Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Serba-serbi Pengalamanku Akhirnya KB dengan Pil KB Laktasi

FEEDING  |  MY STORY  |  21 Oct '19


Belajar dari kesundulan yang lalu, begitu masa nifas telah berakhir saya langsung memutuskan untuk segera KB. Saya sudah merencanakan matang-matang dari kehamilan kedua untuk memilih KB suntik hormon tiga bulan karena bayiku ASI eksklusif. Tapi saya termasuk orang yang takut dengan jarum suntik. Jadi saya konsultasikan lagi ke bidan, kira-kira saya harus mulai KB dengan metode apa ya?

Bidan menjelaskan banyak macam kontrasepsi yang aman dan tidak mengganggu produksi ASI, di antaranya IUD, Implan, suntik hormon 3 bulan dan Pil KB Laktasi.

Setelah mendengar semua cara KB tersebut, saya masih belum siap ternyata dengan prosedur pemasangan implan dan IUD. Akhirnya bidan menyarankan saya untuk sementara konsumsi pil KB laktasi. Ini yang paling mudah seperti meminum vitamin saja.

Menurut penjelasan Bidan, Pil KB cukup efektif untuk mencegah kehamilan Jika digunakan sesuai aturan pakai dan diminum teratur tanpa pernah terlewat sekalipun, efektivitas pil hormon ini mencapai 99%. Jadi dengan kata lain, saya harus disiplin jika memilih konsumsi pil KB. Karena kalau tidak teratur mengonsumsinya sesuai jadwal, maka tidak menutup kemungkinan bisa kebobolan lagi.

Sebelumnya bidan juga melakukan pengecekan kepada saya, meliputi tensi darah, detak jantung, berat badan, tinggi badan, dan cek payudara. Karena jika memiliki riwayat penyumbatan pembuluh darah, berpenyakit jantung, mengalami gangguan hati, ada riwayat kanker payudara atau rahim dalam keluarga, menderita migrain, dan memiliki tekanan darah tinggi tidak bisa untuk melakukan KB hormonal seperti suntik dan Pil.

Karena saya sudah masuk masa menyusui selama 6 minggu lebih, maka sudah bisa mulai mengonsumsi pil KB. Saya diresepkan pil KB laktasi atau disebut juga mini pill linestrenol yang mengandung hormon progestin rendah, yang bentuknya butiran kecil berwarna putih yang harus rutin diminum setiap hari, di jam yang sama selama 28 hari, mengikuti jumlah pilnya.

Selama 28 hari saya menyetel alarm di ponsel dengan jam yang sama agar tidak lupa dan terlewat waktu harus minum pil tersebut. Karena saya tipe orang yang sedikit pelupa. Dan jika bepergian pun saya harus membawa pil tersebut agar sudah waktunya konsumsi saya dapat segera meminumnya.

Berikut manfaat dari pil KB laktasi atau mini Pill yang saya rasakan setelah sebulan mengonsumsinya:

1. Akurat mencegah kehamilan sampai 99% jika dikonsumsi setiap hari di waktu yang sama.
2. Tidak mengganggu produksi ASI untuk ibu menyusui.
3. haid menjadi teratur.
4. tidak menimbulkan peradangan lokal dalam rahim
5. Dan tidak menyebabkan diare pada bayi.

Walau ada efek sampingnya yaitu agak pusing saat pertama kami konsumsi dan nafsu makan bertambah serta memang harus disiplin saat mengonsumsi pil KB laktasi, tapi setidaknya pil ini cukup menolong saya mencegah kehamilan untuk saya, tipe orang yang masih takut dengan sistem KB lainnya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

486 Ulan Sapitri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]