Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Seberapa Pentingkah Humidifier Bagi Kesehatan Anak?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  27 Feb '20


Humidifier adalah salah satu perlengkapan keluarga yang sering dicari. Terutama, jika ruangan si Kecil menggunakan AC. Ruangan yang menggunakan AC cenderung lebih kering. Tingkat kelembaban udara yang rendah di dalam ruangan tertutup dapat menimbulkan masalah kesehatan pada anak seperti iritasi mata, hidung mimisan, dan dehidrasi kulit. Oleh karena itu, perangkat pelembab udara ini dianggap dapat mengurangi tingkat kekeringan di dalam ruangan sehingga masalah-masalah kesehatan seperti ini dapat dihindari.

Akan tetapi, sebetulnya, humidifier itu penting, nggak, sih? Nah, Moms, simak penjelasan singkat tentang apa itu humidifier dan pentingnya alat ini bagi kesehatan anak berikut ini.

Seorang dokter anak di Columbia Doctors Midtown Pediatrics, Lauren Levine, mengatakan bahwa penting tidaknya menggunakan humidifier untuk rumah tangga tergantung kesehatan si Kecil. Alat ini memang dapat membantu di iklim dan kondisi tertentu.

Manfaat humidifier bagi kesehatan anak:

Meredakan hidung tersumbat saat flu

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan penggunaan humidifier ketika si Kecil terserang demam. Pernyataan ini didukung oleh dokter Luis E. Ortiz dari Johns Hopkins All Children’s Hospital yang menerangkan bahwa alat pelembab udara ini melindungi kulit anak dari kekeringan dan mengurangi hidung tersumbat dengan membantu melonggarkan lendir. Ini tentu sangat membantu bagi si Kecil karena obat bebas untuk anak seusianya terbatas. Dr. Levine pun sependapat dengan hal ini karena dia meyakini bahwa humidifier dapat membantu meredakan batuk.

Menjaga kelembaban kulit

Orang yang terekspos udara kering dapat merasa gatal-gatal di kulit. Tidak hanya itu, dia juga dapat mengalami kondisi kulit pecah-pecah dan masalah dermatologis lainnya. Salah satu masalah kulit yang lazim ditemukan pada bayi adalah eksim. Humidifier, menurut dokter Ellen M. Schumann, dapat membantu menjaga kulit si Kecil tetap lembab saat dia menderita eksim. Udara dengan kelembaban terjaga akan mempercepat proses penyembuhannya.

Mencegah iritasi mata

Tingkat kelembaban udara yang rendah, terutama lazim ditemui di ruang ber-AC, meningkatkan risiko iritasi mata. Sebuah penelitian yang dipublikasi di Environment International karya Peder Wolkoff dan S. K. Kjaergaard menyebutkan bahwa tingkat kelembaban udara ideal sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Di sisi lain, paparan udara kering dalam jangka panjang akan mengakibatkan sakit mata. Karena itulah, humidifier yang berfungsi melembabkan udara secara tidak langsung dapat mencegah iritasi mata.

Mengatasi hidung mimisan

Apabila udara sekitar kering, selaput hidung dapat mengering sehingga kulit di dalam hidung mengeras. Kulit yang mengeras ini mudah teriritasi. Jika kulit ini tergores, maka si penderita akan mengalami kondisi hidung mimisan. Salah satu cara mengatasi rentannya hidung mimisan adalah menjaga agar udara tetap lembab, tidak terlalu kering, dan tidak terlalu dingin. Humidifier adalah alat tepat untuk mengontrol kelembaban udara di ruang tidur si Kecil.

Mengurangi rasa kering di tenggorokan

Saat bangun tidur, seringkali tenggorokan terasa kering karena dehidrasi saat tidur. Terkadang hal ini diakibatkan oleh udara kering karena penggunaan AC di kamar tidur. Rasa kering ditenggorokan ini dapat menyebabkan batuk. Humidifier dapat membantu menjaga kadar kelembaban di ruang tidur. Dengan kelembaban yang terjaga, maka risiko tenggorokan kering saat bangun tidur dapat dihindari.

Tips memilih humidifier untuk ruang tidur si Kecil

Berikut ini beberapa tips memilih humidifier yang tepat:

1. Perhatikan fitur keamanan humidifier

Ketika membeli perangkat apa pun, entah itu perangkat elektronik atau tidak, Moms tentu harus memperhatikan fitur keamanannya. Untuk humidifier, pilihlah yang memiliki fitur auto shut-off agar tetap aman dari risiko korsleting.

2. Pilihlah humidifier versi cool mist humidifier

Cool mist humidifier lebih cocok digunakan untuk rumah tangga yang memiliki anak kecil. Moms, pasanglah perangkat jenis ini di ruangan tidur si Kecil. Sebaliknya, warm mist humidifier memiliki risiko menyebabkan kebakaran apabila si Kecil tidak sengaja menjatuhkan perangkat tersebut.

3. Periksa tingkat kebisingan humidifier

Karena bayi adalah makhluk sensitif yang mudah terganggu, pertimbangkan untuk memilih humidifier yang beroperasi dengan hening. Perangkat yang minim suara tentu tidak akan mengganggu tidur si Kecil.

4. Pertimbangkan kepraktisan perangkat humidifier

Unit humidifier yang mudah dioperasikan tentu akan mempermudah pekerjaan Moms. Untuk itu, periksa apakah produk humidifier yang ditawarkan mudah dikendalikan atau tidak.

Periksa juga kapasitas tangki penampung air. Tangki yang besar mampu menampung banyak air sehingga perangkat bisa dioperasikan dalam waktu lama tanpa harus menambahkan airnya.

Lalu, cek apakah semburan mist dari humidifier dari segala arah atau hanya ke sudut-sudut tertentu saja. Alat yang dapat menyemburkan mist  ke segala arah tentu lebih optimal daripada yang tidak.

5. Cek fitur-fitur lain yang mungkin bermanfaat

Semua produsen humidifier tentu berlomba-lomba menawarkan fitur terbaik agar menarik perhatian konsumen. Maka dari itu, ceklah fitur-fitur yang mungkin ditawarkan produk yang hendak Moms pilih. Saat ini, ada produk humidifier yang dapat digunakan dengan aroma oil atau minyak esensial. Moms mungkin bisa mempertimbangkan fitur-fitur tersebut dan fitur lainnya sebelum membeli.

Nah, Moms, itulah beberapa manfaat menggunakan humidifier untuk kesehatan anak serta tips-tips memilih humidifier yang cocok dipasang di kamar si Kecil. Udara dengan kelembaban ideal akan meningkatkan kualitas kesehatan di lingkungan si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2251 Dr Browns Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Yuk, Sayangi Bahumu!

Karena sering membawa beban berat yang tidak seimbang di bahu, seseorang dapat menderita kejang otot lokal di sekitar leher dan panas di bahu. [...]

Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Jaga Makan, Olahraga, dan Jaga Kualitas Udara

Di masa new normal ini, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk, simak berikut ini.

Cara Mudah Mencegah Dehidrasi yang Menyebabkan Virus Bertumbuh

Tahukah Moms bahwa tenggorokan yang kering dapat menyebabkan virus bertumbuh? Yuk, cegah dengan cara berikut ini!

Tips Buat Moms untuk Sambut New Normal Dengan Imunitas Prima

Moms sudah harus kembali beraktivitas di masa new normal ini? Pastikan imun kuat ya!

Apa Saja Keunggulan UV Air Purifier?

Apa kelebihan UV air purifier dengan air purifier lainnya? Mari simak bersama berikut ini.

Tetap Sehat Walau #DiRumahAja

Walaupun #dirumahaja, jangan lupa untuk memastikan Anda dan keluarga dalam keadaan sehat-sehat ya Moms and Dads.

Cara Yang Benar Dalam Menggunakan Minyak Telon Untuk Bayi

Penggunaan minyak telon tentu tidak asing lagi. Tapi tahukah Moms mengenai cara penggunaannya yang benar?

Manfaat Air Humidifier Pada Masa Pandemi COVID-19

Apa manfaat air humidifier untuk kesehatan? Mari pelajari bersama berikut ini.

Tips Mencegah DBD pada si Kecil

Selain Covid-19, Moms and Dads juga harus berwaspada terhadap bahaya demam berdarah. Simak tips berikut ini ya.

Tips Berjemur Dengan si Kecil

Berjemur adalah salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D yang kita butuhkan. Simak tips berjemur yang aman berikut ini yuk.

Apa Itu Cradle Cap?

Apa sih cradle cap? Berbahayakah untuk si Kecil? Kita simak bersama berikut ini.

6 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Selama Pandemi Virus Corona

Di tengah-tengah pandemi Covid-19, apa yang sebaiknya dilakukan agar kesehatan si Kecil tetap terjaga? Yuk simak berikut ini.

Purifier dan Humidifier, Apa Bedanya?

Moms pasti sering mendengar istilah Air Humidifier dan Air Purifier. Sebetulanya apa, sih, bedanya? Yuk simak berikut ini!

Tips Mengurangi Risiko Alergi pada Bayi dengan Humidifier

Unit cool mist humidifier menggunakan filter sumbu internal untuk menyerap air dari cadangannya.

Tips Mencegah Infeksi Virus dengan Purifier

Air purifier dapat menghilangkan mikroba-mikroba terkecil di udara.

4 Cara Menjaga Kebersihan Udara agar Terhindar dari Virus

Untuk memperlambat pertumbuhan mikroba jahat, pastikan kelembaban udara di rumah sekitar 30% hingga 50%.

Perbedaan Cod Liver Oil dan Minyak Ikan Biasa

Apa, sih, bedanya cod liver oil dengan minyak ikan biasa? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!

Gerakan Yoga Untuk Anak

Mengajarkan yoga kepada anak-anak adalah hal terbaik yang bisa moms lakukan buat mereka.

Usir Stretch Marks? Begini Caranya!

Bagaimana, sih, cara mengusir stretch marks? Yuk simak caranya di sini!

Apa itu Dermatitis Atopik atau Eksim?

Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kering, gatal, pecah-pecah yang meradang.