Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Rahim Turun Setelah Melahirkan? Kok Bisa?

MY STORY  |  05 Sep '19


Rahim turun atau disebut prolapsus uteri adalah kondisi dimana rahim tidak pada tempatnya (turun), karena otot di sekitar rahim tidak dapat menyangga. Ada berbagai kondisi dari yang ringan hingga parah. Yang paling parah, rahim dapat terlihat menyembul dari vagina.

Setelah melahirkan baby B secara caesar, aku merawat baby hanya berdua dengan suami. Berbagai pekerjaan rumah pun kukerjakan.
Seiring berjalannya waktu, aku sering mengeluh sakit punggung bagian bawah pada suami. Tanpa kuperiksakan dokter, aku mengambil kesimpulan kalau penyebabnya adalah bekas suntikan anestesi sewaktu proses caesar.

Hingga bayiku berusia 7 bulan, sakit punggung sudah terbiasa kualami. Namun kali ini disertai pegal luar biasa pada betisku. Telapak kakiku juga terasa amat sangat pegal hingga berjalan pun tidak nyaman. Karena kupikir hanya pegal biasa, aku diantar tetanggaku ke tukang pijat. Tapi ternyata tukang pijat tersebut mengecek otot perutku dan ternyata aku mengalami "perut turun" atau rahim turun. Jadi aku dipijat untuk menaikkan posisi rahim ke tempat semula. Dan disuruh menggunakan bengkung / korset untuk menahan posisi rahim pada semula.

Setelah apa yang terjadi ini, aku mengevaluasi apa yang menjadi penyebabnya:

1. Aku sudah mengangkat benda berat saat 3 bulan setelah melahirkan. Misalnya ember berisi air mandi untuk bayi. Terkadang aku malas minta bantuan sehingga melakukannya sendiri.

2. Tidak menggunakan bengkung /korset setelah melahirkan. Hanya kupakai jika aku ingat saja. Makanya, lama kelamaan perut terasa berat di bawah, karena tidak ada yang menopang. Ingat, setelah melahirkan, rahim kita yang melar akan susut kembali. Apabila tidak diposisikan dengan baik, rawan untuk melorot.

3. Setelah melahirkan aku sempat mengalami sembelit. Mengejan terlalu kuat juga dapat menjadi salah satu faktor.

Tetapi kondisi ini dapat dihindari dengan tips berikut:

1. Saat tidur, beri bantalan / guling pada betis, sehingga posisi kaki lebih tinggi

2. Gunakan bengkung/ korset setelah melahirkan tetapi jangan terlalu ketat. Awalnya aku mengira guna bengkung/ korset hanya untuk mengecilkan perut. Ternyata manfaatnya lebih dari itu.

3. Hindari mengangkat benda berat. Jangan sungkan meminta bantuan. Ini terlihat sepele tapi efeknya sangat besar bagi para wanita terutama sesudah melahirkan.

4. Menyelesaikan jadwal kontrol dengan dokter kandungan setelah melahirkan. Saat itu aku tidak menyelesaikan kontrol dengan dokter kandungan pasca operasi. Setelah operasi caesar, aku hanya kontrol sampai luka ku kering dan sembuh. Untuk kontrol selanjutnya mengenai kondisi rahim tidak aku lakukan karena faktor lokasi RS yang jauh dari rumahku.
 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

430 Lidwina Adiani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.

Masih Waras di Rumah, Moms?

Moms yang saat ini masih tinggal bersama dengan mertua, mana suaranyaaaa?