Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Seputar Tumbuh Gigi Pada Anak

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  31 Mar '18


Hai Mom, mama Shazfa mau sharing “Seputar Tumbuh Gigi Pada Anak". Mom mungkin pernah atau saat ini sedang galau karena anaknya belum tumbuh gigi padahal sudah umur sekian? Yuk langsung kita bahas aja ya Moms.

Proses pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda Moms. Termasuk pertumbuhan gigi nya, anak yang telah memiliki gigi di usia 3 bulan masih dikategorikan normal. Bahkan ada bayi yang lahir dengan gigi yang telah tumbuh. Usia paling lambat untuk kemunculan gigi pertama adalah pada umur 15 bulan, jika belum tumbuh juga bisa diperiksakan ke dokter gigi.

Meskipun sebetulnya pertumbuhan gigi susu anak sudah dimulai semenjak masih dalam kandungan. Normalnya, rentang umur 4 sampai 10 bulan pertumbuhan gigi anak dimulai. 

Aku mau berbagi cerita, dulu Kak Shazfa gigi pertamanya tumbuh pada umur 9 bulanan, agak terlambat sepertinya, tapi ya ga apa, tumbuh kembang tiap anak berbeda Moms, jangan dibanding-bandingkan ya.

Ada beberapa faktor atau penyebab anak terlambat tumbuh gigi, diantaranya:

  • Faktor Genetik atau Keturunan 
    Jika Mama atau Papanya dulu juga telat tumbuh gigi ketika masih kecil, kemungkinan besar anaknya akan mengalami hal serupa.
  • Anak Kurang Nutrisi 
    Kurang nutrisi pada anak juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab giginya terlambat tumbuh. Oleh sebab itu, Moms perlu memastikan kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi, seperti Vitamin A, C, D, Kalsium, dan Fosfor.
  • Daya Serap Kalsium Saat Hamil 
    Apabila asupan kalsium yang dibutuhkan janin saat di dalam kandungan kurang optimal, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan tulang dan gigi anak setelah ia lahir.
  • Tekstur makanan
    Tekstur makanan ini juga dapat memberikan rangsangan pada proses pertumbuhan gigi. Saat pemberian MPASI usahakan teksturnya dinaikkan bertahap sesuai usianya ya Moms, agar nantinya si anak bisa mengunyah makanan padat sehingga akan merangsang pertumbuhan giginya.
  • Teether atau gigit-gigitan 
    Aktivitas menggigit biasanya sudah dimulai sejak anak umur 3 bulan, aktivitas ini dapat merangsang pertumbuhan gigi anak. Yang terpenting teether yang digunakan haruslah selalu dalam kondisi bersih dan steril supaya anak terhindar dari berbagai penyakit.
  • Gangguan Kesehatan Masalah kesehatan seperti: Hipotiroidisme, anak lahir prematur, anak dengan BBLR, anak lahir dengan kelainan kongenital, anak dengan kelainan penyerapan vitamin D juga bisa mempengaruhi pertumbuhan giginya.

Jika anak Moms memiliki gangguan kesehatan terutama saat lahir, dan Moms khawatir dengan pertumbuhan giginya, sebaiknya Moms mulai berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gigi untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Apa saja tanda-tanda tumbuh gigi pada anak?

Masing-masing anak memiliki gejala dan tanda tumbuh gigi yang berbeda-beda ya Moms. Tanda dan gejalanya yang umum antara lain:

  • Keluarnya air liur dalam jumlah banyak atau disebutnya ngileran atau ngeces. Hal ini wajar sekali terjadi ya Moms. Pertumbuhan gigi memang merangsang keluarnya liur secara terus menerus.
  • Gusi merah dan bengkak.
  • Anak jadi mudah rewel. Kita pun seringkali merasa tidak nyaman dan mengeluh saat tumbuh gigi geraham belakang (wisdom teeth) yang muncul di usia 20 tahun-an, apalagi dengan anak? Mudah rewel jadi cara dia untuk menunjukkan ketidaknyamanan gusinya, apalagi kalo anak belum bisa bicara.
  • Anak lebih sering meraba gusinya dan menggigit atau mengulum tangan serta benda-benda disekitarnya, ini juga jadi salah satu cara anak melampiaskan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di gusinya.
  • Nafsu makan menurun, anak susah makan atau GTM. Kalo soal ini pasti Moms sudah tahu yaa, dan ini hal yang wajar. Jangan stress, anak sering GTM karna mereka melalui fase ini Moms.
  • Mengalami demam, biasanya hanya demam ringan saja, Kenapa bisa demam? Karena terjadi peradangan pada gusinya. Jika demam tinggi dan anak rewel, sebaiknya anak diperiksakan ke dokter atau diberikan obat penurun demam.
  • Adanya perdarahan pada gusi. Saat terjadinya pertumbuhan gigi, ada kemungkinan terjadi pendarahan di bagian bawah dari gusi. Tandanya: terlihat ada gumpalan berwarna kemerahan pada gusi bagan bawah. Jangan panik dulu ya Moms, pendarahan tersebut akan segera sembuh, Moms bisa mengompresnya menggunakan es batu yang dibungkus kain kecil.

Bagaimana cara mengatasi ketika anak sedang tumbuh gigi?

Yang paling utama adalah sabar.  Itu harus kita ingat ya Moms, mau bagaimanapun pasti si kecil memang tidak nyaman, jadi kita yang harus extra sabar untuk menghadapinya. Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit atau ngilu saat anak tumbuh gigi:

  • Bungkus beberapa es batu yang telah diremukkan ke dalam wash lap atau handuk kecil bersih. Lalu letakkan di sekitar gusi anak yang akan tumbuh gigi, ini bisa untuk meredakan ngilu.
  • Dinginkan kain atau pakaian basah yang masih bersih di dalam freezer. Supaya anak memiliki sesuatu yang dingin untuk digigit.
  • Sediakan lolipop ice atau es beku dari buah-buahan atau sayur supaya anak bisa mengemut atau menggigit.
  • Kini sudah banyak beredar teether/teething rings atau mainan yang aman untuk digigit anak. Moms bisa meberikan teether yang aman untuk anak, yang terbuat dari plastik. Sebelum diberikan ke anak Moms bisa mencuci dan mensterilkannya terlebih dahulu, lalu didinginkan di lemari es.

 

Ingat ya Moms,

Jangan gunakan obat pereda nyeri jenis orajel/benzocaine sebelum menyusui si kecil karena akan membuat mulut bayi terasa kebas. Dinas kesehatan Amerika Serikat telah melansir pernyataan pada tahun 2012 yang menghimbau para orang tua untuk tidak menggunakan produk benzocaine pada anak berusia di bawah 2 tahun. Kecuali atas anjuran dan pengawasan dokter yang membolehkan anak mengonsumsi obat tersebut.

Semoga bermanfaat.

By: Dr. Nurul Hidayati.

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1187 Dr. Nurul Hidayati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Awas!! Jangan Asal Memilih Hand Sanitizer untuk Si Kecil

Pandemi Corona ini membuat kita lebih sadar akan kebersihan terutama kebersihan tangan dan area wajah.

Tiga Anjuran Yang Perlu Dilakukan Apabila Ibu Menyusui Berpuasa

Bagi para Busui yang berpuasa, simak tips berikut ini yuk.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Busui Ingin Berpuasa

Buat para Busui yang sedang berpuasa, tips berikut ini wajib disimak ya!

Apa itu HEPA 13?

Ada perbedaan signifikan antara filter HEPA yang dibuat oleh merek air purifier yang berbeda.

5 Makanan Cegah si Kecil Konstipasi

Bakteri Lactobacillus reuteri (Lr), misalnya, dapat mencegah gangguan saluran cerna pada anak.

Cegah Abses dengan Rawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Kebersihan gigi dan mulut perlu dirawat sejak dini agar tidak menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tips merawat gigi si Kecil.

5 Tips Mencegah Virus di Rumah Moms

Moms, simak lima tips mencegah virus yang bisa Moms lakukan di rumah berikut ini.

Manfaat yang Saya Rasakan Setelah Pijat Pasca Persalinan

Moms apa adakah di sini yang setelah melewati proses persalinan, tepatnya saat dalam masa nifas moms melakukan pijat?

Tips Menjaga Tubuh Moms Tetap Fit di Musim Hujan

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms dan Moms to be ya.

Resolusi 2020: Menjadi Mama Milenial yang Sehat

Hi moms, umur saya sudah mau memasuki kepala 3 dan saya makin concern with the term of 'getting older'.

Efek Domino Cacar Air di Keluarga Kecilku

Saya terkena cacar air untuk yang kedua kalinya dan itu menular ke kedua anak saya

Pengalamanku Mengalami Nyeri pada Punggung Bekas Suntikan Pasca Operasi Caesar

Kali ini aku mau share pengalamanku mengalami nyeri punggung pasca operasi caesar ya moms

Mitos Pantangan Makanan pasca Persalinan

Apa saja makanan yang dipantang setelah melahirkan? Lalu bagaimana faktanya?

Ternyata Aku Terkena Infeksi Mulut Rahim/Servisitis

Beberapa hari terakhir, aku memang sering mengalami keputihan pada saat sebelum dan sesudah haid.

Jangan Sepelekan Perubahan Hormon!

Baru-baru ini saya mengalami perubahan hormon yang luar biasa menyakitkan buat saya.

Bahayakah Keputihan pada Wanita?

Keputihan biasa dialami oleh hampir setiap wanita, namun bahayakah keputihan pada wanita?

Tips Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Penyebab ruam popok biasanya dikarenakan penggunaan popok yang terlalu lama. Bagaimana mencegahnya?

Pengalamanku dengan Kardiomiopati Postpartum Pasca Melahirkan Anak Kembar

Aku di vonis Kardiomiopati Postpartum atau lemahnya otot jantung pasca melahirkan.

Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Bintitan pada Anak

Apa sebenarnya penyebab dari bintitan dan bagaimana cara mengatasinya?

Kanker yang Diderita Mertuaku Dikarenakan oleh KB?!

Bermula dari mengeluhkan sakit mata biasa tp semakin hari semakin membesar