DAILY FEED

Review by Mom Yenty Jessica: Oops Starry Backpack & Lunch Box Review by Mom Yenty Jessica: Oops Starry Backpack & Lunch Box
21 Apr '19

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga
16 Apr '19

Apa Saja yang Harus Dipikirkan Sebelum Memutuskan untuk Punya Anak Lagi? Apa Saja yang Harus Dipikirkan Sebelum Memutuskan untuk Punya Anak Lagi?
21 Apr '19

Menjadi Working Mom Sukses dapat Menginspirasi Anak Kita Menjadi Working Mom Sukses dapat Menginspirasi Anak Kita
21 Apr '19

Tantangan Ibu Menyusui? Tantangan Ibu Menyusui?
21 Apr '19

Bekal Praktis dengan OmieBox Bekal Praktis dengan OmieBox
13 Apr '19

Meningkatkan Kualitas ASI ala Silvia Yang Dinata Meningkatkan Kualitas ASI ala Silvia Yang Dinata
21 Apr '19

Bubur Daging Giling Bubur Daging Giling
21 Apr '19

Review by Mom Vivian: Visiofocus 6400, Non-Contact Thermometer Review by Mom Vivian: Visiofocus 6400, Non-Contact Thermometer
20 Apr '19

Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop
12 Apr '19

Kapankah Saat yang Tepat untuk Me Time di Dalam Rumah? Kapankah Saat yang Tepat untuk Me Time di Dalam Rumah?
20 Apr '19

Resep Aneka Kaldu Resep Aneka Kaldu
20 Apr '19

Botox and Filler saat Hamil? Not Recommended! Botox and Filler saat Hamil? Not Recommended!
20 Apr '19

Jangan Salah Memilih Selimut! Jangan Salah Memilih Selimut!
11 Apr '19

Apa Sih Rahasia Clai Bisa Tumbuh Menjadi Anak Ceria? Apa Sih Rahasia Clai Bisa Tumbuh Menjadi Anak Ceria?
20 Apr '19

Sensory Class, Sekolah untuk Bayi Ternyata Penting Loh! Sensory Class, Sekolah untuk Bayi Ternyata Penting Loh!
20 Apr '19

Sukses Menyapih dalam 3 Hari Sukses Menyapih dalam 3 Hari
20 Apr '19

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum
09 Apr '19

Kreasi Resep Silky Pudding Promina Kreasi Resep Silky Pudding Promina
20 Apr '19

Tips Terbang Bersama Bayi yang Kolik Tips Terbang Bersama Bayi yang Kolik
20 Apr '19

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Tips Mengatur Keuangan Keluarga
20 Apr '19

Nasi Tim Daging Giling Nasi Tim Daging Giling
20 Apr '19

Tekanan Darah Tinggi Menjelang Persalinan Tekanan Darah Tinggi Menjelang Persalinan
20 Apr '19

Pilih Perawatan Alami daripada Botox dan Filler saat Hamil Pilih Perawatan Alami daripada Botox dan Filler saat Hamil
20 Apr '19

Pernikahan Tetap Romantis meski Terpaut Usia yang Jauh Pernikahan Tetap Romantis meski Terpaut Usia yang Jauh
20 Apr '19

Bubur Kacang Hijau Saus Susu Bubur Kacang Hijau Saus Susu
20 Apr '19

Si Kecil Suka Merobek Tissue atau Kertas? Jangan Dilarang Moms! Si Kecil Suka Merobek Tissue atau Kertas? Jangan Dilarang Moms!
20 Apr '19

Melahirkan Normal dengan Induksi Melahirkan Normal dengan Induksi
20 Apr '19

Soy Pudding Saus Kurma Soy Pudding Saus Kurma
20 Apr '19

Hindari Mengucapkan 5 Kalimat Ini Saat Istri Sedang Hamil! Hindari Mengucapkan 5 Kalimat Ini Saat Istri Sedang Hamil!
19 Apr '19

Semua Akan Terjawab Di Waktu yang Tepat Semua Akan Terjawab Di Waktu yang Tepat
19 Apr '19

Review Jack n Jill Toothpaste Banana Flavour by Mom Deborah Review Jack n Jill Toothpaste Banana Flavour by Mom Deborah
19 Apr '19

Ajak si Kecil Ke Pantai Yuk Moms Ajak si Kecil Ke Pantai Yuk Moms
19 Apr '19

Tips Manajemen ASIP untuk Ibu Pekerja ala Mom Anggraini Tips Manajemen ASIP untuk Ibu Pekerja ala Mom Anggraini
19 Apr '19

Apa yang Dirasakan Saat Hamil Memasuki Trimester 3? Apa yang Dirasakan Saat Hamil Memasuki Trimester 3?
19 Apr '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Review Peralatan MPASI Ala Mommy Anaya

FEEDING  |  21 Aug '18

Memasuki masa MPASI, hal yang dikhawatirkan oleh Moms tentu adalah seputar peralatan yang dibutuhkan untuk MPASI si Kecil. Semakin beragamnya inovasi dan teknologi yang diterapkan pada alat makan, alat masak, perlengkapan dan atribut MPASI sering kali membuat Moms bingung untuk menentukan mana yang memang benar-benar dibutuhkan.

Nah, kali ini saya mau share mengenai alat-alat apa saja yang perlu dan apa saja yang tidak perlu (menurut saya dan berdasarkan pengalaman pribadi). Namun, semua kembali ke masing-masing ya, Moms. Apa yang saya bagikan tidaklah mutlak karena hanya sebuah sharing.

Peralatan yang Diperlukan

  • Piring dan Mangkuk
    Saya menganjurkan untuk menggunakan piring dan mangkuk biasa saja yang berbahan plastik, BPA free, tidak perlu yang model suction atau yang bisa menempel di meja makannya. Lebih baik kalau anak kita suka membolak-balikkan piring atau mangkuk saat makan (terutama yang menggunakan sistem BLW), letakkan baby di bawah saja, lepaskan baki makannya lalu taruh makanannya di baki dengan mangkuk biasa (pastikan bersih ya, Moms).

  • Sendok Makan
    Untuk yang satu ini pastinya perlu, ingat harus BPA free ya. Dalam menyuapi baby, dianjurkan pakai yang khusus baby spoon ya Moms, selain karena takaran disesuaikan dengan kemampuan anak, tapi juga supaya baby kita lebih nyaman. Buat saya useless kalau pakai sendok yang bisa mendeteksi panas makanan, karena selain harganya cukup mahal, juga karena saya tipe Mom yang mau membuktikan sendiri jadi pakai sendok apa pun akan tetap saya pastikan bahwa makanannya sudah tidak panas.

  • Celemek Makan
    Dari banyaknya pilihan celemek makan, dari yang berbahan kain, slaber kain segitiga, atau foldable bib, saya rekomendasikan memakai foldable bib untuk jadi salah satu alat pendukung MPASI baby. Mengapa? Karena bahannya dari Thermoplastic Rubber, jadi lembut dan pastinya aman karena BPA free. Mudah dibersihkan, setelah digunakan bisa langsung dilap, dicuci dan diperas, dijemur dan tidak butuh waktu lama untuk kering dibandingkan bahan kain yang agak lama keringnya. Soal harga mungkin tergantung merek ya Moms, tapi yang saya pakai berkisar 50-60 ribuan.

  • Saringan Kawat
    Ini penting sekali untuk Moms yang berkiblat pada MPASI homemade. Saringan ini bisa dipakai untuk menyaring bahan makanan MPASI yang sudah dikukus atau direbus seperti bubur beras, kentang kukus, wortel kukus, ikan kukus, dll. Teksturnya juga jadi tidak terlalu halus, jadi bisa lebih mudah naik tekstur.

  • Parutan
    Saya memakai parutan keju yang biasa, bisa dipakai saat mau menaikkan tekstur makanan untuk bayi.

  • Dandang Kukusan
    Kukusan tentu digunakan untuk mengukus bahan MPASI ya, Moms. Saran saya, pakai ukuran sedang saja, tidak usah terlalu besar.

  • Slow Cooker
    Bagi saya, alat ini sangat terpakai karena malam sebelum tidur, saya bisa langsung masak bubur beras dicampur dengan prohe dan air kaldu. Besoknya setelah 5 jam, saya tambahkan sayuran parut dan prona parut. Sejam kemudian angkat, lalu saring. Hasil buburnya akan menjadi lebih juicy.

  • Kotak Makan Tertutup Berbagai Ukuran
    Saya memakai kotak makan untuk menyimpan MPASI ke dalam lemari es. Setelah selesai dimasak, digunakan untuk satu hari makan Anaya (karena saya working Mom, masak di pagi hari untuk satu hari makan). Jadi dibagi-bagi per tempat makan untuk satu kali porsi makan. Kotak makan ukuran besar saya pakai untuk taruh blansir sayur Anaya yang sebelumnya saya masukkan di zipperlock plastic terlebih dahulu. Moms bisa pakai food container juga ya, tapi untuk penghematan, saya memberdayakan apa yang ada di rumah selagi aman.

  • Baby Highchair / Booster Seat
    Kita bisa menyesuaikan dengan baby, ya Moms. Kalau memang anak kita cukup anteng saat jam makan, mungkin tidak perlu highchair atau booster seat, tapi karena kodratnya baby itu aktif, jadi saya memilih untuk membeli booster seat seharga 245 ribu (bukan highchair). Alasannya, mau mengajarkan Anaya untuk disiplin sejak dini. “Makan pada tempatnya”, tapi ternyata berhasil, lho Moms. Anaya jadi terbiasa makan tanpa digendong, cukup di booster seat saja dan saya suapi 1 batang wortel kukus atau menu MPASI-nya yang utuh untuk digigit-gigit.

  • Gelas Minum
    Tidak perlu yang mahal, cukup memberdayakan apa yang ada selama aman. Moms bisa ajarkan baby untuk belajar menyedot lewat sedotan walaupun awalnya baby gagal melakukannya, tapijika dilakukan terus menerus pasti bisa. Syukurlah Anaya kini sudah lancar menggunakan sedotannya di usia 7 bulan 2 minggu.

  • Food Warmer
    Jujur, saya pakai Magic Jar untuk menghangatkan menu MPASI Anaya yang ada di kulkas. Tidak lama kok, hanya sekitar 3-5 menit. Moms bisa pakai khusus food warmer, tapi lagi-lagi karena budgeting control membuat saya mengikat dompet.

  • Blender
    Bagi sebagian Moms mungkin tidak memakai blender, selain karena teksturnya terlalu halus dan membuat bayi susah untuk naik tekstur, tapi juga proses penghancuran itu menyebabkan panas yang menghilangkan atau mengurangi beberapa nutrisi. Tapi saya pakai karena praktis pada awalnya, tapi hanya untuk bahan makanan tertentu seperti daging dan jagung. Sisanya pakai saringan semua.

Semoga bermanfaat.

ByPutri Theresia.

588 Putri Theresia Send Message to Writer

Related Stories