Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

SAYUR KACANG MERAH : Solusi Masakan Sehat Tapi Simple

FEEDING  |  TODDLER  |  13 Apr '20


Mama Zila selalu bikin resep masakan yang sederhana, karena ngerasain sendiri masak itu kadang males apalagi kalo bahannya yanng susah dicari ya Moms.

Sayur kacang merah selalu saya buat kalau lagi bingung mau masak apa, terus kalau lagi gak ada apa-apa juga di dapur kecuali kacang karena dia tahan lama meski di simpen lama. Jadi stok kacang-kacangan ini mesti ada banget ya Moms buat saya.

Selain itu manfaat kacang merah memang banyak banget ya Moms, salah satu nya adalah melancarkan pencernaan, memelihara kesehatan jantung, mencegah diabetes, mencegah penuaan dini dan mengendalikan nafsu makan terutama pada anak-anak.

Berikut bahan dan langkah membuat sayur kacang merah ya Moms.

Bahan:
⚫ 3 genggam kacang merah.
⚫ Secukupnya air (sesuaikan dg selera).
⚫ 1 bungkus asem jawa (asem biasa yang masih seger boleh, pokonya yang penting rasanya asem).
⚫ 2 siung bawang merah.
⚫ 1/2 siung bawang putih (gk suka boleh skip).
⚫ Secukupnya garam.
⚫ Secukupnya penyedap rasa.
⚫ 1/2 sdt kaldu jamur/kaldu bubuk.
⚫ 1 1/2 buah gula merah ukuran kecil.
⚫ 1/2 sdm gula pasir (boleh skip).

Cara buat:
⚫ Cuci bersih kacang merah, bila perlu rendam semalaman agar proses merebus tidak terlalu lama ya Moms.
⚫ setelah di cuci bersih, rebus kacang merah sampai empuk.
⚫ Setelah empuk, bila perlu tambahkan air lagi ke dalam rebusan untuk kuah, bila di tambahkan lagi biarkan air hingga mendidih kembali.
⚫ Setelah mendidih, iris bawang merah dan bawang putih, masukan ke dalam kacang merah. masukan juga garam, penyedap rasa, asem, gula merah, gula pasir dan kaldu jamur/bubuk.
⚫ koreksi rasa dan selesai.

Rasanya bakal asem manis tapi enakan lebih dominan manis ya Moms. Sajikan selagi hangat rasanya segar banget.

Sayur kacang merah ini gampang banget di bikin, jadi ini recomended banget deh buat kita yang gak punya banyak waktu tapi pengen tetep masak yang enak dan sehat untuk si kecil dan keluarga.

Selamat mencoba ya Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

532 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Roti Apel Homemade

Moms sedang mencari ide untuk bikin camilan? Simak resep berikut ini ya.

Resep MPASI: 3C (Chicken Cheese Carrot) Nugget (12m+)

Hai, Moms! Pernah alamin anak susah makan atau makan pilih-pilih? Inilah resep MPASI Chicken Cheese Carrot Nugget yang disukai anak.

Resep Snack: Serabi Kinca

Siapa yang suka serabi? Snack yang satu ini tentunya digemari oleh banyak orang. Coba bikin sendiri yuk Moms!

Resep Camilan : Oreo Cheese Cake Homemade

Resep Oreo Cheese Cake yang satu ini bisa dicoba nih Moms!

Tahu Bakso Kuah Kaldu ala Mom Intan

Menu dengan kuah sangat cocok untuk si Kecil karena lebih mudah ditelan Moms. yuk, coba resep ala mom Intan.

Resep MPASI Nasi Tim Hijau Daging Sapi (12m+)

Nasi tim hijau daging sapi ini bisa dicoba untuk si kecil yg kurang suka sayur ya Moms. Selamat mencoba!

Soto Ayam Telur Puyuh

Si Kecil suka dengan makan makanan berkuah? Selain sayur sop atau sayur lodeh, Moms juga bisa bisa mencoba menu ini.

Bola-Bola Nasi Udang GTM Usia 12M+

Anak sedang dalam tahap GTM? Akali dengan resep ini aja Moms. Bisa disimpan difreezer untuk cemilan atau makan berat.

Resep MPASI Tenggiri Panggang Saus Keju (12m+)

Yuk, variasikan makanan MPASI si kecil agar tidak bosan Moms. Berikut resep Tenggiri panggang saus keju ala mom Dinar.

Tumis Tofu Brokoli dan Wortel Kuah Telur (17 M+)

Sedang mencari menu baru untuk si Kecil berusia 17 bulan keatas? Yuk, coba resep bergizi ala Mom Rika.