Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

SAP Persiapan Persalinan Normal

PREGNANCY  |  03 Sep '18

SAP (Satuan Acara Penyuluhan) Persalinan memiliki tujuan intruksional umum dan tujuan intruksional khusus.

Tujuan intruksional umum yaitu : setelah diberikan pendidikan kesehatan mengenai persiapan persalinan selama kurang lebih 30 menit, ibu hamil harus mampu menjelaskan macam-macam persiapan sebelum persalinan.

Tujuan intruksional khusus yaitu : ibu hamil mampu menjelaskan pengertian persalinan, macam-macam persalinan dan apa saja persiapan dalam menghadapi persalinan.

Beberapa Materi Penyuluhan

Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yaitu janin yang telah memiliki cukup bulan dan siap untuk melalui jalan lahir atau jalan lainnya, baik itu menggunakan bantuan atau tidak menggunakan bantuan. Sedangkan persalinan normal yaitu lahirnya bayi melalui lubang vagina dengan letak belakang kepala kecil, lahir secara spontan tanpa memakai alat bantu dan ibu tidak mengalami kontraksi, proses persalinan normal biasanya berlangsung kurang dari 24 jam.

Persiapan Menghadapi Persalinan

  1. Persiapan Persalinan Secara Fisik/Biologis
    Pada saat kehamilan memasuki trimester akhir, perut ibu akan semakin membesar dan ibu akan merasakan pergerakan bayi, kemudian ibu juga akan merasa semakin tidak bebas. Ibu juga akan mengalami ganguan buang air kecil, kaki menjadi bengkak, otot panggul dan otot jalan lahir akan mengalami penekanan yang diakibatkan oleh janin yang semakin membesar. Keluarnya bayi sebagian besar disebabkan oleh adanya kekuatan dan kontraksi otot-otot, sebagian lagi disebabkan oleh tekanan dari perut.

  2. Persiapan Psikologis
    Pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, ibu harus siap dengan perasaan yang tiba-tiba berubah, hal itu disebabkan karena ibu sering merasa cemas dengan persalinan yang akan dihadapi. Siapkan mental serta dukungan moral dari suami dan keluarga untuk menghadapi proses persalinan, serta yakinkan diri bahwa proses persalinan adalah suatu proses yang akan menyenangkan, sebab ibu akan segera bertemu dengan sang buah hati. Hilangkan segala perasaan takut terhadap darah, rasa sakit, serta pikiran-pikiran negatif. Pelajari terlebih dahulu mengenai proses persalinan, ibu bisa melakukannya dengan konsultasi dengan dokter kandungan.

  3. Persiapan Sosial
    Persiapan sosial meliputi lingkungan sosial, persiapan kondisi ekonomi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang akan dibutuhkan oleh ibu dan bayi.

  4. Persiapan Tabungan
    Melahirkan tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar, untuk itu ibu dan suami disarankan untuk mempersiapkan tabungan untuk persalinan nanti, agar saat menghadapi persalinan ibu dan suami bisa tenang jika semua kebutuhan persalinan sudah terpenuhi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

972 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories