Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Riwayat Asma Tidak Bisa Melahirkan Normal, Kata Siapa?

MY STORY  |  PREGNANCY  |  04 Dec '18

Beberapa Moms yang memiliki riwayat asma pasti khawatir saat ingin melahirkan buah hatinya secara normal. Apalagi, persalinan normal membutuhkan banyak tenaga dan pernapasan yang lancar saat proses mengejan.

Sebagai salah satu penderita asma, saya tentu pernah merasakan kekhawatiran serupa. Bahkan saat masih duduk di bangku SMP, saya diperingatkan dokter untuk melahirkan secara caesar lantaran pernapasan saya pendek dan sering bolak balik ke rumah sakit untuk pakai nebuliser.

Ketika hamil empat bulan pun, penyakit kambuhan ini kembali datang dan membuat saya harus dirawat selama sepekan di rumah sakit. Saran untuk operasi caesar kembali diterima. Untungnya ucapan tersebut tidak pernah menyurutkan niat saya untuk bisa melahirkan normal. Ya, saya ingin sekali membuktikan bahwa asma hanyalah alergi dan bukan penyakit parah.

Asma disebabkan oleh reaksi hiper-reaktifitas dari saluran pernapasan yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti alergi, infeksi atau iritasi. Menurut dokter kandungan saya, asma bisa dikontrol asalkan si penderita selalu berpikiran positif dan menghindari penyebab alergi.

Adapun beberapa faktor yang dapat mencetuskan timbulnya asma, di antaranya:

  1. Alergen (zat yang menyebabkan alergi): debu, karpet, bulu, binatang, polusi kendaraan
  2. Asap rokok
  3. Udara dingin
  4. Iritasi zat kimia
  5. Olahraga berlebihan
  6. Infeksi virus: influenza

Sejak saat itu, saya terus berpikir positif menghindari pemicu asma (udara dingin), rutin berolahraga dan belajar ilmu hynobirthing supaya bisa melahirkan normal.

Karena yang tahu kekuatan tubuh Moms, yang tahu apa yang Moms mau, yang bisa mempersiapkan segala sesuatunya adalah diri Moms sendiri, bukan suami, bukan orang tua, dan bukan orang lain.

Intinya ibu hamil dengan riwayat asma tetap bisa melahirkan secara normal selama penyakit ini tidak kambuh menjelang hari-hari persalinan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Regina Nabila Fiardini

Copyright by Babyologist

 

177 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories