Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Serba-serbi tentang Pakaian Bayi yang Aman untuk Perkembangannya

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  TODDLER  |  03 Aug '19


Sebagai orang dewasa, kita memilih pakaian yang sesuai dengan kegiatan kita. Misalnya, pakaian kerja saat melakukan pekerjaan sehari-hari, pakaian olahraga saat pergi ke gym, pakaian batik saat menghadiri undangan pernikahan, dan lain sebagainya.

Untuk bayi dan balita yang sedang dalam masa keemasan pertumbuhan, pakaian mereka haruslah nyaman dikenakan dan tidak mengganggu perkembangan fisiknya. Tentu saja, si Kecil boleh memakai gaun cantik saat menghadiri pernikahan kerabat Moms. Akan tetapi, pada sebagian besar waktu, pakaian yang paling tepat untuknya adalah pakaian yang memungkinkannya menggerakkan tubuhnya dengan bebas.

Mari kita bahas pakaian-pakaian yang memengaruhi stimulasi si Kecil:

Topi dan penutup kepala

Pilihlah topi dan penutup kepala yang tidak mengganggu pandangan si Kecil. Perkembangan penglihatan tergantung pada bisa tidaknya si Kecil mengambil informasi visual dari semua sudut. Topi dengan pinggiran dan beberapa tudung besar dapat mengganggu proses pengambilan informasi ini.

Topi juga dapat mengganggu aktivitas berguling. Padahal, berguling adalah proses penting sebelum si Kecil dapat duduk dan merangkak serta merupakan bagian penting dari integrasi sensorik. Maka dari itu, perhatikan saat-saat yang tepat bagi si Kecil untuk menggunakan penutup kepala.

Meski demikian, tetaplah pakaikan topi ke si Kecil apabila Moms perlu membawanya keluar di bawah sinar matahari. Topi dengan pinggiran melindungi kulitnya dari sinar ultraviolet. Alternatif lainnya adalah memakaikan topi lembut dan nyaman yang menutup hingga bagian atas matanya.

Perhiasan

Perhiasan seperti kalung dan gelang bisa menghalangi gerakan dan mungkin berpotensi membahayakan. Pertimbangkan untuk tidak memakaikan perhiasan kepada si Kecil. Jika memakai perhiasan adalah tradisi keluarga, hubungi dokter anak untuk mendapatkan pilihan yang aman (misalnya dukungan khusus setelah si Kecil mengenakan anting-anting bayi).

Pakaian atasan

Atasan ketat dapat membatasi jangkauan penuh gerakan tubuh bagian atas si Kecil, termasuk saat dia berusaha meraih mainan. Di sisi lain, atasan yang terlalu longgar atau memiliki lengan yang terlalu panjang dapat menutupi tangannya saat bergerak atau bermain.

Atasan yang memiliki kancing dapat tersangkut di furnitur dan benda-benda lain ketika si Kecil mulai merambat dan berjalan, dan bisa menjadi bahaya tersedak jika kancing terlepas. Namun, kancing juga membuat proses belajar dasar-dasar membuka baju dan berpakaian rumit, jadi bisa disesuaikan ya Moms.

Terakhir, hati-hati terhadap label pakaian yang berpotensi gatal di dalam kemeja. Ini dapat mengganggu atau mengalihkan perhatian si Kecil.

Oleh karena itu, pertimbangkan atasan yang lembut, fleksibel, tidak terlalu ketat, dan tidak terlalu longgar. Pilih atasan dengan lengan pendek atau tanpa lengan,tetap sesuaikan dengan cuaca ya Moms.

Pakaian bawahan

Celana ketat atau kaku mungkin membuat si Kecil sulit untuk membungkuk, menekuk atau merentangkan kaki, memutar pinggul, mengambil langkah lebar ke samping sambil melaju, serta berlutut atau duduk dengan kaki menyilang. Bawahan yang terlalu longgar menutupi kaki si Kecil ketika dia mencoba bergerak.

Celana dengan kancing, ritsleting, dan sabuk bisa membuat tidak nyaman dan membuat si Kecil kurang termotivasi untuk bergerak. Dia juga sulit untuk belajar cara membuka pakaian/berpakaian atau menggunakan toilet jika mengenakan celana yang seperti itu.

Bawahan yang ramah perkembangan fisik bagi bayi dan balita adalah celana yang lembut, fleksibel dengan pinggang elastis yang tidak terlalu ketat, terlalu longgar, atau terlalu panjang. Maka dari itu, carilah jenis celana yang seperti kriteria tersebut.

Gaun

Gaun bisa mengganggu kegiatan si Kecil saat berguling, duduk, merangkak, dan memanjat. Hanya kenakan gaun saat acara khusus atau sesi pemotretan saja ya Moms.

Alas kaki

Si Kecil disarankan untuk bertelanjang kaki sebanyak mungkin, sepanjang hal tersebut aman, agar rangsangan sensorik dari tanah dapat langsung mengenai kakinya. Ini akan membantunya mengembangkan indra peraba serta kakinya.

Piyama footie mungkin membuat si Kecil nyaman, terutama saat dia belum cukup umur untuk mengenakan selimut, tetapi selama bermain, piyama jenis ini memblokir informasi sensorik yang seharusnya bisa dia dapat dengan bertelanjang kaki.

Beberapa tips lain tentang pakaian yang dapat mengoptimalkan perkembangan si Kecil:

  • Untuk aktivitas sehari-hari, jangan sekali-kali melarang si Kecil untuk berkotor-kotoran. Ini akan menyebabkan dia enggan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang kaya akan perkembangan seperti bermain di luar ruangan, bermain air, atau melukis.
  • Tergantung di mana Moms tinggal, pakaian termasuk perlengkapan hujan, perlengkapan salju, jaket, serta topi pelindung dari sinar matahari memungkinkan si Kecil bermain di luar ruangan tanpa memandang cuaca. Bermain di luar ruangan sangat penting karena ini adalah tempat yang sangat baik untuk stimulasi indra bagi si Kecil. Ini juga mendukung setiap bidang perkembangan lainnya.
  • Moms dapat meminta saran tambahan tentang pakaian yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari si Kecil pada pengasuh, guru, atau dokter.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

591 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Cara Menstimulasi Indra Penciuman si Kecil

Berikut 10 cara untuk menstimulasi indra penciuman si Kecil

12 Cara Menstimulasi Indra Peraba si Kecil

Sentuhan adalah cara Moms pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi dengan si Kecil. Berikut tips menstimulasinya

10 Keunggulan Waktu Mandi Khusus Buat Si Kecil

Waktu mandi (bath time) adalah rutinitas menyenangkan untuk melepas lelah dan membersihkan si Kecil.

Si Kecil Suka Berdiri Padahal Usianya Baru 8 Bulan, Apakah Tulang-tulangnya Siap?

Setiap bayi berbeda, beberapa mencapai tonggak fisik lebih awal / lebih lambat dari bayi lain di usia yang sama.

12 Cara Menstimulasi Indra Pengecap si Kecil

Bagaimana cara menstimulasi indra pengecap si Kecil?

3 Cara Menyapih Anak Tanpa Trauma

Banyak Moms merasa emosional ketika menyapih si Kecil, terutama mereka yang melakukan direct breastfeeding.

Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Buah Hati & Tips Memilih Buku

Membacakan dongeng merupakan salah satu hal positif yang sangat baik untuk anak. Apa saja manfaatnya?