Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sejak Kapan Mengenalkan Buku Pada Anak?

MY STORY  |  PARENTING  |  24 Apr '18


Sejujurnya, saya bukan tipikal individu yang suka membaca. Padahal, Ayah dan Ibu saya sangat hobi membaca, kakak saya pun sama. Sampai-sampai di rumah orang tua saya dulunya dibuatkan satu rak lemari khusus yang isinya semua buku-buku. Tetapi entah mengapa minat saya untuk membaca buku tak kunjung terlihat, justru tenggelam, seolah tidak ada sama sekali. Satu-satunya buku yang menarik perhatian saya pada saat itu hanyalah buku pelajaran dan LKS (itupun karena tuntutan sebagai siswa). Dampaknya? Saya cenderung dikenal sebagai anak yang kurang bergaul, kesulitan berkomunikasi di depan publik, dan yang paling membuat saya tertekan adalah ketika harus menyusun tugas akhir, saya sampai harus mundur beberapa bulan dari target, bolak-balik mengganti judul hanya karena tidak tahu apa yang harus saya tulis.

Sejak awal saya tahu bahwa saya hamil, saat itu pula saya berniat untuk menanamkan minat baca pada anak saya kelak. Saya ingin Hannah tidak mengalami kesulitan yang sama dengan yang saya alami selama ini. Saya ingin sekali menumbuhkan minat baca pada Hannah meskipun saya sendiri tidak suka membaca. Kemudian saya berpikir, bagaimana ya caranya? Saya sendiri saja yang dibesarkan oleh kedua orang tua yang antusias membaca, malah saya masih sangat tinggi sulit untuk tertarik pada buku. Bagaimana anak saya bisa hobi membaca kalau ibunya sendiri tidak suka membaca? 

Dari pengalaman saya yang memiliki riwayat orang tua gemar membaca namun tidak menular pada saya (anaknya), saya berasumsi bahwa ternyata sekedar hobi membaca saja tidak berpengaruh besar dalam menularkan minat baca pada anak. Memang, anak adalah peniru ulung dari setiap perilaku orang tuanya. Tetapi jika tidak dilibatkan secara langsung, hanya memperlihatkannya sebagai contoh saja, rasanya pengaruhnya memang sangat minim ya. Contoh nyata dalam kehidupan semasa sekolah/kuliah dahulu ketika ada sebagian guru/dosen memberikan berbagai jenis contoh soal, tanpa kita dilibatkan secara langsung/diberikan latihan-latihan/tugas yang harus dibawa pulang (pekerjaan rumah) untuk mengerjakan soal-soal terkait. Pertanyaannya, apakah pada saat ujian kita bisa mengerjakan jika diberikan soal yang sama? Mungkin bagi sebagian murid/mahasiswa yang jenius bisa saja, tetapi bagi rata-rata orang tentu saja mereka akan lupa bagaimana cara mengerjakannya. Hal ini wajar, karena kita sebagai manusia memiliki keterbatasan memori dalam otak. 

Setiap hari, jam, menit, bahkan detik, otak kita menerima ribuan, bahkan jutaan informasi untuk direkam dan kemudian diproses serta disimpan dalam ruang memori otak. Hal ini terjadi berulang-ulang setiap kali otak kita menerima informasi, yang artinya informasi-informasi lama akan tergantikan dengan beragam informasi baru yang kita terima. Bayangkan sudah berapa banyak informasi yang sudah direkam oleh otak selama masa hidup kita? Sementara secara biologis, kemampuan sel-sel otak akan cenderung menurun seiring dengan pertambahan usia. Sama halnya dengan kegemaran akan suatu hal (hobi), terutama membaca buku, yang timbul bukan hanya karena sekedar menirukan kebiasaan seseorang atau karena dicontohkan oleh orang terdekat/lingkungan, tetapi karena kita sebagai subjek terlibat langsung (baik secara fisik maupun emosional) dalam melakukan aktivitas tersebut, dan keterlibatan yang dapat menumbuhkan kebiasaan harus dilakukan secara berulang-ulang, serta dalam jangka waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk mengenalkan buku pada anak sejak usia dini, bahkan sejak si calon anak masih berada di dalam kandungan ibunya.

Semoga bermanfaat.

By: Iswatun Hasanah.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2100 Iswatun Hasanah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]

Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Ngomong, Wajarkah?

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gpp nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.