DAILY FEED

Review Doogle Wedge Pillow by Mom Catherine Review Doogle Wedge Pillow by Mom Catherine
18 Apr '19

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga
16 Apr '19

Chloasma, Kondisi Kulit yang Umum Dijumpai pada Bumil dan Busui Chloasma, Kondisi Kulit yang Umum Dijumpai pada Bumil dan Busui
18 Apr '19

Beruntungnya Aku Join Babyologist! Beruntungnya Aku Join Babyologist!
18 Apr '19

Anak Pertama, Persalinan Normal Hanya 2 Jam! Anak Pertama, Persalinan Normal Hanya 2 Jam!
18 Apr '19

Bekal Praktis dengan OmieBox Bekal Praktis dengan OmieBox
13 Apr '19

Review Woodwards Gripe Water Review Woodwards Gripe Water
18 Apr '19

Resep Pizza Mie Kale Resep Pizza Mie Kale
18 Apr '19

Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop
12 Apr '19

Toilet Training Kakak (Berbeda Cara dengan Adik) Toilet Training Kakak (Berbeda Cara dengan Adik)
18 Apr '19

Hidung Bayi Mampet? Berikut 4 Cara Melegakannya Hidung Bayi Mampet? Berikut 4 Cara Melegakannya
18 Apr '19

Bola-bola Ubi Madu Bola-bola Ubi Madu
18 Apr '19

Jangan Salah Memilih Selimut! Jangan Salah Memilih Selimut!
11 Apr '19

Pudding Coklat Regal (10 M+) Pudding Coklat Regal (10 M+)
18 Apr '19

Review Nuby Garden Fresh Nibbler Review Nuby Garden Fresh Nibbler
18 Apr '19

Sudah Terlanjur Botox Sebelum Mengetahui Kehamilan, Lalu Bagaimana? Sudah Terlanjur Botox Sebelum Mengetahui Kehamilan, Lalu Bagaimana?
18 Apr '19

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum
09 Apr '19

Rekomendasi Buku untuk Anak 2 Tahun+ Rekomendasi Buku untuk Anak 2 Tahun+
18 Apr '19

Mengatasi Puting Lecet dengan Medela Purelan Mengatasi Puting Lecet dengan Medela Purelan
18 Apr '19

Tips Menyusui Anak Kembar Tips Menyusui Anak Kembar
04 Apr '19

Mengatasi GERD Saat Hamil Mengatasi GERD Saat Hamil
18 Apr '19

Review Micro Trike by Mom Reza Review Micro Trike by Mom Reza
17 Apr '19

Camilan Sehat untuk Bayi (MPASI 9 M+) Camilan Sehat untuk Bayi (MPASI 9 M+)
17 Apr '19

Babyo Review Mini Pillow Babyo Review Mini Pillow
04 Apr '19

Review Burpy Bib by Aden Anais Review Burpy Bib by Aden Anais
17 Apr '19

Pentingnya Peranan dan Dukungan Keluarga Menjelang dan paska Melahirkan Pentingnya Peranan dan Dukungan Keluarga Menjelang dan paska Melahirkan
17 Apr '19

Resep MPASI Omelet Bayam Resep MPASI Omelet Bayam
17 Apr '19

Serunya Memiliki Toddler Serunya Memiliki Toddler
17 Apr '19

Gadget Itu Kawan atau Lawan buat si Kecil? Gadget Itu Kawan atau Lawan buat si Kecil?
17 Apr '19

Sewa Mainan. Yes or No? Sewa Mainan. Yes or No?
17 Apr '19

Breast Care saat Masa Kehamilan Breast Care saat Masa Kehamilan
17 Apr '19

Melatih Anak supaya Mau Duduk di Car Seat Melatih Anak supaya Mau Duduk di Car Seat
17 Apr '19

Tummy Time Menggunakan Nursing Pillow Baby Loop Tummy Time Menggunakan Nursing Pillow Baby Loop
17 Apr '19

Review by Mom Asri: Stroller Joie SMA Baggi Pavement Review by Mom Asri: Stroller Joie SMA Baggi Pavement
17 Apr '19

Cara Mengajak si Kecil Rutin Menyikat Gigi Cara Mengajak si Kecil Rutin Menyikat Gigi
17 Apr '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sembuh dari Bingung Puting

FEEDING  |  MY STORY  |  09 Mar '19

Moms, siapa di sini yang anaknya mengalami bingung puting? Disodorin payudara aja yang ada nangis, ujung-ujungnya dipaksa malahan makin kenceng nangisnya. 

Alva, anakku pernah banget Mom ngalamin bingung puting ini, rasanya dulu iri sekali lihat bayi lain yang ingin menyusu, sang ibu ibaratnya tinggal buka kancing baju aja tanpa perlu mendengar tangisan tidak sabar karena ASIP perlu dihangatkan dulu. Kalau payudara penuh, pumping, tidak bisa langsung sodorin ke Alva.

Alva bingung puting karena memang refleks isapnya belum sempurna. Ia lahir di usia kehamilan 33-34 weeks. Ditambah saat melahirkan, ASI-ku belum keluar, sehingga ia disusui ASI donor dengan media dot. Untuk mengisap dot saja perlu waktu yang tidak instan, karena lebih banyak menggunakan selang yang dihubungkan langsung ke lambung. Ia diperbolehkan pulang ke rumah jika minum ASI melalui media dot sebesar 70%. Jadi hal itulah yang menjadikan ia bingung puting ketika lahir.

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk membuatnya sembuh dari bingung puting, segala cara telah dilakukan. Sering disodorkan payudara, tapi hasilnya nihil. Juga pernah sampai aku membeli nipple shield yang konon katanya bagus digunakan untuk bayi yang bingung puting agar bisa belajar menyusui langsung, namun pada kenyataannya anak tetap tidak mau dan ASI yang keluar adalah merah karena bercampur darah (puting menjadi luka).

Dulu memang ketika keluar rumah sakit, aku tidak ajarin pakai sendok, atau media lainnya, karena ilmuku masih kurang. Aku cuma tahu kalau minum ASIP itu sebatas pakai dot aja. Sampai akhirnya di usia Alva 40 hari, aku menghubungi klinik bidan, waktu itu sih sekalian minta tolong cukur rambut. Bidan datang ke rumah cukup lama untuk mengobservasi Alva. Alva dilihat seberapa parahkah bingung putingnya. Untuk kasus Alva ini, dia tahu betul yang mana puting, tapi permasalahannya dia tidak mau menghisapnya. Ditunggu cukup lama sampai Alva mau menyusui langsung dan hasilnya nihil, ia menangis kehausan. Bidan menganjurkan untuk menggunakan sendok. Memang Alva nangis kencang sekali karena ia harus keluar dari zona nyamannya. Tapi memang harus tega!

Langkah selanjutnya adalah skin to skin, seperti IMD (inisiasi menyusui dini) pada kebanyakan orang saat melahirkan. Awalnya berhasil, ia berhasil merayap maju menuju puting dan pelan-pelan mulai meyusu tapi memang tidak ada yang instan. Salahku tergebu-gebu, kutunggu terus sampai ia betul-betul mau menyusu semalaman. Bayangkan semalaman tidak memakai baju akhirnya Alva sakit, batuk pilek. Esoknya mulai memberikannya ASIP melalui sendok lagi, namun karena Alva yang tidak sabar dan terus menangis, ditambah aku dan suami yang tidak tega, akhirnya kami kembali memberinya dot. Tapi aku sangat yakin suatu saat ia bisa sembuh dari bingung putingnya.

Sampai suatu saat di usianya 2,5 bulan, kami pergi keluar kota. Perjalanan lumayan panjang, dengan menggunakan mobil beberapa jam lalu sesudahnya naik pesawat. ASIP yang dibawa pun: mencair. Sampai ditujuan kami menginap di hotel dan ternyata tidak ada kulkas, seluruh ASIP akhirnya basi. 

Di sisi lain Alva mulai kelaparan, ingin pumping tapi tidak keburu, dalam hati betul-betul berdoa dan yakin: "Alva pasti bisa!" Terus di-sounding, Alva bisa, Alva bisa. Karena tidak ada pilihan lain satu-satunya cara agar ia kenyang adalah direct breasfeeding. Entah kebetulan, entah ia mengerti bahwa tidak ada ASIP yang bisa ia makan atau bagaimana, ketika pertama kali coba direct breastfeeding, berhasil. Ia terus menyusu lama sekali. Bahkan keesokannya, aku pumping dan mencoba memberikannya ke Alva, ia menolak. Ia sudah menemukan kenyamanannya dengan menyusu secara langsung. Dan sampai saat ini usianya sudah 13 bulan, justru kesulitan bagiku untuk memberikannya ASI dengan media lain.

Demikianlah sharing-ku tentang bagaimana Alva bisa sembuh dari bingung puting, selain kesabaran juga usaha dengan melatih anak melalui terus-menerus mengenalkan puting, hal penting lainnya adalah keyakinan. Mungkin selama ini aku meragukan Alva bahwa dia tidak bisa, dengan melabeli "ia tidak bisa", dan itulah yang menjadikannya betul-betul tidak bisa. Apalagi antara ibu dan anak ada ikatan batin yang kuat. Dengan yakin anak kita bisa, percaya atau tidak, ia pasti bisa. Semangat untuk selalu mengasihi ya Moms, bagaimana pun cara kita memberikan ASI kepada anak kita, kitalah yang lebih mengetahui bagaimana anak kita.

Semoga bermanfaat.

By: Monica Febrianty

Copyright by Babyologist

108 Monica Febrianty Send Message to Writer

Related Stories