Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Seberapa Pentingkah Mesin Dryer dan Sterilizer?

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  18 May '20


Mencuci barang-barang yang digunakan si Kecil tetap higienis adalah prioritas yang penting, apalagi benda-benda seperti botol susu dan alat makan yang akan masuk ke dalam mulut si Kecil. Tetapi, tahap berikutnya juga tidak kalah penting, lho Moms.

Mengeringkan botol dan alat makan si Kecil sangatlah penting karena bakteri dapat kembali menempel pada alat makan dari titik-titik air yang tersisa pada saat kita mengeringkannya dengan menaruh di rak pengering saja dengan udara terbuka di mana ada bulu binatang dan debu yang berkeliaran. Dan mengeringkan alat makan dan botol si Kecil menggunakan kain lap juga tidak menjamin kebersihannya, karena kain lap (apalagi yang lembab) juga dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang tidak terlihat.

Inilah mengapa mesin pengering yang tertutup berperan sangat penting untuk memastikan kehigienisan alat makan dan bahkan mainan si Kecil terjaga. Karena mesin pengering meniupkan angin yang telah disaring agar tidak ada air yang tersisa pada botol, dan juga tidak mengekspos botol atau alat makan si Kecil kepada udara yang belum tentu bersih.

Mesin sterilisasi juga menjadi cara yang efektif, tidak memerlukan air dan panci yang terlalu banyak hingga prosesnya sangat praktis. Proses sterilisasi biasanya memakan kurang lebih 10 menit dan tidak perlu membuang waktu menunggu air untuk mendidih dan tidak menjadi bahaya juga dibandingkan dengan air mendidih yang dapat menjadi bahaya terhadap keamanan jika ditinggal sejenak.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mensterilisasi alat makan dan mainan si Kecil sudah tidak terlalu dibutuhkan karena air dan sabun yang sudah cukup bersih. Merebus peralatan makan dan botol minum si Kecil dulu mungkin diperlukan karena sulitnya akses terhadap air bersih.

Tentu saja, sterilisasi tetaplah menjadi sebuah langkah baik yang dapat dilakukan untuk perlindungan lebih dari kuman jika Moms tetap khawatir akan kuman yang tidak terlihat. Untuk anak yang sudah lebih besar, sterilisasi tidak lagi diperlukan asalkan mainan dan alat makan si Kecil sudah dicuci secara menyeluruh karena daya tahan tubuh mereka sudah lebih kuat. Tentu saja, sterilisasi 100% tidak dapat sepenuhnya didapatkan karena setelah botol dikeluarkan dari tempat sterilisasi, akan terekspos kembali ke udara sekitar. Namun, jika setelah dikeluarkan langsung digunakan oleh si Kecil, kuman dan bakteri pasti dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan ketika dibiarkan di udara yang terbuka.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

107 Babymoov Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Relaktasi Apa dan Gimana ?

Apa itu relaktasi dan bagaimana caranya? Yuk simak berikut ini.

Jangan Salah Memilih Kantung ASI

Memompa ASI bukanlah hal yang mudah, karena itu pastikan Moms juga menggunakan kantung ASIP yang berkualitas baik.

7 Tips Memilih Sterilizer yang Tepat

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sterilizer untuk si Kecil? Yuk, simak berikut ini.

Benarkah Kolik Disebabkan oleh Alergi Susu Sapi?

Tahukah Moms, ada banyak penyebab kolik pada bayi. Benarkah alergi susu adalah salah satunya?

Dr. Brown's presents: Dr. Brown’s Options+ PESU Wide Neck Bottle!

Pemilihan botol susu yang tepat akan menciptakan pengalaman minum susu terbaik untuk si Kecil.

What's New on Dr. Brown's Options+ Narrow Neck Bottle?

Options+ hadir dengan fitur yang meningkatkan kenyamanan si Kecil ketika menyusu.

Manfaat Botol Susu Dr. Brown's untuk Bayi

Karena beberapa hal, ibu biasanya tidak bisa menyusui bayinya secara langsung.

Cara Mencegah Si Kecil Muntah ketika Minum Susu!

Tahukah Moms kalau gumoh pada bayi dapat dicegah? Yuk, simak beberapa tips mencegah gumoh di artikel ini!