Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sering Merinding Saat Hamil, Normalkah?

29 Jul '18


Apapun yang terjadi selama masa kehamilan pasti membuat Moms selalu khawatir. Salah satunya sering merinding saat hamil. Beberapa orang mendadak menggigil tanpa sebab yang jelas, bahkan dengan kondisi lingkungan yang hangat sekalipun. Kalau begitu apakah ini normal? Jika tidak, tindakan apa yang wajib dilakukan?

Alasan Sering Merinding saat Hamil

Merinding saat hamil terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah kurangnya asupan cairan. Jadi pertama-tama, Moms coba evaluasi diri dulu bagaimana konsumsi cairannya sehari hari. Kalau ternyata kurang, bisa jadi ini sebab utamanya. Tidak hanya itu, sering merinding saat hamil juga disebabkan beberapa alasan, antara lain:

Kebutuhan kalori meningkat
Saat dalam masa kehamilan mungkin nafsu makan Moms menurun drastis sehingga tubuh membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Adapun langkah pertama yang dilakukan adalah memperbaiki pola makan. Kalau di trimester awal, ini mungkin sedikit sulit karena Moms terkena efek morning sickness dan mendadak jadi picky kalau soal makanan.

Perlu juga dicek apakah Moms punya gangguan lambung atau gangguan pencernaan lainnya
BAB yang lunak atau diare bisa menjadi pemicu kenapa sering merinding. Bahkan kasus ini juga bisa diakibatkan oleh konsumsi makanan pedas berlebihan sehingga terjadi iritasi.

Gangguan Kesehatan
Selain diare atau iritasi pencernaan, sejumlah penyakit juga bisa membuat Moms sering merinding.  Mungkin Moms memiliki gangguan tiroid, pernapasan atau neuropati. Untuk mengetahui hal ini pun juga tidak bisa sembarangan. Serangkaian tes harus dilakukan agar Moms tahu penyebab utamanya.

Stress dan Gelisah
Di masa kehamilan, wajar saja kalau Moms khawatir. Apa yang dimakan, apa yang dilakukan apa yang diderita nanti akan berpengaruh pada kesehatan janin. Namun kalau selalu menuruti stress tentu saja ini tidak ada habisnya dan justru membuat kondisi Moms semakin buruk. Karena itu, cobalah untuk rileks. Dengarkan musik yang menenangkan hati dan janin, berdoa atau melakukan Yoga bila perlu. Sebisa mungkin hindari stress. Pastinya bila masih sering merinding saat hamil, Moms segera periksakan diri ke dokter agar tahu langkah apa yang dilakukan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2991 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ragam Manfaat Susu Hamil Untuk Ibu Hamil

Susu merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi ibu hamil. Lantas, nutrisi apa saja yang terkadung dalam susu untuk ibu hamil?

Waspada Mommyrexia Setelah Melahirkan

Moms, apakah itu mommyrexia? Hal apa yang menyebabkan mommyrexia ini kerap terjadi pada ibu hamil dan apa risiko nya jika terjadi?

Manfaat Penting Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Apakah Mom tahu bahwa air kelapa dapat mendatangkan bermacam manfaat kepada ibu hamil dan janin?

Bolehkah Wanita Dengan Penyakit Lupus Hamil?

Lupus memang akan turut mempengaruhi masa kehamilan. Namun, apakah wanita masih bisa hamil meskipun menderita lupus?

Kenali Tanda Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Apaa yang menyebabkan preeklamsia terjadi pada ibu hamil dan apa saja gejalanya? Mari simak pengalaman Mom Nike berikut.

Wajah Bengkak Selama Masa Kehamilan, Apakah Normal?

Saat hamil, beberapa ibu hamil akan mendapati wajahnya menjadi bengkak. Berbahaya atau normakah hal ini terjadi?

Pola Makan dan Asupan Baik pada Ibu Hamil

Biasanya ibu hamil kerap kali lapar terutama dimalam hari. Berikut ini dalah beberapa tips mengatur pola makan bumil.

Kram Pada Masa Kehamilan, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kram adalah bagian normal dari kehamilan. Namun, ada beberapa hal ketika kram bisa menjadi perhatian. Yuk, simak yang berikut ini.