Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sakit Pinggang saat Hamil Muda, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  03 Apr '22


Sakit pinggang pada awal kehamilan apa wajar? Sakit pinggang saat hamil muda memang seringkali dikeluhkan sehingga membuat aktivitas sehari-hari sedikit terganggu. Keluhan ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan bahkan kaku pada area pinggang hingga pinggul. Meskipun keluhan sakit pinggang banyak dialami saat kehamilan trimester akhir, rupanya di awal kehamilan pun gejala sakit pinggang sudah sering dirasakan para ibu hamil.

Apa Penyebab Pinggang Sakit saat Hamil?

Secara umum, kondisi rahim yang semakin tumbuh dan berat akan membuat keseimbangan ibu hamil semakin berkurang karena pusat gravitasi mulai bergeser ke arah depan. Untuk menopang beban tubuh, pinggang, dan punggung bawah, tubuh cenderung lebih melengkung dari biasanya. Akibatnya, Moms akan merasakan otot lebih tegang dan sering disertai dengan rasa nyeri di pinggang. American Pregnancy Association menyebutkan bahwa sekitar 50-80% ibu hamil mengalami sakit pinggang yang menyebabkan rasa tidak nyaman selama kehamilan.
Adapun penyebab dari keluhan sakit pinggang saat hamil muda adalah:
  1. Kenaikan Berat Badan
Biasanya selama masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 11–15 kg dari sebelumnya. Kenaikan berat badan tersebut menyebabkan tulang belakang mengalami penekanan sehingga menyebabkan sakit pinggang.
  1. Perubahan Hormon
Dilansir dari What to Expect, keluhan sakit pinggang saat hamil berhubungan dengan pelepasan hormon relaksin yang berlangsung selama kehamilan. Kondisi tersebut akan menyebabkan ligamen sendi di panggul mengendur untuk memudahkan jalannya persalinan.
  1. Perubahan Postur Tubuh
Kehamilan menyebabkan terjadinya perubahan postur tubuh serta cara bergerak yang berbeda dari sebelumnya. Kondisi ini akan membuat ketegangan semakin bertambah sehingga memunculkan keluhan sakit pinggang.
Keluhan nyeri pinggang akan terasa semakin parah ketika postur tubuh Anda dalam posisi yang salah misalnya saat sedang duduk atau berdiri. Selain itu, ibu hamil yang  terlalu lama berdiri atau duduk juga rentan mengalami keluhan sakit pinggang.
  1. Stres
Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan akan sangat berpengaruh pada emosi dan tingkat stress. Kondisi ini rupanya juga berdampak pada ketegangan otot sehingga mengakibatkan keluhan sakit pinggang atau nyeri saat hamil muda.
  1. Saraf Kejepit
Penyebab lain dari keluhan nyeri panggul saat hamil muda adalah kondisi saraf panggul atau punggung bawah yang terjepit. Kondisi nyeri ini bisa dialami oleh ibu yang sedang hamil muda ataupun hamil tua, dan sering disebut sebagai nyeri sciatica atau saraf kejepit.
Biasanya, kondisi tersebut lebih disebabkan karena posisi diskus atau piringan sendi menonjol ke arah tulang belakang sehingga menekan saraf. Hal ini lazim dialami oleh ibu hamil karena rahim yang bertambah berat memberikan tekanan yang berlebih pada persendian panggul.
Perubahan posisi bayi di dalam rahim juga bisa menambah tekanan pada area saraf panggul sehingga mengakibatkan keluhan nyeri panggul dan pinggang selama kehamilan.

Apa Saja Ciri Sakit Pinggang Saat Hamil Muda?

Pada umumnya, sakit pinggang saat hamil muda bisa ditandai dengan beberapa ciri dan gejala seperti berikut ini:
  • Rasa nyeri yang hilang timbul atau konstan di area pinggang atau kaki.
  • Nyeri yang terasa tajam dengan sensasi panas di area pinggang.
  • Rasa nyeri dari area pinggul bagian bawah yang menjalar hingga ke kaki.
  • Rasa pegal yang membuat kram hingga ke kaki.
  • Rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk atau bahkan baal dan kaki terasa lemah.
  • Mengalami kesulitan saat berjalan, duduk atau berdiri.
Sakit pinggang pada ibu hamil biasanya terasa pegal di awal. Lalu, nyeri ini semakin menusuk dan tajam hingga terasa seperti kram. Keluhan sakit pinggang ini bisa hilang timbul dalam kondisi bertahap. Meski begitu, lambat laun sakit yang dirasakan membuat sulit untuk berdiri tegak dan bergerak.
Pada kondisi sakit pinggang yang tidak biasa seperti disertai demam, rasa kram parah dan bahkan perdarahan, Moms harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  Gejala yang parah tersebut bisa menjadi ciri dari kondisi lainnya seperti keguguran, infeksi saluran kemih, hingga bayi lahir prematur

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Keluhan sakit pinggang yang dialami saat hamil bisa diatasi dengan beberapa macam cara seperti pemijatan hingga fisioterapi. Selain itu, Moms juga bisa mencoba beberapa metode seperti berikut ini:
  1. Melakukan Olahraga Ringan
Jika Moms terlalu banyak tidur atau duduk, maka otot pinggang akan semakin tegang sehingga bisa memperparah keluhan sakit pinggang. Sebagai solusinya, Moms bisa melakukan peregangan sendiri di rumah.
Peregangan ini bertujuan untuk membantu meregangkan otot di kaki dan pinggul sehingga tekanan saraf pada area pinggang berkurang. Selain itu, Moms juga bisa melakukan aktivitas fisik dengan kegiatan yang aman. Aktivitas yang disarankan untuk ibu hamil misalnya yoga, senam hamil, jalan kaki, atau berenang.
  1. Memperbaiki Postur Tubuh
Untuk mengatasi keluhan sakit pinggang saat hamil muda, Moms bisa memperbaiki postur tubuh dengan melatih postur yang baik. Misalnya saja, pada saat tidur dengan posisi miring bisa ditambahkan bantal pada sela-sela kedua lutut.
Sementara pada saat duduk, Moms bisa menambahkan bantal sebagai ganjalan pada belakang punggung atau pinggang. Selain itu, menggunakan sabuk pendukung juga bisa menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki postur tubuh.
  1. Mengompres Area Pinggang
Sakit punggung saat hamil juga bisa diatasi dengan cara mengompres area pinggang menggunakan handuk yang hangat atau dingin. Cukup dengan meletakkan handuk hangat atau dingin selama 20 menit di pinggang untuk mengurangi keluhan sakit pinggang.
Caranya, letakkan handuk hangat pada area pinggang yang sakit. Pastikan untuk menggunakan suhu hangat yang pas dan tidak terlalu panas. Hindari juga meletakkan handuk hangat di area perut.
Selain bisa membantu meredakan keluhan sakit pinggang, kompres dengan air hangat juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, meredakan nyeri otot, meningkatkan pasokan oksigen, dan nutrisi di dalam darah serta melancarkan kerja otot yang kaku.
  1. Mencoba Terapi Alternatif
Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pregnancy Related Low Back Pain menyebutkan bahwa, akupuntur maupun chiropractic mampu membantu meredakan sakit pinggang saat hamil. Meski begitu, untuk mencoba terapi ini Moms perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  1. Mengonsumsi Obat
Jika keluhan sakit pinggang tidak juga membaik, maka Moms perlu mengkonsultasikannya dengan dokter agar diberikan penanganan yang paling tepat. Salah satu penanganannya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Pastinya, obat tersebut harus direkomendasikan dokter.
Selain melakukan upaya di atas, Moms juga bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan sakit pinggang seperti berikut ini:
  • Hindari mengangkat benda yang dirasa berat secara tiba-tiba.
  • Hindari mengangkat barang yang terlalu berat.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menopang tubuh.
  • Lakukan pemijatan khusus untuk ibu hamil agar otot semakin rileks.
Sakit pinggang saat hamil muda merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan ibu hamil. Selain postur tubuh yang berubah, kondisi rahim yang semakin berat dan menekan otot panggul bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengompres pinggang dengan air hangat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

169 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]