Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Serba Serbi Mitos Tentang ASI dan Faktanya

BABY  |  26 Mar '20


Mommies pasti sering banget kan denger tentang mitos-mitos menyusui, seperti ibu menyusi dilarang minum es takut anaknya nanti pilek atau mungkin ibu menyusui tidak boleh makan pedas nanti bayinya kepedesan. Sebenernya masih banyak banget mitos yang masih sering orang tua kita omongin dan kadang menurut kita kurang masuk akal. Yuk kita bahas satu persatu tentang mitos mitos dan faktanya tentang menyusui :


1. Mitos : Ketika bayi sering menangis berarti ASInya kurang
Fakta : Menangis adalah bahasa komunikasi yang dilakukan bayi. Bukan berarti saat bayi menangis dia lapar tapi bisa juga ingin di dekat moms atau merasa tidak nyaman pada suhu ruang atau karena popok yang basah. Jadi bayi menangis tidak selalu berarti lapar.

2. Mitos : Payudara kecil berarti produksi ASI sedikit
Fakta : Ukuran payudara tidak mempengaruhi produksi ASI. Produksi ASI mengikuti prinsip Supply by Demand, jadi produksi ASI akan semakin bertambah jika sering disusukan kepada bayi. Tapi jika jarang disusukan maka produksi ASI akan berangsur-angsur berkurang.

3. Mitos : Ketika momies minum es maka ASI akan dingin dan menyebabkan anak flu
Fakta : Perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa flu bukan karena minuman dingin, flu disebabkan oleh virus. Meminum minuman dingin atau es tidak menyebabkan ASI dingin, ASI akan tetap hangat kok. Tapi jika mommies terlalu banyak minum dingin yang ditakutkan adalah virus flu menyerang mommies dan dapat menular ke si kecil.

4. Mitos : ASI mengenai alat vital bisa bikin mandul atau hypersex
Fakta : Tidak ada kaitannya sama sekali ya moms kedua hal tersebut, dan ASI 90% kandungannya adalah air jadi aman. Mungkin mitos ini dibuat agar kita lebih memperhatikan kebersihan dari area vital si kecil.

5. Mitos : Saat si kecil sakit, mommies yang minum obat agar obatnya masuk melalui ASI
Fakta : Tidak semua obat dapat berpengaruh terhadap ASI. Jika kandungan obat berpengaruhpun akan sangat sedikit yang masuk melalui ASI dan itu tidak dapat untuk penyembuhan. Jadi ketika si kecil sakit, yang minum obat tetap anaknya.

6. Mitos : Makanan pedas bikin ASI berasa pedas
Fakta : Memang benar apa yang dimakan momies akan dirasakan pula oleh si kecil melalui ASI. Namun tidak 100% dengan rasa yang sama, rasa yang ada tidak akan bertahan lama dan tidak akan begitu kuat. Payudara kita juga memiliki kemampuan untuk memilih menyerap gizi yang terkandung dalam makanan jadi jangan khawatir ya moms. Makanan pedas justru akan sangat berpengaruh terhadap pencernaan mommies loh. Tapi untuk anak-anak dengan tingkat sensitifitas lebih tinggi kandungan capsaicin dapat menyebabkan diare juga ya.

6. Mitos : Setelah berpergian ASI harus dibuang terlebih dahulu sebelum disusukan
Fakta : Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ASInya, akan tetapi setelah bepergian sebaiknya mommies mencuci tangan dan membersikan tubuh terlebih dahulu. Jadi saat menyusui momies lebih fresh dan anakpun akan merasa lebih nyaman.

7. Mitos : ASI jernih dan encer tidak baik
Fakta : Tidak ada ASI yang tidak baik, semua ASI kandungannya pasti sangat baik untuk anak. Sebenarnya kandungan ASI terdiri dari 2 yaitu foremilk dan hindmilk dimana foremilk adalah ASI yang keluar di awal menyusui berwarna lebih jernih dan encer sedangkan hindmilk adalah ASI yang lebih kental dan pekat warnanya yang keluar setelah foremilk. Namun kedua kandungan ASI tersebut sama pentingnya bagi anak loh moms.

8. Mitos : Bayi ASI perlu tambahan cairan saat suhu sedang tinggi
Fakta : ASI sudah mengandung banyak cairan yang dibutuhkan oleh bayi ya jadi tidak perlu di tambah air putih atau minuman lain.

9. Mitos : ASI dapat menyembuhkan penyakit mata anak
Fakta : Tidak ada kandungan ASI yang dapat menyembuhkan sakit mata pada anak. Pada usia 0 sampai 3 bulan biasanya ada saluran air mata yang belum terbuka dan menyebabkan belekan serta mata berair pada anak itu sangat wajar lambat laun saluran air mata tersebut akan terbuka.

10. Mitos : ASI pertama kali saat melahirkan itu ASI basi
Fakta : ASI saat pertama kali mommies melahirkan adalah ASI kolostrum yang bagus untuk kekebalan tubuh anak.

Nah moms itu adalah beberapa mitos dan fakta tentang ASI. Di jaman yang serba canggih ini alangkah baiknya agar kita tidak selalu menelan mentah-mentah informasi yang diberikan tanpa dasar. Sebaiknya kita cari tau sumber dan info jelasnya dulu agar kita dapat lebih bijak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya mom. Happy breastfeeding!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

164 Ade Citra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Tanda Si Kecil Cukup ASI

Apa indikasi si Kecil kenyang minum ASI? Yuk, simak bersama berikut ini.

Tentang ASI Perah (ASIP)

Bagi Moms yang pumping, pasti memiliki banyak pertanyaan soal daya tahan ASIP. Info berikut ini sangat berguna. Yuk, disimak!