaksa.

Setelah saya mencoba memahami mengapa Inara mengemut makanan, ternyata karena tidak suka makanannya dan konsentrasinya terganggu. Ini yang paling sering membuatnya mengemut makanan.

Maka dari itu, saya suka memberikan makanan favoritnya agar dia tidak mengemut. Kalau makan konsentrasi terganggu, biasanya karena dia suka jalan-jalan. Saya sendiri tidak suka Inara makan sambil jalan keliling kampung.

Jadi selalu diusahakan Nara makan di dalam rumah dan selalu duduk. Saya masih sering mempraktikkan cara mengunyah karena Inara suka mengunyah menggunakan gigi depan, jadi makanan yang diemut simpan di depan nah saya beri tahu kalau mengunyah memakai geraham.

Apakah sekarang Nara masih suka mengemut? Kadang iya, kalau sudah melihat makanan yang tidak dia terlalu suka dan jalan-jalan. Jika ia makan sambil duduk apalagi sedang sangat lapar, ia bisa makan dengan cepat.

Jadi Moms jangan sedih jika si Kecil mengemut makanan, tapi jangan lupa mencari penyebabnya juga ya!

Semoga bermanfaat.

By: Cut Namira.

2888 Cut Namira Send Message to Writer

Related Stories