Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rekomendasi Buku Parenting Yang Wajib Anda Miliki

PARENTING  |  14 May '18

Sebagai orang tua baru di zaman masa kini, akses untuk mendapatkan ilmu bagaimana mendidik, mengasuh dan membesarkan anak adalah hal yang mudah di dapat. Salah satunya dengan membaca buku. Seiring dengan berkembangnya zaman,  maka tuntutan menjadi orang tua mengalami perubahan. Membaca buku-buku parenting adalah upaya kita sebagai orangtua dalam proses membimbing anak agar tumbuh lebih optimal.

Banyak sekali buku-buku parenting yang dapat kita temui,  saya akan mencoba mereview tiga buku dan ketiganya menjadi andalan saya dalam keseharian mendampingi Zikri.

  • Anti panik mengasuh bayi 0-3 tahun 
    Buku terbitan Tiga Generasi ini menjadi buku parenting pertama saya. Hal yang membuat senang dengan buku ini adalah halaman berwarna dan bergambar. Tak seperti buku lainnya, narasi pun dibuat simple dengan kalimat yang mudah dipahami.

    Buku ini mengulas lengkap mengenai pengasuhan dan tumbuh kembang anak mulai dari 0 bulan hingga tiga tahun. Cara merawat bayi baru lahir, tahapan perkembangan anak, tips serta trik menstimulasi perkembangan anak, tips dan trik mengenalkan emosi anak, tips memilih buku anak,  mengenalkan montessori, pertolongan saat anak jatuh, gerakan tutup mulut, ciri anak siap masuk kelompok bermain, hingga "me time" nya  Moms dan aktifitas Dads ketika kita sedang me time.


    Super lengkap! Buku ini benar-benar menjadi panduan orangtua baru dalam merawat anak. Kutipan yang paling menarik dalam buku ini adalah, "Kita tidak pernah dipersiapkan menjadi orang tua tapi kita bisa selalu belajar untuk menjadi orang tua yang semakin baik. Buku setebal 392 halaman ini di banderol Rp.  137.000,- yang bisa dapatkan di toko buku mana saja.
  • Berteman dengan demam
    Buku ini mengupas tuntas tema berbagai kesehatan anak sehari-hariPenyakit yang menjadi langganan seperti demam, salesma (common cold), influenza, diare, kejang demam yang menyeramkan, ruam (roseola, campak,  rubella), demam berdarah yang selalu menakutkan, ISPA atas dan bawah, Infeksi Saluran Kemih, serta bonus pembahasan tentang perawatan bayi baru lahir serta alergi makanan yang selalu bikin bimbang para orang tua. 

    Memaparkan lengkap ilmu dasar kesehatan anak, mengenali gejala sakit anak, cara penanganan saat anak sakit,  mengetahui tanda kegawat daruratan yang mengharuskan anak di bawa ke rumah sakit serta mengajak kita menjadi orang tua yang bijak terhadap penggunaan obat. 
    Buku setebal 248 halaman ini di banderol dengan harga Rp.  78.000,- saja. Saya waktu itu membeli online. Puas dengan pemaparan Dr. Apin yang ringkas dan mudah dimengerti ibu awam seperti saya. Sering menjadi panduan guna menghindari panik ketika ujian sakit pada si kecil terjadi.
  • Rumah main anak
    Banyak sekali manfaat bermain bagi anak salah satunya adalah media belajar bagi anak dan mendekatkan bonding antara anak dan orang tua. Merujuk dari segala manfaat bermain, sedapat mungkin saya mengupayakan untuk turut andil dalam proses bermain Zikri. Melelahkan memang, namun semua akan terbayar ketika Si Kecil tampak bahagia dengan apa yang sudah kita kerjakan bersama. Apabila terdapat pembelajaran yang di petik dari setiap permainan adalah sebuah bonus bagi saya. Ide bermain, banyak saya dapatkan dalam bukunya Julia Sarah Rangkuti founder dari komunitas rumah main anak. Sesuai dengan judul bukunya, buku ini benar-benar memberikan keseruan dari rumah. Setiap permainan telah dikemas sesuai milestone Si Kecil.  Melatih kepekaan panca indera untuk memahami dunia di sekitarnya. Rumah main anak bukan hanya mainan yang hanya dijadikan sebagai "mainan".

    Adanya manfaat dari setiap aktifitas untuk merangsang pertumbuhan Si Kecil dengan perlunya pendampingan orang tua yang menjadi tujuan utama.
    Banyak ide bermain yang tertuang mulai dari usia 0 bulan sampai 24 bulan dilengkapi dengan penjelasan cara membuat serta manfaat kegiatan. 

Semoga bermanfaat.

By: Chriesty Anggraeni

 

2717 Chriesty Anggraeni

Comments

Related Stories