Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rambu-Rambu agar Tetap Aman Berpuasa bagi Bumil dan Busui

FEEDING  |  PREGNANCY  |  17 May '19

Kita sudah memasuki bulan Ramadhan ya Moms! Bulan yang penuh berkah bagi saudara-saudara kita kaum Muslim, untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. 

Bagi para Mommy yang mungkin sedang hamil dan menyusui, yang juga ingin menunaikan ibadah puasa, juga tetap bisa melaksanakannya loh. Setau saya, tidak ada larangan dari dokter bagi ibu hamil dan menyusui untuk berpuasa, asalkan rambu-rambu keamanannya tetap dipatuhi ya, seperti:

1. Kehamilan Moms bukan merupakan kehamilan yang beresiko, seperti hamil di usia yang cukup tua, atau usia terlalu muda (di bawah 17 tahun), hamil anak kembar, dan Moms memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, ginjal atau komplikasi kehamilan seperti preeklampsia, pernah mengalami keguguran dan lain sebagainya.

2. Moms sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk berpuasa. Pastikan Moms dan janin dalam keadaan yang sehat, dan memungkinkan untuk menjalankan puasa. Sebaiknya jangan memaksakan diri ya Moms, karena kesehatan dan keselamatan Moms serta buah hati itulah yang utama.

3. Penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi yang dibutuhkan saat berbuka puasa dan sahur. Jangan lupa bahwa ada makhluk kecil yang asupan gizinya sepenuhnya tergantung dari apa yang Moms makan. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih, serta protein, sayur yang dikukus serta buah-buahan yang bergizi tinggi dan mengandung serat. Bagi busui, bisa juga mengkonsumsi supplemen ASI BOOSTER saat sahur atau berbuka puasa.

4. Dengarkan tubuh Anda!
Jika Moms merasa mual, berkeringat dingin, pusing, lemas atau bahkan demam, segera batalkan puasa. Bisa jadi itu merupakan gejala dehidrasi dan kekurangan kalori.  Waspada juga apabila Moms merasa berkurangnya gerakan janin dalam kandungan, serta ada nyeri perut seperti kontraksi. Segeralah periksakan kesehatan Moms dan kandungan ke dokter.

208 Feny Yuvita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Folamil Genio untuk Moms Hamil dan Menyusui

Saat hamil, Moms membutuhkan suplemen kehamilan karena makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi

Bumil Dan Busui, Jangan Takut untuk Berpuasa

Selama bulan Ramadhan Umat Islam berlomba lomba untuk melakukan kebaikan dan menjalankan Ibadah dengan baik.

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil & Menyusui

Pada bulan Ramadhan tahun 2016 saya tengah mengandung anak pertama dgn kondisi kehamilan memasuki 32 minggu.

Amankah Menyusui Ketika Hamil?

Meski dianggap aman, ternyata menyusui di saat hamil memiliki risiko persalinan prematur lho Moms!