Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sentuhan Moms, Jawaban untuk Perut Kembung si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  29 May '20


Di awal-awal kehidupannya, si Kecil hanya bisa berkomunikasi dengan tangisan. Dia belum bisa mengungkapkan apa yang diinginkan atau dirasakannya dengan baik. Salah satu hal yang bisa membuatnya menangis adalah perut kembung. Hingga usia 3 bulan, perut kembung adalah kondisi yang wajar terjadi pada bayi. Saluran pencernaannya masih terus berkembang alias belum sempurna. 

Untuk bayi yang masih muda, perut kembung bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi ibunya. Jika Moms mengonsumsi makanan yang bisa membentuk gas setelah dicerna, ASI Moms bisa mengandung banyak gas pula sehingga membuat dia kembung.

Pijat bayi adalah salah satu cara mengatasi masalah perut kembung si Kecil. Melalui sentuhan Moms, terutama pijatan dan dekapan, si Kecil akan merasa nyaman dan tidak rewel. Saat Moms mendekap si Kecil, dia dapat mendengar detak jantung Moms. Suara detak jantung yang familiar ini menciptakan rasa aman pada dirinya sehingga membantunya menghilangkan perasaan tidak nyaman di perut. 

Direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, Tiffany Field, PhD, mengatakan bahwa pijat bayi sebenarnya dapat merangsang sistem saraf pusatnya. Tidak hanya itu, sentuhan Moms juga dapat membantu menyukseskan proses menyusui, meningkatkan kepercayaan diri, memperkuat ikatan antara ibu dan anak, memperbaiki kualitas mental Moms dan si Kecil, meningkatkan kualitas tidur si Kecil, mengaktifkan sistem imun si Kecil sehingga dia tidak mudah sakit, mengoptimalkan pertumbuhan otak, meredakan stres, dan mengurangi rasa sakit.

Atasi perut kembung si Kecil dengan 5 teknik pijat bayi berikut ini:

1. Pijat perut dengan membentuk huruf “I L U”

Pijat I Love You yang efektif mengatasi perut kembung pada bayi ini mempunyai langkah-langkah sebagai berikut: Setelah menyatukan jari telunjuk dan jari tengah, letakkan jari di perut bagian kiri si Kecil. Tekan perut dengan lembut ke arah bawah, seolah-olah menulis huruf I. Tekan perut bagian kiri, geser ke kanan, dan ke bawah membentuk huruf L. Geser jari Moms dari lipatan kaki kanan membentuk huruf U ke arah lipatan kaki kiri.

2. Pijatan Sun and Moon

Untuk memijat dengan pola sun and moon, buatlah pola lingkaran searah jarum jam dengan telapak tangan kanan di perut si Kecil. Lalu, lanjutkan dengan membuat pola yang sama dengan tangan kiri.

3. Pijatan thumbs to sides

Letakkan kedua ibu jari di perut si Kecil lalu pegang pinggangnya. Tarik ibu jari Moms ke sisi perut bersamaan.

4. Pijatan knee up

Untuk memijat dengan teknik knee up, tekuk kedua lutut si Kecil ke arah perutnya dengan lembut. Saat menekuk lutut, topang belakang lututnya dengan jari telunjuk Moms.

5. Pijatan water-wheel

Posisikan salah satu tangan Moms di bawah tulang rusuk si Kecil. Letakkan kelingking di bawah dan letakkan telapak tangan menghadap kakinya. Usap tangan dari perut hingga bagian atas panggul si Kecil dengan perlahan.

Agar proses pijat bayi lebih mudah dan menyenangkan, gunakan minyak telon untuk melumuri tubuh si Kecil. Seperti yang telah Moms ketahui, minyak telon terdiri dari 3 bahan utama alami yaitu Oleum Cocos, Oleum Cajuput, dan Oleum Anisi. Aroma khas dari minyak telon mampu membuat si Kecil lebih relaks, melegakan hidung mampet dan pernapasan, membantu meredakan batuk, serta menghilangkan rasa mual.

Di antara banyak produk minyak telon yang beredar di pasaran, Moms dapat memilih minyak telon yang benar-benar terbuat dari bahan alami. Jangan memilih minyak telon yang menggunakan parfum buatan. Lalu, pilihlah yang mengandung minyak anisi lebih banyak. Minyak anisi berfungsi sebagai antibakterial alami, mencegah si Kecil terjangkit bakteri yang mengakibatkan iritasi kulit dan masalah pernapasan sehingga lebih efektif mencegah kembung dan melancarkan pernapasan.

Sebelum menggunakan minyak telon untuk memijat si Kecil, bacalah dulu label kemasannya. Pastikan Moms benar-benar mengetahui kandungan produk yang dibeli. Lalu, oleskan sedikit minyak ke kulit si Kecil. Tunggulah beberapa saat. Jika ada reaksi alergi, hentikan pemakaiannya. Dengan memijat si Kecil menggunakan minyak telon, setiap usapan Moms memberikan kehangatan yang melindunginya.

Referensi: Baby YagaHai Bunda

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

8743 Sleek Baby

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Manfaat Aroma Green Tea pada Minyak Telon si Kecil

Apa manfaat aroma green tea pada minyak telon bayi? Mari simak bersama berikut ini.

Si Kecil Tidur Nyenyak, Kedamaian Bagi Moms and Dads

Salah satu cara mendukung pertumbuhan si Kecil di masa 1000 hari pertamanya adalah dengan memastikan ia tidur nyenyak. Simak berikut ini yuk Moms.

Yuk! Kenalan sama Telon Doodle yang Wanginya Beda

Moms, tahukah Anda bahwa minyak telon Doodle memiliki wangi yang khas dan bisa menjadi aromatherapy? Simak yuk.

5 Manfaat Minyak Telon untuk si Kecil

Minyak telon tentulah bukan barang yang asing bagi Moms. Sebetulnya, apa sih manfaat minyak telon itu? Yuk simak berikut ini.

Anak Ikut Kursus Renang? Ini Dia Manfaat Kece yang Bisa Moms Dapatkan!

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari berenang? Yuk, simak berikut ini.