Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sembuh dari Bingung Puting

FEEDING  |  MY STORY  |  09 Mar '19


Moms, siapa di sini yang anaknya mengalami bingung puting? Disodorin payudara aja yang ada nangis, ujung-ujungnya dipaksa malahan makin kenceng nangisnya. 

Alva, anakku pernah banget Mom ngalamin bingung puting ini, rasanya dulu iri sekali lihat bayi lain yang ingin menyusu, sang ibu ibaratnya tinggal buka kancing baju aja tanpa perlu mendengar tangisan tidak sabar karena ASIP perlu dihangatkan dulu. Kalau payudara penuh, pumping, tidak bisa langsung sodorin ke Alva.

Alva bingung puting karena memang refleks isapnya belum sempurna. Ia lahir di usia kehamilan 33-34 weeks. Ditambah saat melahirkan, ASI-ku belum keluar, sehingga ia disusui ASI donor dengan media dot. Untuk mengisap dot saja perlu waktu yang tidak instan, karena lebih banyak menggunakan selang yang dihubungkan langsung ke lambung. Ia diperbolehkan pulang ke rumah jika minum ASI melalui media dot sebesar 70%. Jadi hal itulah yang menjadikan ia bingung puting ketika lahir.

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk membuatnya sembuh dari bingung puting, segala cara telah dilakukan. Sering disodorkan payudara, tapi hasilnya nihil. Juga pernah sampai aku membeli nipple shield yang konon katanya bagus digunakan untuk bayi yang bingung puting agar bisa belajar menyusui langsung, namun pada kenyataannya anak tetap tidak mau dan ASI yang keluar adalah merah karena bercampur darah (puting menjadi luka).

Dulu memang ketika keluar rumah sakit, aku tidak ajarin pakai sendok, atau media lainnya, karena ilmuku masih kurang. Aku cuma tahu kalau minum ASIP itu sebatas pakai dot aja. Sampai akhirnya di usia Alva 40 hari, aku menghubungi klinik bidan, waktu itu sih sekalian minta tolong cukur rambut. Bidan datang ke rumah cukup lama untuk mengobservasi Alva. Alva dilihat seberapa parahkah bingung putingnya. Untuk kasus Alva ini, dia tahu betul yang mana puting, tapi permasalahannya dia tidak mau menghisapnya. Ditunggu cukup lama sampai Alva mau menyusui langsung dan hasilnya nihil, ia menangis kehausan. Bidan menganjurkan untuk menggunakan sendok. Memang Alva nangis kencang sekali karena ia harus keluar dari zona nyamannya. Tapi memang harus tega!

Langkah selanjutnya adalah skin to skin, seperti IMD (inisiasi menyusui dini) pada kebanyakan orang saat melahirkan. Awalnya berhasil, ia berhasil merayap maju menuju puting dan pelan-pelan mulai meyusu tapi memang tidak ada yang instan. Salahku tergebu-gebu, kutunggu terus sampai ia betul-betul mau menyusu semalaman. Bayangkan semalaman tidak memakai baju akhirnya Alva sakit, batuk pilek. Esoknya mulai memberikannya ASIP melalui sendok lagi, namun karena Alva yang tidak sabar dan terus menangis, ditambah aku dan suami yang tidak tega, akhirnya kami kembali memberinya dot. Tapi aku sangat yakin suatu saat ia bisa sembuh dari bingung putingnya.

Sampai suatu saat di usianya 2,5 bulan, kami pergi keluar kota. Perjalanan lumayan panjang, dengan menggunakan mobil beberapa jam lalu sesudahnya naik pesawat. ASIP yang dibawa pun: mencair. Sampai ditujuan kami menginap di hotel dan ternyata tidak ada kulkas, seluruh ASIP akhirnya basi. 

Di sisi lain Alva mulai kelaparan, ingin pumping tapi tidak keburu, dalam hati betul-betul berdoa dan yakin: "Alva pasti bisa!" Terus di-sounding, Alva bisa, Alva bisa. Karena tidak ada pilihan lain satu-satunya cara agar ia kenyang adalah direct breasfeeding. Entah kebetulan, entah ia mengerti bahwa tidak ada ASIP yang bisa ia makan atau bagaimana, ketika pertama kali coba direct breastfeeding, berhasil. Ia terus menyusu lama sekali. Bahkan keesokannya, aku pumping dan mencoba memberikannya ke Alva, ia menolak. Ia sudah menemukan kenyamanannya dengan menyusu secara langsung. Dan sampai saat ini usianya sudah 13 bulan, justru kesulitan bagiku untuk memberikannya ASI dengan media lain.

Demikianlah sharing-ku tentang bagaimana Alva bisa sembuh dari bingung puting, selain kesabaran juga usaha dengan melatih anak melalui terus-menerus mengenalkan puting, hal penting lainnya adalah keyakinan. Mungkin selama ini aku meragukan Alva bahwa dia tidak bisa, dengan melabeli "ia tidak bisa", dan itulah yang menjadikannya betul-betul tidak bisa. Apalagi antara ibu dan anak ada ikatan batin yang kuat. Dengan yakin anak kita bisa, percaya atau tidak, ia pasti bisa. Semangat untuk selalu mengasihi ya Moms, bagaimana pun cara kita memberikan ASI kepada anak kita, kitalah yang lebih mengetahui bagaimana anak kita.

Semoga bermanfaat.

By: Monica Febrianty

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1669 Monica Febrianty

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

ASI Booster Alami Sahabat New Moms

Kebutuhan ASI untuk si kecil terutama newborn hingga usia 6 bulan memang sangat krusial ya Moms.

Akibat Malas Pumping ASI menjadi DROP!

Sebagai working mom, tentunya selalu punya keinginan untuk selalu mengasihi anak kita.

Tips Mengosongkan ASI dari Payudara

Moms, aku akan share cara untuk ngosongin ASI dari payudaraku, dan aku rinciin dari day 1 aku menyapih ya Moms.

Breastfeeding Story: Persiapanku untuk Tetap Bekerja dan Menyusui

Sebagai working Mom, menyusui jadi lebih "menantang" waktu cuti sudah habis & harus meninggalkan Syeron untuk bekerja.

Benarkah Menstruasi Memengaruhi ASI? Bagaimana jika ASI Drop?

Saat selesai masa nifas selama 2 bulan, tidak lama kemudian saya kembali mengalami menstruasi bulanan.

Masalah Menyusui yang Kualami

Ada kalanya rasa nyaman saat menyusui berubah menjadi momen yang menyakitkan dan tidak nyaman.

Lulus ASI Eksklusif 6 Bulan

Lulus ASI eksklusif 6 bulan ternyata gak semudah yang saya bayangkan apalagi saya working mom

Bunda Pejuang ASIP

Moms yang baru saja melahirkan pasti banyak yang merasakan dilema menyusui anaknya

Why Breastfeeding?

Menyusui merupakan momen indah dan menyenangkan bagi Moms yang baru saja melahirkan si Kecil.

Bayi Baru Lahir Belum Tentu Langsung Pintar Menyusu Loh Moms!

Dari pengalaman saya, banyak hal yang sebaiknya bumil ketahui lebih dalam seperti tentang menyusui

Botol Kaca, Solusi ASI Tersumbat

Penyumbatan ASI atau clogged duct pada ibu menyusui wajar terjadi. Bagaimana mengatasinya?

ASI Seret, Perlukah ASI Booster?

Kegalauan ibu yang masih dalam masa mengASIhi itu ketika ASI tidak lagi deras

Nursery Room: Edisi Jogjakarta

Kali ini nursery room yang akan direview berada di Jogjakarta. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Perjalananku MengASIhi si Kecil

Ini hanya tulisan biasa untuk sharing pengalaman karena saya tidak ingin Moms lain mengalami apa yang saya alami.

Seperti Apa Nursing Room di AEON Mall Serpong?

Bagi Moms yang kerap ke mall atau public space dengan bayi dan balita, tentu sudah tidak asing lagi dengan nursing room.

Pengalaman Menyusui: Permasalahan dan Solusi

Moms yang sedang menyusui pasti memiliki pengalaman masing-masing selama proses menyusui.

Bikin ASI Booster Sendiri Yuk!

Kali ini aku ingin berbagi beberapa resep ASI booster ala rumahan yang saya dapat dari seorang dokter

Event with Babyologist and Lactaboost

Aku berkesempatan hadir di acara Babyo & Lactaboost untuk membahas "BREASTFEEDING LANCAR TANPA HAMBATAN"

Pompa ASI Elektrik, Pilihan Tepat Bagi Working Moms

Sejak hamil, aku sudah antusias akan datangnya anak kami. Persiapan melahirkan dirancang sedemikian rupa.

Informasi Penting Seputar Pemberian ASI

Rekomendasi dari WHO untuk bayi 0-6 bulan itu hanya diberikan ASI SAJA secara eksklusif.