Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rekomendasi 10 Alat Steril Botol Susu yang Bagus dan Murah

MY STORY  |  REVIEWS  |  04 Oct '22


Seorang bayi lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa. Itu sebabnya, makanan dan alat makan bayi harus benar-benar steril agar tak ada kuman yang menyerang sistem pencernaannya. Kotor sedikit saja, si Kecil rentan terkena infeksi. Oleh karena itulah, Moms perlu mempersiapkan botol susu yang steril. Nah, bagaimana cara mencuci dan mensterilkan botol susu bayi agar kuman-kuman penyakit 100% mati?

3 cara mensterilkan botol susu

1.    Merebus botol susu

Cara membersihkan botol susu bayi yang masih banyak digunakan orang tua adalah dengan cara merebus. Langkah-langkahnya, rebus air hingga mendidih. Lalu, rebus botol bayi kurang lebih 5 menit. Kemudian, angkat botol bayi yang masih panas itu dengan menggunakan penjepit makanan yang bersih. Terakhir, simpan botol bayi di tempat bersih dan diamkan hingga kering sebelum digunakan kembali. Meski cara ini masih populer, cara ini memiliki kelemahan utama yaitu botol dan dot mudah rusak.

2.    Dengan menggunakan microwave

Microwave dapat dimanfaatkan untuk mensterilkan botol susu. Caranya, masukkan dot, botol, dan tutup botol ke dalam microwave. Atur suhu microwave sesuai rekomendasi dan panaskan dalam waktu 1-2 menit. Pastikan microwave dalam keadaan bersih bebas sisa makanan sebelum menggunakannya untuk mensterilkan botol dan dot bayi.

3.    Dengan menggunakan steamer botol susu

Cara terakhir ini merupakan cara yang paling mutakhir sekaligus paling praktis. Steamer botol susu atau sterilizer menciptakan uap panas bersuhu tinggi untuk mematikan kuman di dalam dot dan botol susu. Sekali proses sterilisasi berlangsung sekitar 8 hingga 12 menit tergantung tipe mesin dan pengaturannya. Dengan menggunakan alat pembersih botol susu bayi steamer atau sterilizer, botol susu tetap steril hingga 6 jam selama disimpan di dalam mesin itu atau di dalam wadah lain yang steril dan tertutup. Meski perlu membeli alat khusus, tak bisa dimungkiri sterilizer akan sangat membantu Moms yang sibuk.

Baca Juga: Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Alat steril botol susu bayi yang bagus

1.    Avent 3-in-1 Electric Steam Sterilizer

Kisaran harga: Rp835.000,00

Bottle sterilizer merek Philip Avent ini cocok untuk Moms yang ingin praktis. Hanya dengan menekan satu tombol, perangkat ini dapat membersihkan hingga enam botol susu sekaligus. Cara mensterilkan botol susu Philips Avent tentunya semakin pas apabila sterilizer-nya juga merek yang sama. Selain dapat mensterilkan botol susu, sterilizer yang bekerja dengan metode steam ini dapat mensterilkan pompa ASI dan perlengkapan bayi lainnya. Ukurannya pun sangat compact sehingga tidak terlalu menguras tempat jika Moms kebetulan mempunyai dapur yang kecil.

2.    UPANG Plus UV Baby Bottle Sterilizer

Kisaran harga: Rp4.540.000,00

Jika Moms memang benar-benar membutuhkan sterilizer yang mampu heavy duty, UPANG Plus UV Baby Bottle Sterilizer lah jawabannya. Alat pensteril dengan tipe UV ini tidak hanya sanggup membersihkan 25 botol susu sekaligus tetapi juga mainan, selimut, perlak, hingga barang-barang yang tidak bisa disterilkan dengan uap termasuk ponsel. Ukurannya memang tampak raksasa jika dibandingkan dengan perangkat pensteril lainnya tetapi tentunya punya banyak keuntungan juga apalagi jika Moms punya anak kembar. Tidak hanya heavy duty, desainnya juga modern sehingga tidak terkesan “merusak” interior rumah. Moms dapat pilih varian warna krem, biru, atau pink pastel.

3.    Little Giant Multi Functional Modern Sterilizer & Steam Solution

Kisaran harga: Rp259.000,00

Untuk Moms dengan budget mepet, masih ada pilihan kok sterilizer dengan harga terjangkau! Bottle sterilizer baby merek Little Giant ini juga bisa sebagai alat bantu Moms membuat MPASI: merebus telur, membuat tim telur, memanaskan bubur, hingga menghangatkan ASI. Dengan ukuran yang lumayan kecil, steamer ini mampu mensterilkan empat botol susu sekali sesi.

4.    Pigeon Electric Steam Sterilizer

Kisaran harga: Rp803.500,00

Pigeon telah dipercaya sebagai merek yang membuat produk untuk bayi dan anak-anak. Tidak terkecuali sterilizer, Pigeon juga punya produknya. Dengan fitur auto switch off, Pigeon Compact Steam Sterilizer mampu membersihkan botol sembari melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Fungsi lain sterilizer yang bisa membersihkan 2 botol tiap sesi ini adalah mensterilkan dot, peralatan makan, dan peralatan bayi lainnya.

5.    Panasonic Dish Dryer D-sterile

Kisaran harga: Rp870.000,00

Ingin mencari bottle sterilizer dengan bentuk unik? Coba pilih merek Panasonic ini Moms. Alat sterilisasi berbentuk rak piring ini tentu saja tidak hanya bisa digunakan untuk mensterilkan botol susu tetapi juga berbagai peralatan makan yang terbuat dari kaca, metal, dan melamin. Saat tidak digunakan untuk mensterilkan, perangkat ini cocok juga dimanfaatkan layaknya rak piring biasa. Rak piring dari bahan antikarat ini tahan lama dan dapat menghasilkan suhu panas 70 derajat Celcius sehingga jamur dan kuman mati seketika.

6.    Kiwy Cube

Kisaran harga: Rp2.145.000,00

KIWY Cube Italian Brand UV Sterilizer & Dryer mempunyai 6 fungsi termasuk mensterilisasi, mengeringkan, menyimpan, membuat yogurt, dan mengeringkan buah-buahan. Ukuran kabinetnya yang besar (4,32 kg) mampu menampung 12 botol susu ukuran wideneck. Kapasitasnya dapat menampung berat 2 kg pada rak. Teknologi UVC berasal dari lampu Philips dengan umur lampu lebih dari 6000 jam. Perangkat ini juga sudah dipasangi filter HEPA untuk memastikan angin segar yang masuk. Cermin yang terpasang di dinding dalam membuat efek sterilisasi 360 derajat sehingga pancaran LED UVC lebih efisien. Meski menggunakan UVC, alat ini tetap aman dioperasikan karena akan berhenti secara otomatis jika pintu dibuka.

7.    Lollababy Portable LED UV Sterilizer

Kisaran harga: Rp1.214.400,00

Safe, Fast, Simple, Portable, empat jargon Lollababy Portable UV Sterilizer ini sudah menjelaskan secara gamblang kemampuannya. Menjaga botol, dot, dan perlengkapan si Kecil tetap bersih dari 99,99% kuman penyakit. Alat ini ringan sehingga bisa dibawa-bawa dan digunakan di mana saja. Karena ukurannya yang kecil, hanya satu botol susu yang bisa masuk. Moms tidak perlu mencuci parts dari sterilizer ini. Ada detachable USB port sehingga Moms mudah mengisi dayanya dengan cepat. Tidak beracun dan aman.

8.    Baby Safe Multifunction Steamer 10 in 1

Kisaran harga: Rp429.000,00

10 in 1 Multifunction Steamer ini memiliki fungsi selain untuk mensterilkan botol susu dan aksesorinya juga untuk memasak segala jenis makanan (kecuali menggoreng), memasak sup, memasak nasi tim, memasak bubur, memasak daging cincang, merebus telur, menghangatkan susu, menjaga kehangatan susu atau makanan. Keistimewaan produk ini adalah bebas dari Biphenol A, food grade packaging, dan certified by European Safety Standard. Mempunyai fitur kontrol digital cerdas yang memungkinkan mesin beroperasi secara otomatis atau dapat diatur sesuai keinginan.

9.    Xiaomi Xiaolang Desktop Portable Disinfection Cabinet

Kisaran harga: Rp1.449.000,00

Xiaomi sudah terkenal sebagai merek produk elektronik. Ternyata, merek China ini juga mengeluarkan lini produk sterilizer & warmer yaitu Xiaolang UV Sterilizer Baby Bottle Disinfection Steril Box. Dengan berat 5 kg, portable cabinet ini bisa untuk menampung dan mensterilkan 5 botol susu sekaligus, dengan lama per sesi steril 6 menit. Dilengkapi dengan Energy Saving, sistem power-off otomatis, menjadikan perangkat ini fleksibel dan nyaman digunakan. Dalam satu paket pembelian, Moms mendapatkan 1x Kabinet Desinfeksi Desktop Portabel Xiaolang, 2x Rak baja tahan karat, dan 1x User Manual.

10. Dr. Brown’s Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer

Kisaran harga: Rp1.039.500,00

 

Dr. Brown’s Bottle Warmer and Sterilizer ini dapat digunakan untuk memanaskan ASi dan mensterilkan botol susu serta peralatan si Kecil. Proses pemanasan dapat diatur sesuai dengan bahan, ukuran, dan suhu awal botol susu. Suhu saat memanaskan ASI dapat disetel setara dengan suhu payudara sehingga tidak perlu khawatir ASI perahnya terlalu panas. Pengaturan mesin Dr. Brown’s ini fleksibel dan mudah dipahami.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Blender MPASI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Serahkan pekerjaan mensterilkan botol susu, mainan, dan perlengkapan si Kecil lainnya kepada bottle sterilizer pilihan Moms. Ada produk yang sudah menarik perhatian Moms belum?

Referensi: Alo Dokter

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

798 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Bingung Cari Kado Anak Umur 5 Tahun? Cek Inspirasinya di Sini!

Selain memilih kado yang edukatif, Moms juga perlu memilih kado yang sesuai dengan hobi si Kecil. Barang-barang yang mendukung hobinya akan [...]

5 Tempat Makan Ramah Anak di Jakarta, Ada Playground-nya, Loh!

Untuk mengantisipasi si Kecil merasa nggak nyaman saat dibawa makan outdoor, yuk, cek rekomendasi tempat makan ramah anak di Jakarta!

Mainan Edukatif Pengganti Gadget untuk Stimulasi Si Kecil

Agar mainan yang Moms pilih dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak, perhatikan rekomendasi usia anak dan kemampuannya.

Daftar Popok Bayi Berdaya Serap Tinggi, Cocok untuk Traveling

Popok merupakan perlengkapan utama bayi yang harus disiapkan saat travelling. Ketika melakukan perjalanan, tentu Moms ingin agar pantat si Kecil [...]

Ajak Si Kecil Liburan ke Pantai? Jangan Lupa Sunscreen-nya, Ya, Moms!

Jika Moms merencanakan untuk liburan ke pantai pada akhir tahun ini, jangan lupa untuk membawa sunscreen khusus anak di tas perlengkapan si Kecil!

Tempat Wisata “Me Time” yang Cocok Buat Moms Healing

Moms butuh rekomendasi tempat healing? Daftar berikut bisa Moms jadikan pertimbangan:

Daftar Bodycare Travel Size Buat Temani Moms Liburan

Biar saat liburan tidak terlalu repot, disarankan untuk membawa bodycare ukuran kecil atau yang biasa disebut travel size. Yuk, kita cari tahu [...]

Liburan Akhir Tahun 2022 Agendakan Jalan-Jalan? Ini Daftar Stroller Bagus Fitur Banyak

Memilih stroller jangan asal murah dan ringan, ya, Moms. Cek dulu keunggulan masing-masing produk agar tidak salah beli.

Butuh Ide Fresh Liburan Akhir Tahun Bareng Si Kecil? Cek di Sini!

Akhir tahun 2022 sudah di depan mata. Apakah Moms & Dads masih galau mau menghabiskan penghujung tahun ini ke mana? Yuk, simak daftar tempat [...]

Daftar Buku Parenting Terbaik Perluas Wawasan Moms Asuh Si Kecil

Tambah wawasan ilmu parenting dengan membaca-baca buku rekomendasi parenting Minbyo berikut, ya, Moms! Save & Share ke Paksu juga boleh banget, loh!

Liburan Akhir Tahun di Depan Mata, Intip Daftar Baju Couple Keluarga Kekinian

Sedang ingin menambah koleksi baju couple keluarga? Yuk, intip rekomendasi model baju couple keluarga kekinian berikut ini!

Daftar Susu Formula yang Rasanya Mirip ASI, Ada Favorit Moms?

Sufor yang rasanya mirip ASI juga biasanya memiliki kandungan yang mendekati ASI. Hal ini tentu sangat membantu kecukupan gizi si Kecil.

Susu Balita Penambah Berat Badan Balita 1-3 Tahun, Yang Mana Favorit Moms?

usu balita paling bagus tidak hanya menambah berat badan dan melengkapi nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan, tetapi juga menambah [...]

Daftar Gamis Couple Ibu dan Anak Terbaru 2022, Layak CO Nggak Nih?

Sedang mencari gamis couple untuk Moms & si Kecil, yuk, kita lihat beberapa gamis couple rekomendasi Babyo berikut!

Daftar 5 Asam Folat yang Bagus untuk Ibu Hamil

Mengingat sangat pentingnya asam folat bagi kehamilan, yuk, Moms, penuhi kebutuhan asam folat dengan minum suplemen!

Rekomendasi Babyo: Tablet Tambah Darah bagi Ibu Hamil

Salah satu cara mencegah anemia gizi besi adalah dengan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Yuk, penuhi kebutuhan gizi Moms!

Rekomendasi Babyo: Susu Ibu Hamil Trimester 1 Terbaik

Buat para Moms yang sedang berbahagia karena program hamilnya sukses, jangan lupa ya untuk selalu memerhatikan kesehatan diri sendiri. Tentunya, [...]

Rekomendasi Babyo: Skincare Buat Moms Glowing

Ga semua skincare menguras kantong, Moms. Ada banyak pilihan skincare lokal dengan kualitas bagus, sesuai dengan jenis kulit dan iklim tropis, [...]

Rekomendasi Babyo: Snack Cocok buat Healing Moms!

Kata siapa Ibu-ibu ga boleh ngemil? Makan makanan ringan terbukti jadi salah satu trik ampuh buat healing bagi beberapa Moms.

Si Kecil Kembung dan Masuk Angin? Ini Rekomendasinya!

Minyak telon dapat memberikan kehangatan tambahan terutama di bagian perut dan punggung. Setelah membalurkan minyak telon ke badan si Kecil, [...]