Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rekomendasi Babyo: Tablet Tambah Darah bagi Ibu Hamil

MY STORY  |  REVIEWS  |  10 Nov '22


Tahukah Moms, 5 dari 10 ibu hamil di Indonesia menderita anemia? (Sumber: Riskesdas 2018)

Dibandingkan dengan orang dewasa lainnya, ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi untuk kesehatan dirinya dan tumbuh kembang janin. Tubuh bumil perlu zat besi agar dapat membentuk sel dan jaringan baru termasuk jaringan otak janin. Zat besi ini juga membentuk Hb pada sel darah merah. Ketika seseorang memiliki kadar Hb lebih rendah daripada normal, dia disebut sedang dalam kondisi anemia.

Sementara itu, kadar darah normal untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

·         Hamil trimester pertama: 11.6 – 13.9 gr/dl

·         Hamil trimester kedua: 9.7 – 14.8 gr/dl

·         Hamil trimester ketiga: 9.5 – 15.0 gr/dl

Jika kadar Hb kurang dari angka tersebut di atas, dikatakan seorang ibu hamil menderita anemia dengan rincian sebagai berikut:

·         Anemia ringan: Hb 8 – 11 gr/dl

·         Anemia berat: Hb < 7 gr/dl

Baca Juga: Ini Cara Cegah Anemia pada Ibu Hamil Menurut Kemenkes

Bagaimana cara mengatasi kekurangan Hb pada ibu hamil?

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Seorang ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi 30mg zat besi setiap harinya. Zat besi tersebut dapat diperoleh dari makanan seperti telur, sayuran hijau, daging merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat

Defisiensi folat dalam tubuh juga dapat menyebabkan anemia. Asam folat yang tidak cukup bisa membuat sel darah merah tidak akan bisa matang, sehingga kadar Hb rendah. Cukupi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi daging sapi, bayam, kacang polong, selada, dan biji-bijian.

Mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) sesuai anjuran Kemenkes

Manfaat tablet tambah darah untuk ibu hamil: Salah satu cara mencegah anemia gizi besi adalah dengan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Yuk, penuhi kebutuhan gizi Moms agar kesehatan Moms tetap terjamin, janin bertumbuh kembang optimal, dan mencegah komplikasi kehamilan & persalinan!

Save rekomendasi TTD Minbyo ini ya, buat referensi di masa depan!

Rekomendasi tablet tambah darah untuk ibu hamil

Prenamia 4 kapsul

Kisaran harga: Rp5.700,00

Prenamia merupakan suplemen yang dapat Moms konsumsi untuk mencegah anemia karena kekurangan Fe atau asam folat. Komposisinya mengandung Fe fumarate 360mg, Folic acid 1.5 mg, Vitamin B12 15mcg, Vitamin C 75 mg, Vitamin D3 400 IU, dan Ca carbonate 200 mg. Dosis pemakaiannya satu kapsul sehari diberikan bersama makanan. Adapun efek samping dari tablet Prenamia ini adalah feses atau urin berwarna hitam, kehilangan selera makan, mulas, mual, dan muntah.

Fermia Strip 10 tablet

Kisaran harga: Rp2.950,00

Suplemen Fermia memenuhi kebutuhan zat besi, asam folat, dan vitamin B6 untuk mencegah anemia. Kandungan tablet tambah darah ini yaitu Ferrous Fumarate 60 mg, Asam folat 0,25 mg, dan vitamin B6 37,5 mg. Dosis penggunaannya yaitu sekali sehari 1-2 tablet salut selaput, diminum sebelum atau sesudah makan. Suplemen yang termasuk golongan obat bebas produksi Erela ini memiliki efek samping mual, muntah, diare, konstipasi, dan nyeri lambung.

Neo Kimia Farma 10 tablet

Kisaran harga: Rp4.267,00

Tablet tambah darah dengan kandungan Ferrous Fumarate Folic Acid ini dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat tubuh. Diketahui, kekurangan zat besi dapat menimbulkan gejala sulit berkonsentrasi, sakit kepala, cepat lelah, dan insomnia. Sedangkan kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yaitu anemia karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh sumsum tulang menghasilkan sel darah merah belum matang dengan struktur abnormal dan ukuran terlalu besar.

Hemobion 10 kapsul

Kisaran harga: Rp25.180,00

Suplemen vitamin dan mineral Hemobion digunakan untuk mengatasi anemia pada kehamilan dan laktasi. Komposisinya terdiri dari Fe fumarate 360 mg, Folic Acid 1.5 mg, vit.B12 15 mcg, vit.C 75 mg, Ca carbonate 200 mg, dan Cholecalciferol 400 IU. Saat mengonsumsi suplemen ini, feses Moms dapat berwarna hitam. Jangan khawatir, hal tersebut normal, kok.

Obimin AF 30 tablet

Kisaran harga: Rp62.724,00

Obimin AF mengandung Vit.A 6000 IU, vit.B1 10 mg, vit.B2 2.5 mg, vit.B6 15 mg, vit.B12 4 mcg, vit.C 100 mg, vit.D 400 IU, Niacinamide 20 mg, Ca pantothenate 7.5 mg, Folic Acid 1 mg, Fe fumarate 90 mg, Ca lactate 250 mg, Copper 0.1 mg, Iodine 0.1 mg, dan Na fluoride 1 mg, yang berguna untuk mengatasi gangguan yang sering timbul selama kehamilan, termasuk anemia. Dianjurkan untuk dikonsumsi bersama makanan supaya absorpsi obat lebih baik dan tidak menimbulkan mula-mual. Adapun efek samping Obimin AF ini adalah feses / tinja berwarna gelap, reaksi alergi, dan noda gelap pada gigi.

Hufabion 1 Strip

Kisaran harga: Rp4.473,00

Hufabion merupakan multivitamin yang mengandung Ferrous Fumarate 250 mg Manganese Sulfate 0,2 mg Cupric Sulfate 0,2 mg Vitamin C 50 mg Folic Acid 1 mg Vitamin B12 10 mcg untuk membantu mengatasi anemia karena defisiensi zat besi.

Etabion tablet 1 strip

Etabion tablet merupakan multivitamin untuk ibu hamil dan penderita anemia. Mengandung Fero Glukonat, Vitamin C, Asam Folat (Komposisi Obat u/ ibu Hamil), Vitamin B12, Vitamin D, Cu-Sulfat, dan Mn Sulfat. Dosis yang dianjurkan adalah 2 kaplet sehari, dikonsumsi setelah makan.

Ferospat Effervescent Tube 10 tablet

Kisaran harga: Rp90.686,00

Kesadaran untuk mengonsumsi tablet tambah darah yang masih kurang membuat kasus anemia di Indonesia tergolong tinggi. Beberapa faktor penyebabnya adalah efek samping yang tidak disukai seperti feses hitam, diare, mual, dan sembelit. Jika Moms termasuk yang mengalami efek samping ini, cobalah untuk mengonsumsi tablet tambah darah effervescent seperti suplemen dari PT Pyridam Farma Tbk. ini.

Ferospat mengandung sumber FE dengan teknologi Liposomal, yang meminimalkan efek samping. Suplemen ini juga tidak berasa besi sehingga nyaman dikonsumsi ibu hamil. Komposisi setiap tabletnya adalah Besi pirofosfat mikroenkapsulasi (175 mg) yang setara dengan unsur Fe 14 mg, Mangan sulfat (100 mcg), Tembaga sulfat (100 mcg), Vitamin C (50 mg), Asam folat (0,5 mg), dan Vitamin B12 (7,5 mcg). Aturan pakai 1 tablet effervescent untuk 1 kali sehari, dilarutkan dalam segelas air.

Feroglobin sirup 100 ml

Kisaran harga: Rp66.999,00

Buat Moms yang kurang suka mengonsumsi suplemen baik dalam bentuk tablet maupun effervescent, bisa memilih Feroglobin sirup. Suplemen vitamin dan mineral dari Vitabiotics ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan penderita anemia defisiensi Fe, sering terkena infeksi dan sakit, sering melakukan aktivitas fisik yang berat, sedang dalam masa penyembuhan, sedang dalam masa haid, sedang melakukan diet kalori terkontrol, sedang hamil, dan lanjut usia.

Aturan pakainya untuk orang dewasa adalah 2 kali sehari, 1 sendok takar. Sebaiknya diberikan bersama makanan, dikonsumsi sesudah makan makanan utama untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan karena kandungan zat besi di dalam suplemen sirup ini.

Referensi: PyfaHealth

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

695 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Bingung Cari Kado Anak Umur 5 Tahun? Cek Inspirasinya di Sini!

Selain memilih kado yang edukatif, Moms juga perlu memilih kado yang sesuai dengan hobi si Kecil. Barang-barang yang mendukung hobinya akan [...]

5 Tempat Makan Ramah Anak di Jakarta, Ada Playground-nya, Loh!

Untuk mengantisipasi si Kecil merasa nggak nyaman saat dibawa makan outdoor, yuk, cek rekomendasi tempat makan ramah anak di Jakarta!

Mainan Edukatif Pengganti Gadget untuk Stimulasi Si Kecil

Agar mainan yang Moms pilih dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak, perhatikan rekomendasi usia anak dan kemampuannya.

Daftar Popok Bayi Berdaya Serap Tinggi, Cocok untuk Traveling

Popok merupakan perlengkapan utama bayi yang harus disiapkan saat travelling. Ketika melakukan perjalanan, tentu Moms ingin agar pantat si Kecil [...]

Ajak Si Kecil Liburan ke Pantai? Jangan Lupa Sunscreen-nya, Ya, Moms!

Jika Moms merencanakan untuk liburan ke pantai pada akhir tahun ini, jangan lupa untuk membawa sunscreen khusus anak di tas perlengkapan si Kecil!

Tempat Wisata “Me Time” yang Cocok Buat Moms Healing

Moms butuh rekomendasi tempat healing? Daftar berikut bisa Moms jadikan pertimbangan:

Daftar Bodycare Travel Size Buat Temani Moms Liburan

Biar saat liburan tidak terlalu repot, disarankan untuk membawa bodycare ukuran kecil atau yang biasa disebut travel size. Yuk, kita cari tahu [...]

Liburan Akhir Tahun 2022 Agendakan Jalan-Jalan? Ini Daftar Stroller Bagus Fitur Banyak

Memilih stroller jangan asal murah dan ringan, ya, Moms. Cek dulu keunggulan masing-masing produk agar tidak salah beli.

Butuh Ide Fresh Liburan Akhir Tahun Bareng Si Kecil? Cek di Sini!

Akhir tahun 2022 sudah di depan mata. Apakah Moms & Dads masih galau mau menghabiskan penghujung tahun ini ke mana? Yuk, simak daftar tempat [...]

Daftar Buku Parenting Terbaik Perluas Wawasan Moms Asuh Si Kecil

Tambah wawasan ilmu parenting dengan membaca-baca buku rekomendasi parenting Minbyo berikut, ya, Moms! Save & Share ke Paksu juga boleh banget, loh!

Liburan Akhir Tahun di Depan Mata, Intip Daftar Baju Couple Keluarga Kekinian

Sedang ingin menambah koleksi baju couple keluarga? Yuk, intip rekomendasi model baju couple keluarga kekinian berikut ini!

Daftar Susu Formula yang Rasanya Mirip ASI, Ada Favorit Moms?

Sufor yang rasanya mirip ASI juga biasanya memiliki kandungan yang mendekati ASI. Hal ini tentu sangat membantu kecukupan gizi si Kecil.

Susu Balita Penambah Berat Badan Balita 1-3 Tahun, Yang Mana Favorit Moms?

usu balita paling bagus tidak hanya menambah berat badan dan melengkapi nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan, tetapi juga menambah [...]

Daftar Gamis Couple Ibu dan Anak Terbaru 2022, Layak CO Nggak Nih?

Sedang mencari gamis couple untuk Moms & si Kecil, yuk, kita lihat beberapa gamis couple rekomendasi Babyo berikut!

Daftar 5 Asam Folat yang Bagus untuk Ibu Hamil

Mengingat sangat pentingnya asam folat bagi kehamilan, yuk, Moms, penuhi kebutuhan asam folat dengan minum suplemen!

Rekomendasi Babyo: Susu Ibu Hamil Trimester 1 Terbaik

Buat para Moms yang sedang berbahagia karena program hamilnya sukses, jangan lupa ya untuk selalu memerhatikan kesehatan diri sendiri. Tentunya, [...]

Rekomendasi Babyo: Skincare Buat Moms Glowing

Ga semua skincare menguras kantong, Moms. Ada banyak pilihan skincare lokal dengan kualitas bagus, sesuai dengan jenis kulit dan iklim tropis, [...]

Rekomendasi Babyo: Snack Cocok buat Healing Moms!

Kata siapa Ibu-ibu ga boleh ngemil? Makan makanan ringan terbukti jadi salah satu trik ampuh buat healing bagi beberapa Moms.

Si Kecil Kembung dan Masuk Angin? Ini Rekomendasinya!

Minyak telon dapat memberikan kehangatan tambahan terutama di bagian perut dan punggung. Setelah membalurkan minyak telon ke badan si Kecil, [...]

Puting Lecet? Cek Rekomendasi Nipple Cream Terbaik Minbyo!

Tahukah Moms, 96 dari 100 busui mengalami sore nipples pada minggu pertama menyusui? Sebagian besar menggambarkan rasa sakit mereka sebagai [...]