Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rambut Anakku Kutuan!

MY STORY  |  OTHERS  |  TODDLER  |  27 Sep '19


Sangat tidak menyangka anak sulung saya, ketika berumur 3 tahun 8 bulan bisa kutuan! Dan masih agak ragu, emang masih ada ya kutu rambut jaman now ini? Yes, dulu pas masih SD saya pernah tertular kutu dari temen dan masih ingat banget deh mama saya heboh banget ngerawatnya.

Back to the story, awalnya kami tidak ada yang tahu kalau si Kakak kutuan. Si Kakak tidak ada garuk-garuk kepala sama sekali dan kebetulan poni rambut Kakak sudah panjang, ya jadi seperti biasa aku ajak ke salon langganan dekat rumah. Sesampainya di sana, aku minta potong poni. Terus hairdressernya nanya, "poni aja bu? Rapiiin dikit mau? Udah berantakan bawah rambutnya." Saya mikir baru 3 bulan yang lalu potong rambut, masa potong lagi. Apalagi si Kakak rambutnya tipis dan memang tidak pernah panjang, selalu rambut pas di telinga atau rambut di atas bahu, "ya udah, rapiin, tapi dikit aja ya potongnya."

Nah ketika mulai memotong rambut inilah, baru ketahuan si Kakak kutuan. Banyak sekali ditemukan telur kutu di rambut bagian bawah. Saya yang tadinya bilang dikit aja potong rambutnya, akhirnya berubah pikiran dan menyuruh hairdresser potong rambut si Kakak sekitar 3 cm. Hairdressernya bilang sepertinya ini baru banget kutuannya karena dicari-cari kutunya tidak ada, yang ada hanya telurnya. 

Perasaan saya saat itu antara panik dan tidak menyangka masih ada masalah kutu rambut jaman sekarang ini. Si hairdresser menyarankan beli aja sisir kutu dan terus disisir pakai sisir kutu dan keramas tiap hari.

Nah, saat itu saya langsung browsing penanganan kutu rambut pada anak dan ternyata ada shampoo dan bedak khusus kutu rambut! Wow, kaget juga ternyata memang masih ada kasus kutu rambut sampai saat ini.

Sebelum pulang saya membeli sisir kutu dan sesampainya di rumah saya langsung sidak rambut helper di rumah dan rambut saya. NIHIL. Tidak ada kutu.

Keesokannya, pagi hari saya memberitahu guru si Kakak di sekolah mungkin ada yang kutuan di sekolah karena si Kakak kutuan dan supaya tidak ada lagi yang tertular kutu rambut. Siang harinya, guru si Kakak menyampaikan bahwa tidak ada yang kutuan di sekolah.

Kok bisa ya si Kakak kena kutu? Setelah baca sana sini, akhirnya saya baru tahu kalau kutu rambut juga bisa menyebar di mana aja, di tempat keramaian dan terkena kontak dengan orang yang kutu rambut. Nah dugaan saya, dua hari sebelum ketahuan si Kakak kutu rambut, selama 3 jam si Kakak bermain di tempat bermain, dan di sana si Kakak berkenalan dengan anak yang bermain. Mereka main sama-sama terus sampai pulang. Mungkin tertular saat itu. Ya, hanya sebuah dugaan. Intinya, dari pengalaman ini saya jadi mengetahui penanganan anak dengan kutu rambut. Hal yang saya lakukan:

  1. Keramas setiap hari dan setiap habis keramas selalu sisir dengan sisir kutu atau dikenal dengan sisir serit. Jangan keramas dengan shampoo anti kutu jika belum parah. Kenapa? Karena konon katanya shampoo anti kutu bisa membuat rambut jadi kering. Saya masih keramas pakai shampoo Zwitsal
  2. Menyapu minyak kelapa pada batang dan akar rambut setelah didiamkan sekitar 10 menit, sisir dengan sisir kutu. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. (Cara ini didapat dari mama saya dan hanya saya lakukan sekali)
  3. Mengibaskan sapu lidi di tempat tidur dan bantal si anak sebelum dan sesudah tidur. 
  4. Selalu rutin cek rambut anak walaupun dia tidak kegatalan.

Seminggu setelah kejadian, saya bisa bilang rambut anak saya bebas dari kutu. Senangnya!!! Semoga pengalaman saya ini bermanfaat ya Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

239 Livinia Alawiyin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalamanku Membawa 2 Balita Naik Pesawat Tanpa Khawatir Tentang Kenyamanannya

Ada beberapa tips yang saya terapkan ketika membawa anak naik pesawat

Tips Mengajak Anak Potong Rambut ala Mamagi

Moms, gimana sih caranya supaya anak mau dipotong rambutnya tanpa menangis dan gerak-gerak?

Playdate - Sosialisasi Ibu dan Anak

Playdate merupakan kegiatan yang dilakukan bersama teman-teman yang juga mempunyai anak yang hampir seumuran.

Liburan Jadi Tidak Menyenangkan Karena si Kecil Mabuk Perjalanan?

Setiap liburan tiba, biasanya kita berusaha untuk meluangkan waktu sejenak untuk quality time dengan keluarga.

Review Tempat Wisata: The Ranch Cisarua Bogor

Butuh referensi tempat liburan? Mungkin tempat ini bisa jadi pilihan Moms dan keluarga untuk menikmati hari libur.

Tips Staycation Bersama Balita

Mengajak balita berlibur memang bukan hal yang mudah. Pertama dalam hal penentuan tempat berlibur.

Persiapan Ulang Tahun Pertama

Merayakan ulang tahun anak meski baru setahun, walaupun kata orang anak belum ngerti apa-apa tapi saya tetep merayakan

Pojok Bermain Versi Mom Risny untuk Zila

Banyak manfaat yang saya rasakan setelah membuatkan ruangan khusus untuk si Kecil main

Pergi Liburan Ke Kampung Halaman? Kenapa Tidak!

Siapa yang di akhir tahun pergi liburan? Siapa yang sejak punya anak rasanya jadi males pergi-pergi Moms?

Tips agar Batita Betah Diajak Nonton Konser

Menonton drama musikal tentu akan menjadi pengalaman yang seru sekaligus menyenangkan bagi anak.

Tips Mengajak Anak Liburan di Tempat Bermain Anak

Kita sebagai orang tua tentunya merasa sangat bahagia melihat tawa anak kita saat sedang bermain.

Mudahnya Bikin Paspor Anak!

Dulu kalau denger perpanjang atau bikin paspor pasti bawaannya uda males duluan ya Moms!

Yuk Wisata Edukasi di Ocean Dream Samudera!

Kalau biasanya kita suka hangout ke mall, sekarang setelah ada Sofia yang dicari adalah tempat wisata ramah anak.

Ide Hemat dan Sederhana Syukuran Ulang Tahun si Kecil

Sebagai orang tua, saya dan suami ingin membuat si Kecil merasakan kesan yang berbeda pada hari ulang tahunnya.

Tips Memilih Hotel yang "Kids-Friendly"

Hayo.. siapa disini moms yang suka travelling ngajak anak? Salah satunya saya sendiri.

Travelling, Saatnya Bonding dan Memperluas Wawasan anak

Travelling bersama si Kecil bisa dijadikan salah satu cara untuk bonding menambah wawasan anak

Pertama Kali Terbang Berdua dengan si Kecil

Mau bepergian dengan si Kecil menggunakan pesawat untuk pertama kalinya? Yuk ikuti tips berikut agar perjalanan nyaman

Anak Suka Membenturkan Kepala Ketika Marah

Saat ini, Zabran sedang memasuki usia tantrum. Hampir setiap saat dia marah ketika keinginannya tidak terpenuhi.

Family Time di Hutan, Why Not?

Jika Moms sudah bosan membawa si Kecil jalan-jalan ke playground di mall, mungkin bisa mencari cara baru.

Tips Happy Terbang Bersama Toddler

Bepergian bersama toddler kadang juga merepotkan ya Moms. Kita akan menemui banyak kejutan di perjalanan.