Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Resolusi 2020: Menjadi Mama Milenial yang Sehat

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  24 Jan '20


Hi moms, umur saya sudah mau memasuki kepala 3 dan saya makin concern with the term of 'getting older'. To be honest, saya suka banget ngerawat rambut, tubuh dan wajah; nyobain segala macam skin care and hair care,tapi beneran nggak pernah kepikiran untuk ngerawat tubuh dari dalam. Baru akhir- akhir ini kepikiran karena kalau fisik dijaga tapi tidak dijaga dari dalam ya sama aja. Anak anak kan perlu ibu yang sehat sedangkan semakin tua metabolisme tubuh kita sudah berbeda. Jadi, saya putuskan untuk minum vitamin rutin setiap hari. 


Dulu pas masih single lady pernah routine hampir setahun minum blackmores primrose karena direcommend temen kerja untuk menghilangkan nyeri datang bulan, and it worked! Abis itu udah deh. Pas hamil juga rutin minum blackmores pregnancy dan calcium. Setelah melahirkan, saya stop. Abis itu keputihan dan minum herbilogy feminine health satu botol dan stop juga setelah abis sebotol (I wrote the review about it, you can check it here). Nah sekarang saya mikir-mikir juga vitamin apa yang bagus untuk saya di late 20s ini Ini dia pilihan- pilihan saya:

1. Mollers Tran COD Liver Oil rasa Apple, setiap hari 5 ml. Ini sudah berjalan dari bulan 6 atau 7 tahun 2019, lupa tepatnya kapan, tidak dicatat. Kenapa Mollers Tran? Simply karena anak anak saya minum ini juga setelah makan pagi. Setelah dibuka jangan lupa simpan di kulkas ya Mom.

2. Extra Virgin Olive Oil, setiap hari 1 SDM setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Ini udah berjalan dari bulan 10, tahun 2019. Kenapa EVOO? Nah karena mama saya sudah mengkonsumsi ini sejak tahun 2014, disarankan oleh dokter beliau untuk menurunkan kolesterol. Karena saya kolesterol termasuk tinggi (cholesterol 258, HDL cholesterol 55, LDL cholesterol 211, Ratio LDL/ HDL 3,8 ketika terakhir periksa Agustus 2019), akhirnya saya ikuti juga cara mama saya ini. Kalau mama saya sehari 2x sih; pagi dan malam. Kalau saya masih sehari sekali.

3. Ostelin Vit D& calcium. Sehari 2 tablet. Nah ini baru dikonsumsi sejak awal January 2020, setelah pencarian panjang. Tadinya masih bingung mau, konsumsi Vitamin C, propolis atau probiotic. Nah malah akhirnya milih Ostelin Vit D. Karena dulu pengalaman pas hamil anak pertama,saya pernah di deteksi defisiensi vitamin D oleh dokter Aussie yang ngecek hasil tes darah saya. Terus beliau bilang kalau wanita Asia emang rata rata defisiensi vit D kalau lagi hamil. Tapi saat itu nggak ada saranin ke saya untuk konsumsi vit D. Akhir akhir ini saya tahu bahwa vit D dan kalsium itu penting banget untuk mencegah osteoporis dini dan teringat akan pengalaman hamil pertama di Aussie saya jadi mutusin beli vitamin D deh.

Niat saya untuk mengkonsumsi ini dalam jangka panjang ya Mom. Seperti mama saya yang sudah mengkonsumsi EVOO selama 6 tahun. Mungkin setelah Ostelin habis saya akan coba mengkonsumi vitamin yang lain tapi untuk Mollers Tran dan EVOO bener bener pengen banget bisa sukses dalam jangka panjang.

Selanjutnya hal lain yang penting adalah menjaga asupan makan. We are what we eat. Saya ini dari dulu tergolong kurus ya mom jadi tidak pernah diet menurunkan berat badan, malah pas mau nikah memforsir diri memakan ini itu supaya nggak kurus banget. Sekarang setelah punya anak dua pun berat saya masih dibawah 50kg.

Tapi diumur hampir 30 tahun, walaupun kurus bukan berarti sehat. Dengan menjamurnya coffee shop dan juga boba, jujur saya ketagihan banget. Saya ini sehari sekali harus ngopi. Dan seminggu bisa 1- 2 x beli boba. Selain buat kantong bolong, hal itu terlalu banyak mengandung kalori terutama gula. Jadi sekarang bener bener ngurangin banget. Prinsip saya 2 minggu sekali baru boleh minum bebas. Saya juga emang sudah lumayan lama membatasi makan nasi putih atau malah kadang tidak makan nasi putih sama sekali karena kandungan gulanya yang tinggi. Roti dan cakes bener bener dibatasi juga. Hal ini dikarenakan mama saya mengidap penyakit diabetes, saya jadi punya chance terkena diabetes juga suatu saat. Oat adalah makanan yang sangat dianjurkan tapi karena saya kurang suka oat, maka sarapan saya menunya diganti antara yoghurt+ pisang, apel+yoghurt atau brokoli+kentang+tomat.

Hal terakhir yang sangat amat penting adalah olahraga. Hal ini belum saya lakukan padahal saya sudah disarankan berkali kali oleh dermatologist dan gynaecologist untuk olahraga,tapi jujur saat ini hal itu yang masih agak susah karena dari kecil memang malas olahraga. Pernah loh saya bilang dokter, "tapi dok, saya biasa kok beresin rumah, itu kan berkeringat dok." Nah kata membersihkan rumah itu TIDAK termasuk olahraga. Kenapa? Karena gerakannya tidak rutin seperti olahraga. Contohnya: kalau kita jogging 30 menit, kaki kita rutin berjalan atau berlari selama 30 menit dengan jeda beberapa menit, sedangkan pekerjaan rumah tangga kan tidak begitu.

Saat ini dari 3 prinsip menjaga tubuh yang sehat ala saya yaitu minum vitamin, menjaga asupan makanan, dan olahraga, saya sudah rutin menjalankan 2 diantara 3 tersebut, untuk olahraga ini sebenernya masih berat sekali dan niat saya selepas hari raya 2020 ini, baru saya niatkan untuk jogging keliling komplek 2 kali seminggu. Semoga berhasil ya Moms! Karena kesehatan itu mahal sekali harganya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

175 Livinia Alawiyin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Awas!! Jangan Asal Memilih Hand Sanitizer untuk Si Kecil

Pandemi Corona ini membuat kita lebih sadar akan kebersihan terutama kebersihan tangan dan area wajah.

Tiga Anjuran Yang Perlu Dilakukan Apabila Ibu Menyusui Berpuasa

Bagi para Busui yang berpuasa, simak tips berikut ini yuk.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Busui Ingin Berpuasa

Buat para Busui yang sedang berpuasa, tips berikut ini wajib disimak ya!

Apa itu HEPA 13?

Ada perbedaan signifikan antara filter HEPA yang dibuat oleh merek air purifier yang berbeda.

5 Makanan Cegah si Kecil Konstipasi

Bakteri Lactobacillus reuteri (Lr), misalnya, dapat mencegah gangguan saluran cerna pada anak.

Cegah Abses dengan Rawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Kebersihan gigi dan mulut perlu dirawat sejak dini agar tidak menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tips merawat gigi si Kecil.

5 Tips Mencegah Virus di Rumah Moms

Moms, simak lima tips mencegah virus yang bisa Moms lakukan di rumah berikut ini.

Manfaat yang Saya Rasakan Setelah Pijat Pasca Persalinan

Moms apa adakah di sini yang setelah melewati proses persalinan, tepatnya saat dalam masa nifas moms melakukan pijat?

Tips Menjaga Tubuh Moms Tetap Fit di Musim Hujan

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms dan Moms to be ya.

Efek Domino Cacar Air di Keluarga Kecilku

Saya terkena cacar air untuk yang kedua kalinya dan itu menular ke kedua anak saya

Pengalamanku Mengalami Nyeri pada Punggung Bekas Suntikan Pasca Operasi Caesar

Kali ini aku mau share pengalamanku mengalami nyeri punggung pasca operasi caesar ya moms

Mitos Pantangan Makanan pasca Persalinan

Apa saja makanan yang dipantang setelah melahirkan? Lalu bagaimana faktanya?

Ternyata Aku Terkena Infeksi Mulut Rahim/Servisitis

Beberapa hari terakhir, aku memang sering mengalami keputihan pada saat sebelum dan sesudah haid.

Jangan Sepelekan Perubahan Hormon!

Baru-baru ini saya mengalami perubahan hormon yang luar biasa menyakitkan buat saya.

Bahayakah Keputihan pada Wanita?

Keputihan biasa dialami oleh hampir setiap wanita, namun bahayakah keputihan pada wanita?

Tips Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Penyebab ruam popok biasanya dikarenakan penggunaan popok yang terlalu lama. Bagaimana mencegahnya?

Pengalamanku dengan Kardiomiopati Postpartum Pasca Melahirkan Anak Kembar

Aku di vonis Kardiomiopati Postpartum atau lemahnya otot jantung pasca melahirkan.

Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Bintitan pada Anak

Apa sebenarnya penyebab dari bintitan dan bagaimana cara mengatasinya?

Kanker yang Diderita Mertuaku Dikarenakan oleh KB?!

Bermula dari mengeluhkan sakit mata biasa tp semakin hari semakin membesar

Session with Babyo and Sebamed: Cara Praktis Menjaga Kelembutan Kulit si Kecil

Kulit bayi itu berbeda dibandingkan kulit kita orang dewasa, so jangan salah pilih produk bayi