Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Seberapa Besarkah Kontribusi Udara Kotor Terhadap Penyakit Kanker Paru-paru?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  05 Jan '21


Pada tahun 2003, kanker paru-paru menjadi penyebab kematian 1,2 juta jiwa di seluruh dunia. Angka ini mengungguli angka mortalitas kematian akibat kanker lainnya di negara-negara maju.

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang berasal dari paru-paru dan menyebabkan penderitanya mengalami sejumlah gejala berikut.

Tanda dan gejala kanker paru-paru:

·         Batuk-batuk yang tak kunjung mereda

·         Batuk berdarah

·         Napas pendek yang datang tiba-tiba dan berlangsung sepanjang hari

·      Sakit di daerah dada, punggung, atau bahu yang bertambah parah apabila batuk, tertawa, atau menghela napas dalam-dalam

·         Suara serak atau mengi

·         Kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas

·         Kehilangan nafsu makan

·         Sakit pada tulang

·         Sakit kepala

·         Merasa lelah dan lemah

·         Bengkak di wajah atau leher

·         Sulit menelan atau merasa nyeri saat menelan

·         Jari mengalami kelainan yang disebut jari tabuh

Banyak kasus kanker paru-paru yang disebabkan oleh merokok. Akan tetapi, pengaruh lingkungan, termasuk polusi udara, juga sudah lama menjadi perhatian. Pada tahun 1950-an di Amerika dan Eropa, muncul epidemi kanker paru-paru yang  salah satunya disebabkan oleh meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor dan mesin pabrik.

A. J. Cohen dalam artikel berjudul “Air Pollution and Lung Cancer: What More Do We Need to Know?”, diterbitkan oleh jurnal Thorax pada tahun 2003, menyebutkan bahwa paparan polusi udara diperkirakan berkontribusi pada 62.000 kematian akibat kanker paru-paru per tahun di seluruh dunia. Kasus ini sebagian besar ditemukan pada kota-kota padat penduduk di negara berkembang.

Setelah mengetahui sedemikian besarnya peran udara kotor terhadap penyakit kanker paru-paru, Moms perlu menjalankan beberapa langkah pencegahan. Meski diketahui tidak ada cara yang pasti untuk mencegah kanker paru-paru, Moms bisa mengurangi risikonya dengan cara berikut.

Kiat-kiat mencegah kanker paru-paru:

1.    Jangan merokok atau berhentilah merokok

Jangan pernah mencoba untuk mulai merokok. Jika Moms atau anggota keluarga ada yang merokok, segeralah berhenti. Racun yang terbentuk di dalam paru-paru karena merokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan merupakan penyebab utama kanker paru-paru.

2.    Hindari menjadi perokok pasif

Hindarkan diri dan si Kecil dari paparan asap rokok. Paling tidak, mintalah si perokok untuk merokok di ruangan terbuka. Jangan mengunjungi tempat-tempat yang banyak orang merokok seperti bar dan restoran.

3.    Gunakan masker saat berada di luar ruangan

Karena kita tidak bisa mengontrol seberapa bersih udara di luar ruangan atau tempat publik, kenakan masker sebagai pelindung diri dari paparan bahan kimia berbahaya.

4.    Makanlah banyak buah dan sayuran

Hidup sehat dimulai dari makan makanan bergizi. Santaplah diet sehat dengan berbagai macam buah dan sayuran. Nutrisi dan vitamin dari makanan adalah yang terbaik. Hindari minum vitamin atau suplemen dalam dosis tinggi karena malah bisa membahayakan tubuh.

5.    Olahraga teratur

Mulailah untuk berolahraga secara teratur. Olahraga membuat kinerja organ tubuh optimal, badan sehat, dan imun kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain tips di atas, Moms dapat menggunakan air purifier untuk membantu memperbaiki kualitas udara di rumah. Perangkat air purifier mampu menyaring partikel-partikel berbahaya di udara sehingga membuat udara kotor menjadi bersih kembali dan anggota keluarga dapat #BernafasLebihBaik

DREW Pure 1 adalah air purifier yang tidak hanya memurnikan udara tetapi juga memberantas virus. Moms bisa mempertimbangkan untuk membeli dan memasang DREW air purifier di rumah.

Apa saja keunggulan DREW Pure 1?

1.    Efektif menyaring udara kotor dan memurnikannya

Filter HEPA-13 yang terpasang di DREW Pure 1 dapat menyaring 99,97% partikel-partikel kecil di udara yang berukuran hingga 0,3 mikron. Partikel-partikel tersebut termasuk debu, tungau, spora, bakteri, jamur, bulu hewan peliharaan, dan virus. Setelah di-filter, udara bersih dialirkan kembali ke dalam ruangan.

2.    Mampu membunuh virus tanpa efek samping pada manusia

DREW Pure 1 dilengkapi sinar UV-C yang mampu merusak sel-sel partikel jahat, menghancurkan asam nukleat, dan mengganggu DNA virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit. Patogen-patogen tersebut akan mati atau tidak bisa berkembang biak.

Meski paparan sinar UV-C secara langsung berbahaya bagi manusia, Moms tidak perlu khawatir terhadap penggunaan air purifier dari DREW ini. Perangkat DREW Pure 1 memiliki lampu sinar UV-C yang ditempatkan di dalam tabung. Sinarnya tidak akan memancar langsung ke ruangan atau mengenai kulit manusia sehingga aman.

3.    Mengatasi stres dan meningkatkan kualitas tidur

Fitur warm ambient night light yang senyap pada DREW Pure 1 dapat mengurangi stres, membuat suasana menjadi relaks, dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian, Moms beserta keluarga dapat menikmati waktu istirahat lebih optimal sehingga dapat terbangun dengan kondisi badan segar bugar.

4.    Bisa menjangkau seluruh ruangan

DREW Pure 1 mempunyai Clean Air Delivery Rate CADR 60, artinya, perangkat ini efektif untuk digunakan di ruangan seluas 15 meter persegi. Maka, Moms bisa menempatkannya di kamar tidur tanpa khawatir ada tempat yang tidak tercover aliran udara dari air purifier.

5.    Lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan produk sejenis

Konsumsi listrik DREW Pure 1 rendah yaitu hanya 45 Watt setiap kali pemakaian. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran listrik rumah tangga. Moms juga bisa mengatur kecepatan kipas melalui fitur multiple fan speed option.

Ubah udara rumah yang kotor menjadi bersih dengan air purifier dari DREW. #BernafasLebihBaik kurangi risiko kanker paru-paru.

Referensi: Cancer Center, DREW, Mayo Clinic, Thorax

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

613 Drew Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Yuk, Jaga Kualitas Udara Demi Hidup Sehat

Di tengah-tengah polusi yang ada, bagaimana caranya mendapatkan udara yang berkualitas? Simak berikut ini!