Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sekolah di Masa Pandemi Seperti Ini, Sudah Siap Belum, Ya?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  REVIEWS  |  31 Mar '21


COVID-19 membuat semua sisi kehidupan terinterupsi, tak terkecuali dunia pendidikan. Demi mencegah penyebaran virus mematikan ini, sebagian besar sekolah memutuskan untuk menggelar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan PJJ ini memudahkan pengajar untuk menyampaikan materi dan membagi ilmu pengetahuan kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi seperti instant messaging dan video call.

Meski PJJ merupakan langkah yang tepat dalam memutus rantai persebaran virus Corona, rutinitas pergi ke sekolah memberikan pengalaman berbeda yang tak mungkin diulang kembali oleh para siswa saat mereka sudah dewasa. Oleh sebab itu, setelah kondisi pandemi membaik, kegiatan belajar-mengajar di sekolah akan dibuka kembali. Meski begitu, gaya hidup keluarga tetap harus disesuaikan seperti tetap menjalani protokol kesehatan; cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Nah, Moms, sudah siapkah Moms dan si Kecil menjalani kehidupan sekolah di masa pandemi?

Salah satu hal yang perlu Moms siapkan saat si Kecil mulai bersekolah kembali adalah bekal makanan. Terlebih di masa pandemi, jenis makanan dan kebersihan makanan berikut peralatan makannya harus Moms perhatikan baik-baik. Jangan sampai kelalaian Moms membuka peluang bagi kuman penyakit untuk menyerang si Kecil. Moms juga harus mendorong si Kecil agar senang menyantap bekal makanannya. Ini penting karena makanan bisa mengembalikan tenaganya yang digunakan untuk beraktivitas. Apa saja tips agar si Kecil semangat menyantap bekal makannya? Simak, yuk, tips berikut ini!

Tips agar si Kecil semangat menyantap bekal makan siangnya

1. Libatkan si Kecil dalam mengepak bekal makannya

Pada dasarnya, anak-anak senang membantu dan terlibat dalam kegiatan orang dewasa. Ketika si Kecil memiliki andil dalam apa yang akan dia makan saat di sekolah, dia akan lebih semangat menyantapnya nanti. Berikan 2-3 pilihan jenis makanan untuk bekalnya setiap harinya. Lalu, minta dia mengemasnya sendiri ke dalam tempat bekal. Ini akan memupuk rasa percaya diri dan bangga yang akhirnya akan berdampak positif yaitu menyantap bekal saat istirahat makan siang. Jika Moms memiliki waktu luang lebih, ajak si Kecil berbelanja bahan makanan bersama. Ini akan memupuk rasa tanggung jawabnya.


Selain membawa bekal makan, si Kecil juga perlu membawa bekal minum. Babycare Mercado 3-in-1 Vacuum Bottle adalah botol minum berkapasitas besar (600ml) yang sudah dilengkapi strap. Si Kecil pun mudah membawa botolnya sendiri. Botol minum dengan antisplash cover ini juga memiliki tiga macam tutup yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil yaitu tutup dengan sedotan yang dilengkapi bite resistant silicone straw, tutup langsung teguk, dan tutup dengan gelas.

Apabila Moms dan si Kecil hendak bepergian cukup lama, misalnya study tour,  Moms bisa membawakan dia bekal minum dalam Babycare Mercado 3-in-1 Vacuum Bottle. Botol minum BPA-free tersebut memiliki empat lapisan yang dapat menjaga suhu air minum hingga 15 jam sehingga rasa dan kualitas bekal minuman si Kecil tetap yang terbaik.

2. Ubah makanan sehat menjadi makanan yang fun

Anak-anak menyukai makanan yang berbentuk unik dan berwarna-warni sebab ini merangsang rasa ingin tahu mereka. Maka, sisihkan waktu untuk membuat bekal makanan menjadi lebih fun, misalnya, menetapkan tema yang berbeda setiap harinya dan membentuk makanan menjadi unik dengan pemotong kue khusus.

Si Kecil makan terlalu lama sehingga makanan dingin atau sup yang baru saja Moms siapkan masih terlalu panas? Dilengkapi dengan tiga layer design fungsional, Babycare New Water Heating & Cooling Bowl Set 5-IN-1 dapat digunakan untuk menghangatkan atau mendinginkan makanan si Kecil sehingga selalu siap disantap dalam suhu optimal. Desain bagian bawah mangkok yang datar efektif menghantarkan panas atau dingin dengan cepat. Si Kecil pun tidak perlu menunggu lama sampai makanan atau camilan yang disajikan siap disantapnya.

3. Buatlah camilan makan siang yang menginspirasi

Anak-anak mengandalkan camilan untuk menjaga energi mereka. Namun, jenis camilan juga tetap penting untuk dipertimbangkan. Camilan kemasan cenderung tinggi gula, natrium, dan lemak jenuh, serta kurang bernutrisi. Finger foods buatan sendiri pastinya lebih sehat, ya, Moms.

4. Potong makanan kecil-kecil sehingga mudah dimakan si Kecil

Apabila si Kecil senang mengobrol dengan teman-temannya saat makan siang dan “lupa” makan, potong makanan dalam bentuk bite sizes. Ini memungkinkan dia untuk tetap makan dengan mudah sambil tetap mengobrol dengan teman-temannya. Meskipun strategi ini tidak sepenuhnya baik karena mendorong perilaku mengobrol daripada makan, setidaknya volume makanan yang dimakan si Kecil sesuai dengan kebutuhannya. Untuk ke depannya, ajarkan si Kecil tetap fokus saat makan dengan strategi lain.

5.  Pastikan bekal makanan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dan cukup cairan

Diet seimbang mencakup semua kelompok makanan yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan susu. Maka, usahakan agar bekal makanan mengandung semua nutrisi tersebut. Anak usia sekolah juga dianjurkan untuk minum antara 6-8 gelas air sehari, bahkan lebih banyak jika cuaca panas atau tingkat aktivitas mereka tinggi. Jika “rasa” air terlalu membosankan bagi si Kecil, Moms bisa menyiasatinya dengan memasukkan beberapa potong buah beku untuk mempermanisnya, dan jaga agar tetap dingin.

Moms dapat menggunakan Babycare Double Layer Bowl untuk menyimpan makanan tersebut lalu dihangatkan saat akan dimakan. Dua tingkatan layer memudahkan Moms memisahkan varian makanan si Kecil sehingga tidak tercampur dan tidak berubah rasanya. Meskipun ukurannya compact, kapasitas mangkok besar sehingga praktis digunakan dan dibawa bepergian.

6.    Pastikan si Kecil bisa membuka kontainer makanan dengan mudah

Anak-anak yang masih kecil belum memiliki ketangkasan manual seperti orang dewasa. Maka, pilihlah wadah dan kotak makanan yang mudah dibuka. Waktu istirahat makan yang terbatas setiap harinya membuat si Kecil perlu segera membuka kotak makan dan mulai menyantap bekal. Jika dia tidak dapat membuka kotak makan siangnya dan harus bergantung pada bantuan guru, dia bisa kehilangan waktu makan. Lambat laun, dia bisa merasa malas makan dan pulang dengan bekal yang belum dibuka sama sekali.

Jangan pula menggunakan terlalu banyak kontainer untuk menaruh bekal makan. Anak prasekolah sebaiknya tidak menggunakan lebih dari tiga kontainer sebagai wadah makan. Moms dapat menggunakan kotak makan dengan warna berbeda untuk menandai yang mana yang berisi camilan dan makanan utama.

Bagaimana, Moms? Sudah siap menyiapkan bekal makan siang untuk dibawa si Kecil ke sekolah? Selalu terapkan protokol kesehatan saat menyiapkan makanan, ya, Moms! Ajari pula si Kecil untuk menerapkan gaya hidup sehat ini di mana saja terutama saat dia makan. Stay safe, stay healthy.

Referensi: Babycare Indonesia, Cook Smarts, Culinary Nutrition, Sarah Remmer

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7610 Babycare Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bantu Si Kecil Minum Obat Tanpa Rasa Pahit dengan Dr. Browns Pacidose

Setiap orang tua pasti setuju bahwa tidaklah mudah memberikan obat kepada anak-anak. Meski si Kecil merupakan anak yang penurut, wajar jika dia [...]

Babyo Review: Dr. Brown s Specialty Feeding System

Bayi yang lahir dengan bibir sumbing (cleft palate), tongue-tie, atau kelainan pada tulang kepala