Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Serba-Serbi Perut Kembung Si Kecil dan Pemicunya

MY STORY  |  28 Aug '20


Pernah nggak, Moms, mendapati si Kecil menangis tanpa sebab, tidak mau menyusu serta berteriak-teriak tidak nyaman? Terlebih hal ini biasa terjadi pada malam hari. Wah, new Moms pasti merinding jika bayinya sering mengalami hal ini saat tengah malam. Pasalnya, mitos yang beredar soal bayi menangis malam hari sungguh tidak dapat dielakkan, karena hampir semua orang tua jaman dulu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan mistis yang mendoktrin kita sebagai new Moms untuk percaya.

Lalu, benarkah mitos-mitos tersebut Moms?

Jawabannya adalah BIG NO! Semua itu ada penjelasan ilmiahnya, loh, Moms. Kita sebagai new Moms wajib tau penyebab bayi menangis tanpa sebab terlebih jika terjadi pada malam hari. Jangan langsung menelan mentah-mentah omongan orang yah, Moms.

Salah satu penyebab bayi menangis tanpa sebab adalah karena perut kembung atau masuk angin. Kondisi ini membuat si Kecil tidak nyaman sehingga membuatnya berteriak-teriak seperti kesakitan, bahkan menangis histeris seakan tanpa sebab setelah diberi susu dan si Kecil menolaknya.

Perut kembung disebabkan karena gas berlebihan yang ada pada saluran pencernaan bayi tidak dapat dikeluarkan dengan mudah seperti layaknya orang dewasa. Bayi membutuhkan bantuan orang dewasa untuk mengeluarkan gas tersebut. Bayangkan saja jika kita mengalami kembung, pasti tidak nyaman, kan, Moms. Selain itu, rasanya juga susah untuk bisa bersendawa saat perut kembung. Hal seperti inilah kiranya yang dirasa bayi saat mengalami perut kembung.

Perut kembung pada bayi yang masih mengkonsumsi ASI bisa saja disebabkan oleh makanan yang baru saja dikomsumsi Moms, loh. Untuk mencegah hal tersebut terjadi berulang kali, perhatikan asupan makanan Moms sebelum menyusui yah. Hindari makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kentang, serta bawang-bawangan.

Nah, selain makanan yang dikonsumsi Ibu, ini berlaku juga untuk bayi MPASI yang mulai mencoba-coba makanan baru. Sistem pencernaan si Kecil sedang dalam tahap perkembangan sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap makanan yang mengandung gas. Untuk mencegahnya, jangan berlebihan dalam memberikan sayuran yang mengandung gas dalam MPASI si Kecil.

Botol dot juga bisa menyebabkan perut kembung pada bayi, loh, Moms. Ujung dot dengan lubang kecil menyebabkan si Kecil menghisap dot terlalu cepat atau lambat, sehingga menyebabkan terlalu banyak udara masuk. Untuk itu Moms harus cermat dalam memilih botol susu pada bayi.

Nah, terakhir, nih, Moms, memandikan bayi terlalu lama dengan air dingin yang seringkali membuat si Kecil mengalami perut kembung sampai masuk angin. Untuk itu, Moms, ada Tips Memandikan Si Kecil supaya aktivitas mandi menjadi menyenangkan setiap hari. Memilih bak mandi bayi yang tepat seperti Aquanest adalah salah satu kunci mandi menjadi menyenangkan. Bak mandi Aquanest didesain dengan heat diffuser sehingga air hangat dalam bak tetap terjaga suhunya. Mandi yang menyenangkan juga bisa dikategorikan dalam Tips Mempererat Bonding dengan si Kecil karena rasa happy si Kecil bermain air adalah sumber kedekatan dengan orang tuanya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

256 Qonit Ayu Pranita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]